Senin, 23 November 2020

Narasumber menulis autobiografi

sumber ilustrasi: dokumen pribadi 

Tadi malam, 23 Nopember  2020 saya didaulat Omjay  (Wijaya Kusumah,MPd) Ketua G WA menulis untuk menjadi  narasumber  di gelombang  16.

Pelatihan menulis  gratis  lewat  WA ini  dimulai  bulan Januari 2020,  ketika  musim  pandemi  kegiatan  ini makin  intensif,  menghadirkan  pakar  menulis  dari berbagai  kota dan Provinsi  di tanah  air. 

Setelah  selesai  sesi materi dan tanya  jawab  peserta  mendapatkan tugas  untuk  membuat  resume di blog. Setelah 20 pertemuan , dari  tulisan  peserta itu  bisa dikumpulkan  menjadi  buku  dan diterbitkan.

Malam ini saya mengusung  tema,  menulis buku  biografi.

Biografi berasal  dari kata biography  artinya  riwayat  hidup 
Sedangkan  autobiography  adalah  riwayat  hidup  yang ditulis  sendiri .
autobiography  kb. (j. -phies) riwayat hidup yang ditulis sendiri.

Apa manfaat  menulis  biografi?
1. Mengabadikan  riwayat  hidup kita,  sehingga  kalau  kita  sudah  meninggal  anak  cucu kita,  akan  mengetahui  bahwa  kakeknya  dulu  semasa hidup  di dunia  ceritanya  begini.  
2. Dari  pengalaman  yang baik pada diri kita bisa menjadi  pembelajaran  bagi orang orang  setelah  kita. Sehingga  menjadi  ilmu  jariah bagi  kita.

3. Menjadi motivasi  berprestasi  bagi  kita,  karena suatu  saat  ingin  menambahkan riwayat  hidupnya  menjadi  cerita  berprestasi  lainnya. 

4. Rasanya  rugi segudang  prestasi yang anda miliki  kalau  tidak dituliskan  akan lenyap   ditelan  jaman.

Bagaimana  memulainya?
Awali  dengan  membaca  biografi orang orang  ternama,   maka anda akan terinspirasi mengenai  gaya penulisannya, lay outnya,  dan  cerita cerita  apa yang penting  dituliskannya. Setidaknya  bacalah  dua  buku  biografi,  lebih banyak  lebih baik  sehingga  anda bisa membandingkannya mana  yang  anda sukai.

Saya  sebelumnya  membaca  biografinya  pak Chairul  Tanjung Si Anak  Singkong.  Kemudian  buku  teman  saya  seorang  kepala  sekolah judulnya  Transformasi Kehidupanku
Dua  buku ini saya  baca tuntas. Kemudian  segera  menulis  outline
Berikut  ini  contoh  outline  buku Perjuangan Hidupku 

Itu  contoh  outline  dari  buku  saya Perjuangan  Hidupku. Buku  ini  setebal  173 halaman. Saya  tulis  dalam  1 bulan.  Karena semuanya  pernah  saya alami,  maka  tulisannya  mengalir  seperti  aliran sungai  yang jernih  di gunung yang  belum  tersentuh  tangan jahat  manusia.

Menulis buku  autobiografi  adalah  tingkatan  menulis yang paling  mudah , karena semuanya  sudah  di  alamai  atau  dilakukan.

Jadi  menulislah  apa  yang  kau  lakukan,  yang kau rasakan, yabg kau  pikirkan,  yang kau  impikan, yang kau hayalkan.

Menulis  biografi  termasuk  apa  yang kau  lakukan,  menulis novel  termasuk  apa  yang kau hayalkan  atau fiksi.

Menulis  fiksi  agak  sulit karena  tidak  dilakukan.

Disisi  lain  menulislah  apa yang kau  kuasai,  menulislah  yang kau  sukai.  Karena  yang dikuasai  maka  kualitas  tulisannya  menjadi lengkap,  detail dan berbobot.

