Senin, 28 September 2020

Penulisan sejarah Kabupaten Magetan

Membaca tulisan Bapak  Bupati Magetan  di Jawa Pos  hari ini, Selasa 29 September 2020 menarik  sekali. Bapak Bupati  yang memiliki passion menulis ini akan menghadirkan  narasumber  seperti  Prof. Peter Cerey ahli  sejarah Indonesia yang menulis begitu  banyak  tentang Diponegoro. 

Kemudian juga menghadirkan  Dr.  Purwadi yang begitu  banyak menulis buku falsafah Jawa, kebudayaan  Jawa, sejarah Jawa, Sejarah  kerajaan kerajaan di Jawa.  Beliau juga dosen sejaran di sebuah Universitas negeri di Yogyakarta.

Senang sekali  bila bisa ikut  acar sarasehan literasi ini, setidaknya  pernah  bertemu  dengan penulis  hebat ini,  walaupun  hanya dari  kejauhan. Biar dapat  barokah  keilmuanya. 

Bapak  Bupati berkeinginan  meluruskan  sejarah  Kabupaten  Magetan  dengan membentuk  tim penulis,  riset,  penulisan dan kemudian  hasilnya didiskusikan.

Tidak banyak referensi  yang diketemukan  tentang Kabupaten Magetan,  sehingga  tim penulis  harus kerja keras  untuk  mendapatkan  referensi  dengan membaca  sejarah  Kabupaten  disekelilingnya,  misalnya  Madiun. 

Saya membayangkan,  betapa sedikitnya  para ilmuwan di masa itu  yang menulis tentang Magetan. Mungkin  disaat  itu  tidak terpikirkan  bahwa  tulisannya  akan  berarti  penting bagi anak cucu bangsanya.

Alhamdulillah  Bapak Bupati,  memiliki  komitmen  untuk  menelusuri  sejarah  Kabupaten  Magetan yang  belum "tersusun rapi dan lengkap", sehingga  suatu  saat  nanti akan dihasilkan  sejarah  Kabupaten  Magetan  yang benar dan  lengkap, sehingga  bisa  digunakan sebagai rujukan oleh siapapun yang nantinya akan mencari dan menelusuri Kabupaten  Magetan  dari masa ke masa. 

Di desa saya Pojoksari  juga begitu,  tidak ada  atau belum diketemukan  literasi tentang sejarah  desa  Pojoksari,  akhirnya  saya menulis  buku  yang berjudul  Potret Potensi  Desa Pojoksari. Salah satu diantaranya  memuat tentang sejarah desa Pojoksari,  Alhamdulillah  ide saya ini  didukung  oleh Bapak Kepala Desa, Bapak Edy Mulyono, S. Psi.

sumber ilustrasi: dokumen  pribadi 

Tentunya  tulisan  saya ini belum sempurna,  tapi  setidaknya  bisa  digunakan sebagai  literatur  oleh  siswa  atau  mahasiswa  untuk  memenuhi  tugas sekolahnya. Harapan  saya nanti ada yang menyempurnakan tulisan  saya.

Semoga  tim  penulis buku Sejarah Kabupaten  Magetan dapat  bekerja dengan lancar  sehingga  sejarah  Kabupaten  Magetan segere  bisa  ditulis  dan bisa d menjadi rujukan siapa saja yang ingin menelusuri  Kabupaten  Magetan  dari masa ke  masa. 

Magetan,  29 September  2020

Sumber bacaan 
Jawa Pos, 29 September  2020.




2 komentar:

  1. Luar biasa dengan ditulusnya Potret Desa Pojoksari. Saya sangat ingin tahu, sejarah asal usul terjadinya Desa Pojoksari.
    Dari kata Pojoksari. Mengapa pojoksari. Apa dulu tempatnya di pojok. Dan apa artinya sari hingga terjadilah desa Pojoksari.
    Kemudian siapa yang babat desa Pojoksari itu? Karena kudengar yang belum tentu kebenarannya, cerita tokoh dulu yang pertama, membuat awal desa yang banyak covok ditanami Jeruk pamelo ini.
    Ingin baca bukunya yang sudah ditulis oleh pak Suparno ini.
    Terima kasih ayo tetep semangat menulis.

    BalasHapus
  2. Terima kasih pakde, semua pertanyaan itu insyaallah ada di buku ini. Insyaallah dalam waktu dekat mbah lurah akan membagikan semua sekolah vyang ada di Pojoksari

    BalasHapus