Sabtu, 12 September 2020

Hasrat kita menulis tetap pasang

Sebagai  seorang penulis yang selalu ingin berbagi ide , gagasan, wawasan dan pemikiran, kadang  kadang  kehabisan  ide. 
Kalau  pengalaman saya  kalau  kehabisan ide,  nah ini saatnya kita berkunjung  ke blog  teman, saatnya menyapa teman, saatnya  memberikan  respon positif  terhadap  tulisan teman.

Kalau  dari situ  belum dapat ide,  lakukan membaca buku  kesukaan anda. Oleh karena itu  seorang penulis  usahakan  setiap  bulan membeli  buku , buku  apa saja yang anda sukai. Perkara kapan membacanya  jangan dijadikan masalah. Yang penting beli buku dulu, nah disaat  anda tidak menulis,  buku itu  bisa dibaca. Imi sebagai pembuktian kepada dunia bahwa orang yang paling banyak membaca adalah penulis.

Setelah  itu  anda bisa melakukan  menulis resensi  buku, agar  tidak bosan membacanya, untuk  pembaca pemula kalau beli buku jangan yang tebal  tebal. Yang tingkat  ketebalan  antara 100 sd. 200 halaman saja.  Maka anda tidak butuh  waktu  lama  untuk  melumat  seluruh  isi buku  itu. 

Hal lain yang bisa dilakukan adalah  dengan melakukan  perjalanan, keluar kota,  atau ke tempat wisata yang anda sukai,  bersama  orang-orang  yang anda sayangi dan cintai,  misalnya.  Nah anda bisa memulai  menulis  perjalanan anda  sejak berangkat , ketika dalam perjalanan menikmati  pemandangan alam yang indah, ketika berjumpa dengan penduduknya  yang ramah, hingga kembali  pulang ke rumah.  

Bagi  seorang penulis  walaupun  sama sama obyek yang dilihat,  tapi menjadi  tulisan  sudah  bisa  berbeda kemenarikannya. Hal itu sangat dipengaruhi jam terbang menulisnya.
Semakin jauh  kita terbang,  semakin banyak  jenis keindahan  yang  didapatkan  di langit yang biru. Semakin tinggi  terbang  semakin banyak  melihat indahnya bintang  bintang di jagat raya. 

Atau  kalau  tidak  terbang,  pergilah ke pantai. Lihatlah pasang  surutnya ombak, dengarkanlah  gemuruhnya  ombak.  Lihatlah  buih buih   bersatu  padu, kemudian  sebentar terhempas deburan ombak. Tetapi  sebentar lagi  sudah menyatu membentuk formasi  yang  indah dan lucu.

Maka kesimpulannya katakan dalam hatimu,  ketika  tiba tiba ombak dilaut pasang, hasrat kita menulis tetap pasang sayang, ketika  tiba tiba ombak dilaut  surut,  hasrat kita menulis tetap  pasang. Seperti  lagunya Kang Dul Sumbang. Haha.

Jadi  pasang  surutnya  ombak  tak  akan mempengaruhi hasrat kita menulis yang selalu  pasang, seperti  cinta kita yang selalu  pasang. 

Magetan,  12 September  2020



21 komentar:

  1. Betul bapak, pengalaman saya kadang2 seperti itu kehabisan...iiide.

    BalasHapus
  2. Hasrat menulis ada tapi ada daya jika jemari tiada kuasa melanjutkan kata kata.... cemumut Pak

    BalasHapus
  3. Betul menulis suatu ide atau gagasan itu tdk mudah perlu banyak membaca dan tanggap dgn suatu situasi dan kondisi. Jadi teruslan suka membaca krn dgn membaca otak kita tdk beku dan daya khayal kita muncul. Krn tulisan seseorang memggambarkan wawasan dan kreatvitas dlm berfikir utk memunculkan ide. Ok sahabat tentunya tetap pasang jangan kasih kendur aplag surut..
    Good Luck....


    BalasHapus
    Balasan
    1. siap akan selalu betapa pasang selama dibaca orang, Hehe

      Hapus
  4. setuju bappku, kalau kehilangan ide dalam menulis, banyak baca dn blog walking ke blog orang lain, mampir ke blog http://wijayalabs.blogspot.com hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap Omjay yang baik hati, tentu berkunjung blog walking, ke Bekasipun jadi, haha

      Hapus
  5. Nulis aja, apa adanya. Mengalir dari apa yg kita alami, kita rasakan dan kita lihat. Yg ada di sekitar kita

    BalasHapus
  6. Mumpung masih bisa mengalir terus, lanjutkan untuk terus menulis. Tidak semua dari kita diberi kemampuan ini. Salah satunya saya sendiri. Sulitnya untuk menyelesaikan sebuah tulisan.😀


    BalasHapus
  7. Latihan terus satu hari dua Alinea saja

    BalasHapus
  8. Benar kalau kita kehabisan ide, jalan- jalan ke blog teman atau ke bloger ternama yaitu http://,wijayalabs.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Benar...ketika kita kehabisan ide,kita bisa jalan- jalan ke blog teman atau menuju blogger ternama http://wijayalabs.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Setuju pak dengan tips nya. Saya juga sering kehabisan ide.

    BalasHapus
  11. Terimakasih Mas.... Pencerahannya
    Jalan jalan tambah ide and tambah imun

    BalasHapus