Karena  yang disukai  maka  menulis  itu  merasa enjoy,  senang  sehingga  kegiatan  itu  dilakukan  secara  terus menerus  sehingga  pekerjaan  menulis cepat  selesai.

Karena  yang dusukai  maka  menulis  itu  nelibatkan  rasa dalam  hati  sehingga  bahasanya  juga enak  dibaca dirasakan  dalam  hati pembaca.

Di  dalam  buku  autobiografi tidak  usah  dicantumkan  daftar  pustaka,  karena di dalamnya  berisi  riwayat  pengalaman  hidup  pribadi.

Seperti  halnya  novel  juga  tidak dicantumkan  daftar  pustaka.

Karena  termasuk  cerita  fiksi  yang terlahir  dari  daya imajinasi  penulis.

Silahkan  sahabat  guru  hebat  Indonesia,  membuat  outline  buku  autobiografi  10 poin  saja,  yang nantinya  penting untuk  ditulis dalam buku

10 pengirim  pertama  akan di  undi,  dipilih  3 orang  mendapat  hadiah  buku  Perjuangan  Hidupku atau  Catatan  Harian seorang  KS, dengan pengantar  Omjay atau Catatan KS penerbitnya Kamila Press-nya  pak Mukminin. Terima  kasih

Setelah  membuat  outline  kemudian membuat  jadwal  menulis,  misalnya  setiap hari    saya  harus menulis  satu judul.  Dan kita harus disiplin  dan konsisten  dengan jadwal  itu. Tidak  ada perkara  besar  yang bisa diselesaikan dengan  tidak  disiplin  dan konsisten.

Penulis  itu  memang  orang  hebat,  orang luar  biasa.  Pemikirannya  pasti  melampaui kebanyakan  manusia. Penulis  itu pengetahuannya  mendalam sedalam samudra , memiliki  wawasan  yang luas ,  seluas  jagad  raya.

Oleh  karena  itu  penulis  hebat  pasti  memiliki  kegemaran  membaca.  JK Rowling penulis buku Harty potter  sejak  masa  kanak  kanak  sudah menjadi  kutu  buku,  karena  difasilitasi  oleh  orang tuanya. Pada usia  11 tahun sudah menulis  buku.

Penulis  itu kadang kadang  dianggap  sebagai orang aneh. Kadang  rela  bajunya  sedikit,  rumahnya  sederhana,  mobilnya  sederhana,  tapi  bukunya  banyak.

Perlu  juga saya  sampaikan  barangkali  bisa  memotivasi,  istri  dan anak saya  juga  menulis. Ini  tulisan  istri  saya

ini tulisan  saya 
berikut  ini  tulisan  anak  saya, namanya  Hindun  kelas 12 IPA 7 SMASA 

Novel  ini pernah diangkat  jadi  short movie, mendapat  juara  2 pada HUT SMASA  MAGETAN 


Kembali  kepada  jadwal  menulis, setelah  buku ditulis selanjutnya  di edit,  setelah itu  mintakan  pendapat  teman  untuk  diedit  ulang

Setelah itu  kirimkan  ke penerbit. Pilih  penerbit  mana  yang  menurut  penjenengan  bisa  mengantarkan  buku  anda  untuk  banyak  dibaca  atau  dibeli  orang.

Cavernya  dibuat  yang baik  sehingga  "menjual " . Tunggu  15 hari  buku  anda sudah  jadi.
Sebelum  di akhir  sesi penutup  ada sesi pengundian  peserta  yang mengirimkan  tantangan.  Ada 13 orang  yang mengirimkan  kemudian  di undi  oleh  bu Aam Nurhasanah selaku  moderator. 
dari  pengundian  ini  yang beruntung  mendapatkan  chalenge  adalah 
1. Bu Nurin Nuzulia dari Bojonegoro 
2. Bu Astuti Sipanawa dari Palu  Sulawesi  Tengah. 
3. Bapak Budi  Idris  dari  Provinsi  Sumatera  Utara 
Kemudian  ada hadiah kehormatan  untuk  narasumber  kia  bu Aam  Nurhasanah  dan Omjay  founder  GWA  menulis.

