Selasa, 08 September 2020

Kenali passionmu dulu

sumber ilustrasi: dikumen pribadi

Barangkali  karena saya tinggal  di desa, saya mendengar istilah ini pertama  kali  tahun  2011. Sembilan tahun yang lalu, saya mendengar  dari  temanku  yang tinggal  di kota. Agar tidak tampak  "ndeso", saya dengarkan saja, saya tidak  bertanya apa itu  passion. Sekarang kata passion banyak  dibicarakan  di mana mana. 

Satu  tahun yang lalu  anak saya yang di SMA 1 Magetan,  bicara tentang passion. 

Ketika  kakaknya saya arahkan  magang  disebuah  kantor,  kakaknya tidak mau. Dia lebih memilih  bekerja  sebagai  sound engineer  (tukang sound sistem) bahasa "ndeso"nya. Pernah dia bekerja 3 hari tiga malam berturut turut, ditempat yang berbeda, dengan alat yang sama. Tidurnya  hanya sedikit,  karena khawatir  alatnya  ada yang dijahili orang. Pekerjaan yang berat menurut  saya. 

Adiknya  mengatakan,  "Tapi kakak itu  bekerja  sesuai  dengan passionnya lho bi." Saya jadi terhenyak , anak ini  kok  tahu  tentang passion, "batin" saya.

Apa pengertian  passion?.  
Menurut  Kamusku arti passion adalah
1. Hasrat , perasaan yang kuat terhadap sesuatu. 
She has a strong passion for musik
Dia memiliki hasrat  yabg kuat terhadap  musik.
2. Hasrat, gairah, semangat 
Your mobil is full of passion and energi.
Film anda penuh dengan gairah dan energi
3. Minat,  hobi, antusiasme 
Foloow your passion an you'll be fine
Ikuti minatmu dan anda akan baik-baik  saja.

Jadi pengertian Passion  itu  adalah gairah,  semangat,  hobi  minat, perasaan yang kuat tentang sesuatu.

Sebagai  gambaran  adalah  orang yang  bermain musik,  dibayar  atau  tidak dibayar  mereka tetap  bermain musik,  hingga  pagi. Perbuatan  itu  dilakukan dengan semangat,  dengan antusias,  dengan senang hati.

Ada orang  yang memiliki  passion  menghadiri  pengajian, di mana  ada pengajian  dia hadir,  walaupun  berjalan kaki,  mereka semangat,  mereka antusias,  mereka merasa  senang.

Ada senior  saya, Omjay namanya, tinggal di Bekasi, orangnya  suka menulis,  setiap  hari menulis,  kalau  belum  menulis  rasanya ada sesuatu  yang kurang dalam hidupnya. Seperti sayur tanpa garam. Rasanya  tidak sedap. Mereka melakukan menulis dengan senang hati, bersemangat  dan antusias. Beliau menulis tanpa disuruh. Saya mengatakan  passion beliau adalah menulis.

Beliau mengatakan  rejekinya "pas pasan".  Pas buat  rumah ada uang, pas beli mobil ada uang, pas menyekolahkan anak ada uang.  itulah pekerjaan  yang dilakukan dengan passion. 
Orang yang gila menulis kadang kadang diantara mereka  menulis buku,  diterbitkan  sendiri,  dibeli  sendiri.

Alangkah  dahsayatnya  bila  anak  anak kita memilih  profesi  sesuai  dengan passionnya. Tidak sekedar  ingin mendapatkan uang,  tidak sekedar  memenuhi  keinginan  orang tuanya.  Pasti  mereka akan menekuni  profresinya itu  dengan senang  hati  dengan semangat  antusias  yang menggebu gebu. Sehingga  sudah barang tentu  hasilnya  akan dahsyat. Produktifitas pekerjaannya akan tinggi. Mereka  jauh  dari penyakit  malas, kerjanya ikhlas, kerja keras, lama-lama  kerja cerdas.

Saya berpikir  alangkah  hebatnya  anak anak kita  dalam menentukan  cita  cita  itu  disertai  dengan passionnya. Karena  tidak jarang  mereka  menentukan  cita-cita karena sekedar  ingin  mendapatkan  gaji  yang  tinggi. Ingin  ketenaran,  ingin pujian dan lain lain hal. Sehingga  ketika sudah bekerja karena tidak  cocok,  mereka  keluar. 

Tugas  guru dan orang tua. 
Berkaitan dengan passion,  tugas  guru  dan orang tua adalah membantu  anak  menemukan passion pada dirinya. Setelah  itu  dirawat  yang baik,   difasilitasi  sehingga  akan tumbuh berkembang seperti  bunga yang ditanam di media yang subur dengan air  yang cukup,  maka akan mempersembahkan  kecantikan bunganya  kepada  dunia, semerbak mewangi sepanjang hari. 

Berikan  kesempatan  kepada  anak  anak kita  untuk  menentukan  pilihan hidupnya sendiri , selama  baik, selama  benar, selama  tidak menyimpang,  berikan kemerdekan  untuk  belajar.  Belajar  yang seluas luasnya  tentang passionnya,  menggali  yang sedalam dalamnya  tentang passionya, mengeksplorasi  yang seluas luasnya  tentang passionnya  dan kita  lihat  apa yang akan terjadi, hidup yang indah penuh arti. Bagaimana menurut pendapat anda?

Magetan,  8 September  2020







7 komentar: