Rabu, 25 November 2020

Mengelola kegagalan menjadi Keberhasilan

Malam ini kita akan belajar  menulis bersama  Sigit Suryono, S.Pd.,M.Pd
Segudang prestasi telah diraih oleh Guru  IPA  SMP N 1 Wonosari, Gunungkidul, DIY, Indonesia ini.

Lahir di Sleman, 20 Nopember 1976
Beliau adalah Ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Gunungkidul dan Duta Rumah Belajar Kemdikbud

 Tepat tanggal 20 nopember 2020 kemarin Sigit termasuk 5 besar guru inovatif yang diselenggarakan oleh Kemdikbud merupakan salah satu anugrah terindah di hari ulang tahunnya ke 44. dan itu merupakan ultah ke dua mendapatkan apresiasi dari kemdikbud. untuk yang pertama saat gupres tahun 2015 yang diselenggarakan di bulan nopember tidak seperti biasanya di bulan agustus. tanggal 20 nopember 2015  mengikuti tes tertulis dan wawancara di gupres dan alhamdullilah tanggal 22 nopember 2015 saat diumumkan terpilih jadi juara 1 guru berprestasi tingkat nasional.

Bagaimanakah sebenarnya untuk mencapai semua prestasi itu? terus apa sih kunci keberhasilan bisa mencapai itu semua?

Sigit akan sedikit bercerita tentang masa lalunya  yang penuh dengan kegagalan, terpinggirkan, dan juga bukanlan orang yang menonjol.

Orang tuanya berprofesi sebagai guru SD yang sangat disiplin dalam membimbing dan mengawasiku untuk belajar. Rangking satu selalu ke raih saat SD, namun bertolak belakang saat SMP maksimal rangking 24 dari 44 siswa dalam satu kelas, bahkan pernah di 43, 41, dan 39.... masa yang sulit. Namun persahabatan di SMP sampai saat ini masih membekas tidak mengenal rangking, dan status sosial. Saat SMA rangkingnya pun jauh dari asa.... maksimal pernah rangking 8 yang lainnya diatas 20.

Di Kampus bahkan dia hampir DO saat kuliah S1 Pendidikan Fisika di UNY dan lulus 7 tahun, pernah dapat IPK 1,28  malu juga kalau lihat saat belajar jadi siswa. setelah selesai S1 saya langsung melanjutkan ke S2 mengambil jurusan TP mungkin inilah era aku merasakan jadi orang hebat saat bisa menyelesaikan dengan waktu 33 bulan dengan IPK 3,8 dengan hasil cumlaude yang merubah cara pikir dan pandanganku.

Menurut Sigit Orang akan sukses jika dia fokus dan senang dengan apa yang dikerjakannya.

"Orang akan sukses jika bisa fokus pada bidang yang dia bisa ditekuni dan dilakukan inovasi terus menerus." Lanjutnya.

Pengalaman gagal saat dimasa sekolah sampai kuliah di S1 benar-benar membekas dan itu mempengaruhi cara mengajarnya pada anak-anak. Dia termasuk orang yang tidak akan membeda-bedakan anak karena prestasi akademiknya.... Dia cenderung sebagai motivator bagi mereka karena pengalam hidupnya saat SMP jadi juara 3 dari belakang.....dll

Ketika menjadi guru SMP Negeri 1 Wonosari tahun 2005 , saat itu baru menempus S2 dan hampir selesai Dia lulus S2 tahun 2006, dan setelah lulus S2 , fokus pada pekerjaannya di SMP Negeri 1 Wonosari sebagai guru IPA dan Guru TIK.

Saat mengajar inilah pengalamannya bertambah dan sering melakukan kolaborasi dengan siswa untuk melakukan riset tentang pembuatan media, maupun tentang berbagai model pembelajaran.

Tahun 2006 saat pertama kali memiliki kenangan saat ikut kompetisi Simposium tingkat Propinsi DIY yang isinya orang-orang hebat semua mereka Pengurus MGMP disemua mapel, sementara Dia guru baru, yang mendapat sampur untuk ikut kegiatan tersebut dikarenakan menggantikan guru disekolahnya yang mengundurkan diri.

Pengalaman bertemu orang hebat inilah saatnya untuk "Belajar".
Kemudian Dia banyak membuat catatan kecil bagaimana orang berbicara, presentasi, dan menyampaikan ide dan pemikiran dan gagasan ilmiah dalam kegiatan tersebut.

Dalam simposium ini Dia masuk peringkat terakhir dari semua peserta lomba untuk mapel IPA.

Tahun-tahun  berikutnya sudah jadi langganan untuk mengikuti berbagai lomba tingkat nasional ada 7 kali lomba yang saya ikut sebelum gupres tahun 2015 yang tentu bisa di tebak hasilnya adalah "gagal" dan "kalah".

Setiap even lomba tersebut dicatat kenapa  "gagal" baik dari sisi presentasi, fokus presentasi, cara presentasi, membuat presentasi yang efektif, dan seterusnya..... sehingga setelah dari tahun 2006 sampai tahun 2015 formula tersebut bisa saya dapatkan ... dan Alhamdulillah sejak tahun 2015 sampai tahun 2020 setiap even lomba yang diikut bisa meraih hasil sesuai dengan harapannya.

Sedikit menengok ke tahun 2011 saat Dia bertemu dengan Omjay, dan  mas Agus Sampurna di Even Evaluasi pelaksanaan Rumah belajar di Bogor. