Selasa, 08 September 2020

Selalu berada di tempat baik


sumber ilustrasi : dokumen  pribadi 
Terinspirasi  cuaps Mr Bambs, ingin rasanya mengangkat  judul tulisan ini. Karena saya pikir  ini  cocok  dengan siapa saja yang hatinya baik atau  yang ingin hidupnya  menjadi  lebih baik.

Pembaca mungkin  tanda tanya,  siapa sih Mr. Bambs itu? Saya sendiri  belum pernah berjumpa,  tapi saya sering membaca tulisan tulisannya.  Beliau Guru Blogger  ternama, pendongeng, pegiat literasi.   Beliau mengajar di SMP Taruna Bakti, Bandung. Nama lengkapnya Bambang Purwanto, S.Kom.,Gr. 

Itulah salah satu kekuatan tulisan, walaupun  kita belum pernah berjumpa secara kontak fisik, tapi  kita bisa  tahu pemikiran pemikirannya, ide atau gagasanya.  Seolah olah  kita sudah kenal.  Sehingga  resikonya kalau menjadi penulis ya jadi  orang terkenal seperti  Mr. Bambs  yang juga dipanggil ayah Salwa ini.

Menjadi  terkenal  tidak harus  berpendidikan  tinggi,  tidak  harus  menjadi  pejabat, tidak harus menjadi  ustadz, tidak harus menjadi artis , akan tetapi  menjadi  penulis cukup  membuat orang menjadi  banyak dikenal  orang.

Selalu berada  ditempat  baik , salah satu  kalimat bahagia  Mr.  Bambs.
Dimanakah tempat  itu? Tempat  baik  itu  misalnya,  Masjid,  sekolah, pesantren, keluarga yang baik, masyarakat yang baik,  pergaulan yang baik,  komunitas  yang baik, group yang baik dan sebagainya.

Kalau kita berada  di tempat yang baik,  kita berada dalam suasana baik,  sudah ada sentuhan ruhani untuk  melakukan kebaikan,  karena disana ada nur ilahi,  cahaya  hidayah  yang mengarahkan kita kepada perbuatan  yang baik. 

Kalau kita berada di Masjid kuno misalnya, rasanya  shalat  itu  sejuk banget,  hatinya  menjadi tenang, menjadi khusuk, seolah olah merasa dekat  banget  dengan Allah SWT. 
Rasanya  rugi  kalau  tidak  melakukan sholat  sunah yang panjang panjang.

Lain halnya  kita duduk duduk  di perempatan jalan, kalu  ada orang lewat  mata kita pasti  melihat , ada cewek liwat  kita lihat,  dsb maka akan menambah  dosa  saja. 

Oleh  karena itu selalu  berada di tempat  baik adalah salah satu cara menjaga diri.
Menjaga diri  dari perbuatan yang tidak ada manfaatnya,  menjaga diri  dari perbuatan  dosa yang dilarang oleh Allah.

Oleh karena  itu salah satu strategi menjadi baik adalah mencari tempat-tempat baik , dan berlama lamalah disana bersama orang-orang baik. 

Orang baik  itu  rejekinya  baik dan hatinya  selalui  bahagia bersama orang-orang baik dan mereka selalu berada ditempat  baik.

Magetan,  9 September  2020



5 komentar:

  1. Menjadi terkenal tidak harus berpendidikan tinggi, tidak harus menjadi pejabat, tidak harus menjadi ustadz, tidak harus menjadi artis , akan tetapi menjadi penulis cukup membuat orang menjadi banyak dikenal orang. Super sekali bapakku.

    BalasHapus
  2. Judulnya pernah mirip sama kalimat bahagia yang pernah saya buat

    BalasHapus
  3. Senang membacanya, semangat...Bapak semoga semakin sukses.

    BalasHapus