Senin, 28 September 2020

J. K Rowling

 

 
Sumber ilustrasi : 
https://www.jkrowling.com/about/
 
Joanne Rowling lahir pada tanggal 31 Juli 1965 di Rumah Sakit Umum Yate dekat Bristol, dan dibesarkan di Gloucestershire di Inggris dan di Chepstow, Gwent, di Wales tenggara.

Ayahnya, Peter, adalah seorang insinyur pesawat di pabrik Rolls Royce di Bristol dan ibunya, Anne, adalah seorang teknisi sains di departemen Kimia di Wyedean Comprehensive, di mana Jo sendiri bersekolah. Anne didiagnosis menderita multiple sclerosis ketika Jo masih remaja dan meninggal pada tahun 1990, sebelum buku Harry Potter diterbitkan. Jo juga memiliki seorang adik perempuan, Di.

Jo muda tumbuh dengan dikelilingi oleh buku. "Saya hidup untuk buku," katanya. Saya adalah kutu buku biasa-atau-taman dasar Anda, lengkap dengan bintik-bintik dan kacamata Kesehatan Nasional.

Jo ingin menjadi penulis sejak usia dini. Dia menulis buku pertamanya pada usia enam tahun - sebuah cerita tentang seekor kelinci, berjudul 'Rabbit'. Pada usia sebelas tahun, dia menulis novel pertamanya - tentang tujuh berlian terkutuk dan orang-orang yang memilikinya.

Jo belajar di Universitas Exeter, di mana dia membaca begitu banyak di luar silabus Bahasa Prancis dan Klasiknya sehingga dia membayar denda sebesar £ 50 untuk buku-buku yang sudah lewat batas waktu di perpustakaan Universitas. Pengetahuannya tentang Klasik suatu hari akan berguna untuk membuat mantra dalam serial Harry Potter, beberapa di antaranya didasarkan pada bahasa Latin.

Kursusnya termasuk satu tahun di Paris. "Saya tinggal di Paris selama setahun sebagai mahasiswa," tweet Jo setelah serangan teroris 2015 di sana. “Itu salah satu tempat favorit saya di dunia.”

Setelah gelar dicapai, dia pindah ke London dan bekerja dalam serangkaian pekerjaan, termasuk sebagai peneliti di Amnesty International. "Di sana, di kantor kecil saya, saya dengan tergesa-gesa membaca surat-surat yang dicoret-coret yang diselundupkan keluar dari rezim totaliter oleh pria dan wanita yang berisiko dipenjara untuk memberi tahu dunia luar tentang apa yang terjadi pada mereka." Dia berkata nanti. “Partisipasi kecil saya dalam proses itu adalah salah satu pengalaman hidup saya yang paling merendahkan dan menginspirasi.”

Jo mendapatkan ide tentang Harry Potter pada tahun 1990 saat duduk di kereta yang tertunda dari Manchester ke London King’s Cross. Selama lima tahun berikutnya, dia mulai memetakan ketujuh buku dari seri tersebut. Dia menulis sebagian besar dengan tulisan tangan dan secara bertahap mengumpulkan banyak catatan, banyak di antaranya ditulis di atas secarik kertas aneh.

Dengan membawa catatannya, dia pindah ke Portugal utara untuk mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, menikah dengan Jorge Arantes pada tahun 1992 dan memiliki seorang putri, Jessica, pada tahun 1993. Ketika pernikahannya berakhir pada akhir tahun itu, dia kembali ke Inggris untuk tinggal di Edinburgh, dengan Jessica dan sebuah koper berisi tiga bab pertama dari Harry Potter dan Batu Bertuah.

Di Edinburgh, Jo berlatih sebagai guru dan mulai mengajar di sekolah-sekolah kota, tetapi dia terus menulis di setiap waktu luang.

Setelah menyelesaikan manuskrip lengkapnya, dia mengirimkan tiga bab pertama ke sejumlah agen sastra, salah satunya membalas surat meminta untuk melihat sisanya. Dia mengatakan itu adalah "surat terbaik yang pernah saya terima dalam hidup saya."

Buku tersebut pertama kali diterbitkan oleh Bloomsbury Children’s Books pada Juni 1997, dengan nama J.K. Rowling.

"K" adalah singkatan dari Kathleen, nama nenek dari pihak ayah. Itu ditambahkan atas permintaan penerbitnya, yang mengira buku yang ditulis oleh penulis wanita mungkin tidak menarik bagi target audiens anak laki-laki.

Buku itu diterbitkan di AS oleh Scholastic dengan judul yang berbeda (sekali lagi atas permintaan penerbit), Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, pada tahun 1998. Enam judul selanjutnya menyusul dalam seri Harry Potter, masing-masing mencapai kesuksesan yang memecahkan rekor.

Pada tahun 2001, film adaptasi dari buku pertama dirilis oleh Warner Bros., dan diikuti oleh enam adaptasi buku lagi, diakhiri dengan rilis film kedelapan, Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2, pada tahun 2011.

J.K. Rowling juga menulis dua jilid pendamping kecil, yang muncul sebagai judul buku sekolah Harry dalam novel. Fantastic Beasts and Where to Find Them dan Quidditch Through the Ages diterbitkan pada Maret 2001 untuk membantu Comic Relief. Pada bulan Desember 2008, volume pendamping ketiga, The Tales of Beedle the Bard diterbitkan untuk membantu badan amal anak-anak internasionalnya, Lumos.

Pada tahun 2012, J.K. Perusahaan digital Rowling, Pottermore, diluncurkan, yang menjadi Wizarding World Digital pada 2019. Pottermore Publishing terus menjadi penerbit digital global Harry Potter, Fantastic Beasts and the Wizarding World.