Penutup 
Mari  menuliis buku  autobiografi senyanpang  hayat  masih dikandung badan.  Kadang kadang  banyak manusia  ingin  mengetahui kisah  kita  setelah kita tiada.

Buku  ini bisa menjadi  warisan  anak  keturunan  kita untuk  menyatukan mereka  dalam keluarga dan persaudaraan.

Banyak tokoh penting yang namanya  menjadi  tenggelam  ditelan jaman  karena  tidak  memiliki  buku  autobiografi.

Untuk  itu  lengkapilah  jejak  literasi  anda  dengan menulis  buku  autobiografi.
Burung  irian  burung  cenderawasih
Cukup sekian  terima kasih. 

Testimoni 
OM JAY: luar biasa
Terima pak @⁨Suparno Muhammad⁩ yang menjadi narsum malam ini, dan bu @⁨AAM NURHASANAH⁩ yang menjadi moderatornya.

Siti  Hasnindar
Alhamdulillah trm.ksh berbagi pengalamannya sangat mengispirasi dan akan diikuti jejaknya

Mukminin: Luar biasa bpk ustadz  Suparno kepsrk SMP I Magetan Jatim  Terima kasih ilmunya πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Budi IDRIS: Materi yang luar biasa sangat menginspirasiπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ™πŸ™πŸ™

Uci/ mak butet 
Terimakasih banyak Om Jay, Bapak Suparno, Bu Aam πŸ™πŸ™

ASTUTI SIPANAWA: Terima kasih banyak atas ilmunya bapak Suparno Muhammad πŸ™ moderator Teh Aam Nurhasanah yang terampil πŸ™ om Jay...makin sehat πŸ™πŸ™πŸ™

Nurin NUZULIA: Alhamdulillah, pas bisa menyimak malam ini dan dapat rizqi, 
Terimakasih teriring doa Jazaakumullah Khairan katsiira kpd Bpk Suparno, OmJay dan Bu AamπŸ‘πŸ‘πŸ™

Sriwati
Terimakasih Pak Suparno... 
Keren materinya 
Buat  anggota group boleh dong  discout buku nyaπŸ™πŸ˜πŸ˜

Ai Setiawati.
Alhamdulillah senang akhirnya bisa gabung di grup ini,, terimakasih kepada pemateri, Pa Suparno,,sangat menginspirasi, salam kenal untuk semuanya, saya Ai Setiawati dari Purwakarta guru IPS,,,mau mulai menulis,,, semangat

AAM NURHASANAH: Keren sekali materi malam ini. Sangat berkesan pak kepsek.

Terima  kasih  kembali  Sahabat  Guru Hebat  Indonesia.  Sudah  berkenan  mengikuti  hingga  akhir  acara.  Semoga  Allah  meridhoi  kita semua 

9 komentar:

  1. Terima kasih pak kyai. Materinya sungguh menginspirasi kami.

    BalasHapus
  2. Walaupun sy tidak mengikutinya secara langsung, sekilas yg disampaikan oleh bapak motivator sy ini cukup jelas....sebenarnya banyak yg ingin ditiangkan...namun...mengawalinya yang sulit...mojon bimhingannya ya bapakku hebat...

    BalasHapus
  3. Walaupun sy tidak mengikutinya secara langsung, sekilas yg disampaikan oleh bapak motivator sy ini cukup jelas....sebenarnya banyak yg ingin dituangkan dari kisah hidup sy..namun...mengawalinya yang sulit...mohon bimbingannya ya bapakku hebat...

    BalasHapus
  4. Terima kasih banyak atas ilmu dunia akhirat yang diberikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Insha Allah keberkahan akan selalu diberikan buat bapak sekeluarga. Aamiin ya Rabb πŸ™. Astuti Sipanawa πŸ™

    BalasHapus
  5. Hebat, semskin sukses bapak kariernya

    BalasHapus