Rabu, 23 September 2020

Berbicara di depan umum

sumber ilustrasi: dokumen pribadi 

Di Kantorku setiap hari diadakan acara apel pagi. Yang menjadi pembina bergantian antara guru yang satu dengan yang lainnya. Penampilannya lumayan bagus, tapi ada beberapa guru yang terkesan tidak mempersiapkan ini dengan baik.

Ada sahabatku  bertanya,  "bagaimana pak KS ,tips agar  tidak nerves ketika berbicara  di depan umum?"  Berdasarkan  pengalaman saya agar ketika kita berbicara di depan umum tidak nervers adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan apa  yang akan disampaikan. Cari sumber bacaan penunjang, kemudian buatlah kerangka pidato.  Biasanya hanya mengandung tiga hal pokok, yaitu pembukaan, isi kemudian penutup.

2. Kenali audience dengan baik,  perkiraan jumlahnya,  usia, Tingkat pendidikan,  gender, keramahan, agama.

3. Pastikan  costum anda pas, artinya sudah sesuai  dengan keadaan dan situasi, syukur  membuat penampilan anda lebih menarik.

4. Berdoa  ini,   "robisrohli  sodri  wayassirli  amri  wahlul  uqdatam milisani  yafqohu qouli". Artinya : YA Tuhanku lapangkanlah dadaku, lancarkanlah lidahku, serta mudahkanlah urusanku.   Ini adalah do'anya nabi Musa AS, ketika menghadapi  Fir'oun dan bala tentaranya. Agar diberi lancar  lisannya dalam berbicara. Oleh karena itu  hafalkanlah doa ini  agar kita berbicara dengan "teteh,  fasih, tatag tangguh" dalam berbicara  didepan umum.

5. Tanamkan pada diri anda  bahwa semua diantara  kita ini  makluk Tuhan,  yang hati dan jiwa  semua  hamba ini  ada dalam genggamanNya. Jadi kita harus percaya diri tampil  dihadapan  mereka karena sama-sama  sebagai hamba  Tuhan, dan anda memiliki  kelebihan,  yaitu persiapan. 

6.Lawan  nerves  itu,  nanti  dengan seiringnya  waktu,  maka akan  hilang dengan sendirinya. Caranya dengan latihan berbicara  didepan  umum  berkali kali.

7. Belajar  dari  orang-orang  hebat  yang  tenang  dalam berbicara di depan umum
Biasanya  mereka adalah orang-orang  yang matang pribadinya. Orang yang matang pribadinya adalah orang yang  stabilitas emosinya sudah  baik, lebih  sabar, bijaksana, dewasa,  biasanya  pemahaman  dan pelaksanaan agamanya  juga baik.

8. Kalau disediakan pengeras suara, pastikan  semua suara sudah masuk ke Mic, dengan mengatur  jarak kedekatan antara mulut dengan mic. Sehingga  output  suaranya  lebih bagus dan nyaring terdengar  audience.

Saya pikir  cukup itu tipsnya untuk  bisa tenang ketika kita  berbicara di depan umum.  Semoga  bermanfaat . Salam sukses.

Magetan,  23 September  2020 


1 komentar: