Senin, 21 September 2020

Akhirnya tua juga

sumber ilustrasi:AengAeng.com
Ketika kehabisan ide menulis  saya buka statusnya  teman teman, salah sàtunya Omjay  yang baru saja pulang dari negeri Cina.  Tentu  saja di sana menuntut ilmu. Satu kehormatan besar  bagi seorang guru  mendapat  undangan  gratis ke negeri Cina untuk  menuntut  ilmu, naik pesawat  lagi.

Statusnya Omjay  adalah menggambar bayi  yang tidak begitu  lama  menjadi  tua. Saya berpikir,  begitu juga hidup  saya, hidup  anda, hidup kita. 

Tahu tahu saya sudah berumur  54 tahun, sedikit  demi  sedikit  sudah meninggalkan dunia hitam   rambutku  mulai  memutih. 

Perjalanan hidupku  ketika sekolah di SD sudah banyak  yang lupa,  bahkan menghapal  nama temanku  saja sudah banyak yang lupa. Temanku yang SMP juga begitu  dari  42 temanku  yang namanya  masih ingat  kurang lebih hanya  6 orang. 

Teman yang SPG  masih banyak yang ingat, teman semasa IKIP  masih ingat  semua, nanti lama lama  pasti  lupa. 
Suatu  saat  nanti tahu tahu  sudah berumur  60 tahun, tahu tahu sudah pensiun.  

Kita jalani waktu  lagi,  tahu tahu sudah  70 tahun, tahu tahu sudah menimang  cucu.  Tahu  tahu sudah tua,  tahu-tahu sudah tidak gagah lagi,  tahu tahu sudah tidak  perkasa.

Yang  mengejutkan lagi tahu tahu sudah di alam kubur.  Saat  itu  kita pasti bingung, takut, cemas,  menyesal. Kecuali orang-orang  yang beruntung. 

Orang  yang beruntung  adalah orang yang cerdas, ternyata  definisi  orang cerdas itu adalah orang yang selalu  ingat mati dan mempersiapkan bekalnya untuk  itu.

Bekalnya apa? Bekalnya adalah Iman kepada Allah dan amal sholih,  memperbaiki  hubungan dengan Allah dan mendapatkan  ridho Allah SWT.

Mereka  itulah orang-orang  yang beruntung 

أُو۟لَٰٓئِكَ عَلَىٰ هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ 

Arab-Latin: Ulā`ika 'alā hudam mir rabbihim wa ulā`ika humul-mufliḥụn 

Terjemah Arti: Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung. Orang yang beruntung itu adalah orang yang bertaqwa

Indikasi orang yang bertaqwa dijelaskan dalam surat  Al Baqoroh  ayat 3 sd. 4.
Yaitu mereka yang beriman kepada yang ghoib , melaksanakan sholat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Dan mereka yang beriman kepada Alqur'an  yang diturunkan  kepadamu ( Muhammad) dan kitab kitab yang telah diturunkan sebelum engkau dan mereka yakin  akan adanya akhirat. 

Semoga kita semua  termasuk orang yang sukses,  yang beruntung  baik di dunia sampai  di akhirat.  Bukan termasuk  orang yang bingung ,  tahu tahu sudah di alam kubur  tapi tak ada bekal yang menemani seorang diri.

Magetan,  21 September  2020

Referensi: https://tafsirweb.com/182-quran-surat-al-baqarah-ayat-5.html






7 komentar:

  1. Aamiin ya robbal alamiin, semoga kita semua diterima amal ibadahnya oleh Allah

    BalasHapus
  2. Aamiin, terima kasih Omjay yabg baik hati

    BalasHapus
  3. Baru kali ini saya mendengar dari sahabatku sesdh sy dengarkan kutbah. Berkali-2 sy dengar kutbah ketahuilah orang yg sukses adalah orangbyg sekalu ingat mati dan selalu menjlnkan amalan yg bernilai ibadah. Namun tdk sedikit orang yg sukses orientasinya hanya materi semata ..o..itu. konsep Islam mengajurkan utk kaya agar kita tdk khufur dan pandai bersyukur. Pada hakekatnya perjlnan hidup kita akan menemui Rabb nya yaitu Allah. Ok sahabat bagus banget idenya Nuansa Islam...terus berkarya fan berkarya ukur hanya Allah yg tentukan. Dan semoga kita tergolong orsngbyg tdk merugi....good luck

    BalasHapus
  4. Terima kasih mbak Niken sudah berkenan membaca dan diskusi

    BalasHapus
  5. Aamin YRA. Semoga kita selalu dlm perlinfunganNya

    BalasHapus