Rabu, 02 September 2020

Ijab sajapun jadi

Saya pulang kantor  pintu  gerbang  sudah dibuka,  langsung  saya masuk. 
Tidak  lama kemudian istriku keluar membukukan  pintu  garasi,  sambil  kriyab  kriyab  seperti  abis bangun  tidur.

Regedek...., pintu garasi dibuka, kemudian  memegangi  jemarinya, sepertinya  ada yang tidak beres, tanganya  dipijit pijit.

"Kenapa kok  tanganya  dipijit pijit," tanyaku  sambil  masuk  pintu  samping.
"Hehe..., kecepit," sambil  pringas  pringis menahan sakit. 
"Mbok ya hati  hati, wong  buka pintu saja kok yo  kecepit". Saya langsung  ganti  baju  kemudian ke kamar  mandi,  cuci tangan dan  muka.
"Makan buah  apa nggak mas?" Dia menawarkan jasa. 
"Iyaa..." jawabku singkat.  Tak lama kemudian  sudah  datang lagi membawa buah  pir yang sudah  dikupas bersih.

"Anak kita  sudah  berangkat  ke Trenggalek,  tadi, mengantarkan surat  surat. Tak kasih uang  1 juta  untuk  beli  make up".
"Iya...," jawabku  singkat sambil menikmati sajian buah pir. Saya sudah makan di kantor, jadi tinggal melengkapi makan buah saja. Selesai makan buah pir, kami pergi ke kamar  tidur  untuk  istirahat  siang. 

Kemudian  dia melanjutkan  ceritanya. Sepertinya  masih banyak cerita yang ingin disampikan ke saya. 

"Tadi  tak bilangin, kamu sebentar  lagi  menikah,  nanti  kalau  sudah menikah  kemana-mana  harus  bilang  pada istrimu. Tidak  seperti  masih  Joko, kemana-mana  los....." Lanjut  dia, saya tidak komentar  hanya  mendengarkan  saja sambil  rebahan  di kamar  tidur. Wanita  itu  kadang  cukup didengarkan  saja  ceritanya,  tidak perlu  dijawab .

Kamar ini  memang  saksi bisu,  dimana setiap  hari  kami  berdiskusi, ketawa  bahkan menangis. Separuh  hidupku  kuhabiskan  dikamar  ini. Karena  tempat  istirahat  yang paling nyaman  bagi kami.  Walaupun  tidak seperti  di hotel,  tapi  cukup  membuat  hilang rasa capek  kami, setiap  kami  keluar  kamar. 

Tidur  di hotel  kadang kadang malah sulit  tidur, walaupun  saya sering tidur  dihotel, atas biaya Negara. Tapi akhir  akhir  ini  tidak pernah ke hotel lagi , karena gara gara  pandemi  virus corona. 

"Ya saya bilang lagi mas, Besuk  kalau  kamu  abis  jadi manten,  kemudian  mengupload foto,  teman-teman mu pasti  komentar. Kamu  juga  minta  ijin  pada istrimu  boleh  gak  membalas  komentar komentar  itu?" Lanjut  dia, memberikan  pembekalan  pada anaknya.
"Repotnya  jaman milineal  gini  ya,  buka  wa  saja  harus  ijin  istri." Kalau  saya dulu  tidak  wong belum ada HP. Saya juga membayangkan  kalau  habis  jadi manten  terus  sama sibuk  buka  HP nya masing  masing, bisa  timbul  persepsi  yang Macam-macam.

"Trus juga kalau  kamu  dapat  uang  ya disimpan  yang baik,  jangan beli  rokok  saja. Orang berkeluarga  itu  perlu uang juga,  nanti kalau  anakmu  minta jajan pas kamu  gak punya  uang  bagaimana?". Lagi  lagi  saya hanya  menjadi pendengar  yang baik. 

"Sekarang  kamu  akan  berkeluarga,  nanti  maju  mundurnya usaha  kamu  itu  ya terserah  pada kamu. Misalnya kalau  kamu dapat  job itu,  yang ngasih  job  dikasih persenan,  biar senang". 
Anak saya punya  usaha  sound  sistem,  sementara  ini  memang  saya yang memenejeri, tapi  kalau  sudah berkeluarga  ya biar  di  manej  sendiri.  Sambil memberikan  kepercayaan pada dia.

Tahu tahu  saya sudah  ngantuk,  berakir  dengan  tidur  siang  melanjutkan  cerita dalam dunia  mimpi. Mimpi  tentang  keluarga  anak saya,  semoga senantiasa  sakinah  mawaddah  wa rohmah,  diberikan  rejeki  yang banyak  yang barokah,  dan sebagian dibelanjakan di jalan Allah.  

Tak terasa sudah waktunya  mantu,  sayang sekali  kondisi pandemi  masih  menghantui negeri ini,  hingga tidak mantu  tidak apa-apa,  ijab sajapun jadi. 

Magetan,  2 September  2020












15 komentar:

  1. Cocok, bapak. Saya nanti jg begitu. Bulan depan mantu jg ngundang tetangga satu RT saja cukup.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah...
    Soga keluarga ananda sakinah, mawadah, warahmah

    BalasHapus
  3. Semoga semua yang direncanakan berjalan lancar karena ridho Alloh dan ananda bisa menjalin klg yg sakinah mawadah warohmah. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap ini siapa ya kok namanya sama. Jangan jangan hacker lagi

      Hapus
    2. maap jika anda bermaksud jahat saya bisa melaporkan ke pihak yang berwajib

      Hapus
  4. Mugi lancar sedaya hajatipun bapak... nderek mangayu bagyo mugi keng putra tansah sakinah mawadah warohmah...

    BalasHapus
  5. selamat ba[ak, semoga cepat jadi MC, momong cucu, hehehe

    BalasHapus
  6. iyaa Omjay, terima kasih Om, sudah waktunya

    BalasHapus
  7. mas KS mantu ya,hanya bisa mendoakan semoga jadi keluarga yg SAMAWA, Aamiin

    BalasHapus
  8. Semoga lancar acaranya pak. Ini juga jadi masukan buat saya yang baru jadi pengantin. Terimakasih tulisannya pak.

    Setelah baca tulisan ini saya jadi terngiang-ngiang saat baca suara pager kebukanya pak. Regedek... , tak kira suaranya bakal jadi geredek...

    BalasHapus
  9. Hahahaha terima kasih mas Agus Nurwanto, ayoo terus menulis

    BalasHapus