Senin, 07 September 2020

Capaian seoarang Kepala Sekolah

sumber ilustrasi: dokumen pribadi

Apabila diangkat  menjadi Kepala Sekolah atau mendapatkan  tugas  mutasi  di sekolah yang baru  maka langkah pertama yang penting  dilakukan adalah mengenali kondisi riil sekolah dan seluruh sumber daya manusianya.

Untuk mengenali kondisi riil  agar memiliki  dokumen yang kuat maka tuliskanlah. Agar tulisan  didukung oleh bukti  yang kuat  maka  bisa dilakukan pengambilan foto.

Ini penting sekali untuk  data agar  kalau melakukan  pembangunan atau renovasi  , melakukan action yang lain tampak bedanya antara sebelum dan sesudah ( before and after). Disitulah nanti tampak jelas  capaian seorang kepala sekolah. 

Kemudian langkah kedua adalah  mengenali  grand  desain pembangunan  sekolah, 4 tahun kedepan yang telah  dirumuskan oleh  Kepala Sekolah  sebelumnya,  atau branding  sekolah yang telah dirumuskan dan juga visi misi sekolah. 
Masih relevankan dengan visi  misi  pembangunan  Kabupaten, masih  relevankan dengan  visi  misi  pembangunan Nasional. Kalau  masih , bisa melanjutkan  saja melaksanakan capaian  pembangunan  tersebut. 

Kalau sudah tidak sesuai maka anda bisa  mengadakan rapat dinas bersama guru  dan karyawan  untuk  menyusun  grand design  4 tahun ke depan.

Langkah ketiga   melakukan studi mengenai potensi  yang ada di sekolah. Mengenai SDM guru-guru  dan karyawan,  mengenai potensi budaya,  ekonomi,  sosial  dll. Potensi  inilah  yang nanti  akan dimaksimalkan  partisipasinya dalam pembangunan  sekolah.  Potensi  inilah nanti yang akan diberdayakan untuk  melejitkan  kemajuan sekolah. 

Langkah keempat  melaksanakan action atau tindakan  sesuai  branding, dan visi misi sekolah dengan memberdayakan  segenap  potensi  yang ada. Jangan lupa  difoto  juga untuk  melengkapi dokumentasi.

Langkah kelima, evaluasi. Langkah  ini  mengkaji,  mencermati  sejak  Langkah  pertama sampai  dengan action. Seberapa efektifkah action yang dilakukan, apakah kendala kendalanya. Ini menjadi  catatan penting. Untuk  kemajuan tahap berikutnya. Kemudian  bandingkanlah  kondisi sebelum  dan sesudah ( before and after), dengan menyandingkan kedua  foto.

Demikian semoga  kerja anda  barokah untuk  memajukan  sekolah,  dan tercatat sebagai ibadah.

Takeran, 8 September  2020.




4 komentar:

  1. Tidak mudah menjadi seorang Kepala sekolah dan saya banyak belajar dari tulisan pak Suparno yg luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Omjay, berkat motivasi penjenengan hehe

      Hapus
    2. terima kasih Omjay, berkat motivasi penejenengan

      Hapus
  2. https://www.youtube.com/watch?v=HRG0HB6LA7o

    BalasHapus