Senin, 21 September 2020

Nasihat Lukman Hakim


sumber ilustrasi: dokumen pribadi 


Luqman  salah satu keluarga yang diberikan hikmah  kepadanya. Hikmah itu  ilmu. Namanya  diabadikan  dalam Al Qur'an  yaitu  surat  Luqman.

Apa yang diajarkan  Luqman kepada anaknya adalah perkara  penting yang kita teladani, kita ajarkan  juga kepada anak-anak  kita.  Apa yang diajarkan Luqman?

Luqman ketika memberikan pelajaran kepada anaknya berkata "wahai anak ku janganlah engkau mempersekutukan  Allah, sesungguhnya  mempersekutukan Allah  adalah benar-benar  kezaliman  yang besar. (Lihat ayat 13)

Yang kedua,
Wahai anakku! Sungguh,  jika ada sesuatu perbuatan seberat  biji sawi , dan  berada dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberikan  balasan.  Sesungguhnya Allah  Mahahalus, Maha teliti. (Lihat ayat 16) 

Yang ketiga,
Wahai  anakku laksanakanlah sholat  dan suruhlah manusia  berbuat  yang makruf dan cegahlah mereka  dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap  apa yang menimpamu,  Sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting. (Lihat ayat 17)

Yang ke empat,
Janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia karena  sombong  dan janganlah berjalan di bumi  dengan angkuh,  Sungguh Allah tidak  menyukai  orang-orang  yang sombong dan membanggakan  diri. (Lihat ayat 18)

Yang ke lima, 
Sederhanakanlah  dalam berjalan  dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya  seburuk buruk  suara  ialah  suara  keledai.( lihat ayat 19)

Kesimpulan  dari nasihat  Luqman  kepada anaknya  dapat dirinci menjadi 9 hal , adalah
1. Janganlah menyekutukan Allah.
2. Setiap  perbuatan  baik ataupun  buruk ada balasannya. 
3. Laksanakan sholat. 
4. Lakukan  amar makruf nahi munkar.
5. Bersabar  atas apa yang menimpamu. 
6. Jangan sombong 
7. Jangan membanggakan diri.
8. Sederhanakanlah berjalanmu. 
9. Lunakkanlah  suaramu. 

Ini  kesembilan akhlaq mulia  yang penting  untuk  kita miliki dan kita  ajarkan kepada anak-anak  kita.  Agar selamat  dunia  dan akhirat.  Kita tidak mengetahui  apa yang akan  terjadi besuk,  kita tidak mengetahui  di bumi  mana  akan mati, sungguh Allah Maha Mengetahui  , Maha mengenal. 

Semoga kita  semua diberi  hikmah, 
Robbi  habli hukma wa alhikni bissholihin. 

Seperti doanya Nabi Ibrahim  Alaihi Salam

Rabbi habli hukmaw wa alhiqni bisalihin

Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang2 yang saleh. Aamiin. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar