Minggu, 27 September 2020

Nara Sumber Tamu


Sumber ilustrasi :  dokumen pribadi 

Pada hari Sabtu, 26 September 2020 , pukul 14.00, saya didaulat untuk menjadi nara sumber tamu pada acara webinar ayo menulis buku yang diadakan pegiat literasi Madiun bekerja sama dengan perpustakaan Daerah Kota Madiun.

Dampak dari presentasi  saya ini ternyata  ada diantara  peserta yang membeli buku saya. Semoga bukunya  bermanfaat. 

Materi saya siapkan dengan baik dalam bentuk presentasi power poin.  Judulnya ngemil literasi. Judul ini terinspirasi dari pemikiran  Dr. Ngainun Naim seorang penulis hebat idola saya, yang berasal dari Tulungagung. Setiap hari beliau menulis di blog, dan setiap kali beliau menulis tak ada satupun tulisannya yang luput dari bacaan saya. 

setiap hari menulis sedikit demi sedikit ini disebut "ngemil". Biasanya  ibu ibu yang gemuk, itu suka ngemil. Kalau saya sedang mengantar bu Parno kepasar, saya melihat  ibu ibu yang menjajakan barang dagangannya, sambil menunggu pembeli  itu kebanyakan ngemil. 

Saya berfikir  alangkah  hebatnya perilaku ngemil  ini kalau kita terapkan pada diri kita dengan ngemil  menulis. Setiap hari kita menulis. Mulailah menulis dengan tiga  paragrah  dalam sehari. Tiga paragrah  itu  berisi  pendahuluan,  isi kemudian penutup. 

Kalau kita bisa konsisten, maka dalam waktu 10 hari kita punya tabungan tulisan  30 paragrah,  dalam satu bulan bisa  90 paragrah. Dalam waktu satu tahun  1080 paragrah.  

Lakukan ini dengan konsisten,  maka akan terjadi keajaiban  yang luar biasa mencengangkan.

Tidak usah  mengambil  tema  yang berat  berat,  ambillah tema yang anda sukai, yang anda lihat  hari ini, saat  ini. Bisa juga mengambil tema sesuatu yang anda rasakan saat  ini . Mudah bukan?

Apa bila anda sudah menulis konsisten dalam 1 bulan  saja, maka kemampuan anda menulis  akan berkembang  dahsyat. Karena menulis itu adalah ketrampilan. Semakin  sering  dilakukan semakin  deras mengalir. Seperti  sungai  di  pegunungan  yang dihijaukan  pepohonan  yang ada di gunung.

Kalau  sudah seperti  itu  jumlah paragraf  yang anda tuliskan  bisa bertambah  lebih dari 3 paragraf dalam satu hari. Maka tabungan  tulisan  anda semakin  bertambah banyak.

Itulah  dahsyat  kebiasaan  baik  yang  kita lakukan,  sedikit  demi sedikit  akhirnya  menjadi  bukit.

Seperti  melangkah,  1000 langkah tak akan tercapai  apa bila  tidak dimulai dengan langkah  pertama. Kalau  sudah terbiasa  melangkah,  gunung Lawu  yang jauh tinggipun, akan bisa  dicapai  dengan langkah kaki. 

Di tangan anda tersedia HP canggih,  untuk  memulai menulis tidak usah mengambil kertas dan bolpoin,  cukup  diketik di HP saja. 

Ada seorang yang miskin,   dia menulis di tysu  saking miskinnya, kemudian  dikirimkan  ke penerbit,  saat  itu  tidak ada yang mau menerima dan menerbitkan tulisannya. Dia terus menulis di tysu itu dan dikirimkan ke penerbit  yang lain.

Lama lama ada penerbit  yang  mau menerima  dan diterbitkan,  maka bukunya  laku keras dan akhirnya  banyak novelnya  yang difilmkan , akhirnya  sekarang  dia bisa hidup  kaya,  dialah  penulis  cerita film  yang berjudul  "Harry potter" yang  filmnya  diputar di televisi di seluruh  dunia.  Dia adalah J.K Rowling. 

 

 Sumber ilustrasi : https://www.jkrowling.com/about/

Buku Harry Potter pertama, Harry Potter and the Philosopher’s Stone, diterbitkan pada tahun 1997 dan mendapat pujian kritis dan populer. Enam buku terlaris selanjutnya dan delapan film blockbuster menyusul. Buku-buku tersebut telah diterjemahkan ke lebih dari 80 bahasa, memenangkan berbagai penghargaan, dan terjual lebih dari 500 juta eksemplar di seluruh dunia, menjadi seri buku terlaris dalam sejarah. 

Dalam hal menulis dia menuturkan,"mulailah dengan menulis hal hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri.

Demikian, salam sehat,  kompak, semangat .... wow dahsyat......


Magetan,  29 September  2020 

https://www.jkrowling.com/writing/; 29 September 2020





8 komentar:

  1. sangat menarik tulisannya pak. sukses selalu

    BalasHapus
  2. Luar biasa judul tulisan Bapak ini, unik dan membuat saya jadi kepo nih. Dan setelah membacanya alangkah menginspirasinya,terimakasih pak. Mudah2n sy bisa menulis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bu Tini telah mengapresiasi tulisan saya

      Hapus
  3. Cuma 26 Desember 2020 kan baru rencana ya pak? Atau maksudnya 26 Desember 2019? Maaf...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang betul tgl 26 September, terima kasih sudah di revisi

      Hapus