Juga di tahun 2012, J.K. Rowling menerbitkan novel pertamanya untuk orang dewasa, The Casual Vacancy (Little, Brown), yang kini telah diterjemahkan ke dalam 44 bahasa dan diadaptasi untuk TV oleh BBC pada 2015.

Dengan nama samaran Robert Galbraith, J.K. Rowling juga menulis novel kriminal, menampilkan detektif swasta Cormoran Strike. Yang pertama, The Cuckoo's Calling, dipublikasikan dengan pujian kritis pada tahun 2013, pada awalnya tanpa diketahui identitas asli penulisnya. The Silkworm menyusul pada 2014, Career of Evil pada 2015 dan Lethal White pada 2018. 
 
 
Juga di tahun 2016, J.K. Rowling membuat debut penulisan naskahnya dengan film Fantastic Beasts and Where to Find Them, perpanjangan lebih lanjut dari Dunia Sihir, yang dirilis ke pujian kritis pada November 2016. Ini adalah yang pertama dalam rangkaian petualangan baru yang menampilkan Magizoologist Newt Scamander dan set sebelum masa Harry Potter. Yang kedua dari seri, Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, dirilis pada tahun 2018 dan angsuran ketiga akan mulai diproduksi.

Skenario diterbitkan (Little, Brown) bertepatan dengan setiap rilis film: Fantastic Beasts and Where to Find Them The Original Screenplay (2016) dan Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald The Original Screenplay (2018).

Pada Maret 2020, J.K. Mitra Rowling dan Wizarding World meluncurkan prakarsa Harry Potter At Home untuk menghibur anak-anak yang terjebak di rumah selama pandemi Covid-19 dengan buku Harry Potter pertama yang dibacakan oleh selebriti dalam video, dan tersedia secara gratis melalui buku audio dan streaming ebook. Pada Mei 2020, ia mengumumkan inisiatif lain untuk membantu keluarga yang terkunci - The Ickabog, sebuah cerita untuk anak-anak yang lebih kecil yang diserialkan secara online gratis, dan kompetisi ilustrasi yang menyertainya. Sebuah buku The Ickabog yang menampilkan ilustrasi anak-anak pemenang akan diterbitkan pada November 2020, dengan J.K. Royalti Rowling akan disumbangkan untuk membantu kelompok rentan yang terkena pandemi.

J.K. Rowling telah menikah dengan Dr Neil Murray sejak 2001. Mereka tinggal di Edinburgh bersama putra mereka, David (lahir 2003) dan putri, Mackenzie (lahir 2005).

Penghargaan & Penghargaan

J.K. Rowling telah menerima banyak penghargaan dan penghargaan, termasuk:

Companion of Honor, atas layanan untuk sastra dan filantropi, 2017
PEN America Literary Service Award, 2016
Freedom of the City of London, 2012
Penghargaan Hans Christian Andersen, Denmark, 2010
Chevalier de la Legion d'Honneur: Prancis, 2009
Penghargaan Prestasi Seumur Hidup, Penghargaan Buku Inggris, 2008
South Bank Show Award untuk Prestasi Luar Biasa, 2008
Penghargaan James Joyce, University College Dublin, 2008
Penghargaan Edinburgh, 2008
Pembicara Hari Raya, Universitas Harvard, AS, 2008
Lencana Biru Peter Gold, 2007
Penghargaan Fiksi WH Smith, 2004
Penghargaan Pangeran Asturias untuk Concord, Spanyol, 2003
Order of the British Empire (OBE), 2001
Buku Anak Tahun Ini, Penghargaan Buku Inggris, 1998 dan 1999
Bookellers Association Author of the Year, 1998 dan 1999
Amal

J.K. Rowling mendukung sejumlah penyebab dan organisasi, terutama melalui perwalian amalnya, Volant. Dia juga pendiri dan presiden amal anak internasional Lumos.

Sebagai seorang pascasarjana, J.K. Rowling bekerja di kantor Amnesty International London, melakukan penelitian tentang pelanggaran hak asasi manusia di negara-negara Afrika yang berbahasa Prancis.

J.K. Rowling adalah Pelindung Multiple Sclerosis Society, Skotlandia selama sembilan tahun. Dia mengundurkan diri sebagai Pelindung pada tahun 2009 dan sekarang terus mendukung penelitian MS secara langsung melalui Klinik Neurologi Regeneratif Anne Rowling.

Dia adalah pelindung Maggie Pusat Perawatan Kanker selama beberapa tahun. Maggie's Center adalah jaringan pusat singgah di seluruh Inggris Raya dan Hong Kong, yang bertujuan untuk membantu siapa saja yang telah terkena kanker, dengan berbagai cara praktis.

Untuk Médecins Sans Frontières / Doctors Without Borders, dia tampil dalam acara penggalangan dana bersama penulis Stephen King dan John Irving di New York pada 2006, dan pada 2011 berkontribusi pada sebuah buku untuk membantu badan amal, Dear Me: More Letters to My 16- tahun Self.

The Volant Charitable Trust

The Volant Charitable Trust didirikan oleh J.K. Rowling pada tahun 2000 sebagai hibah yang memberikan kepercayaan untuk mendukung amal, kelompok, dan proyek Skotlandia, baik nasional atau berbasis komunitas, yang membantu mengurangi kekurangan sosial, terutama yang berkaitan dengan wanita, anak-anak dan remaja yang berisiko.
 
 
Magetan, 29 September 2020
 
Tulisan diatas diterjemahkan dari  arikel yang dimuat di  https://www.jkrowling.com/about/
mengenai perjalanan Karir J.K Rowling dalam menulis.
 

4 komentar: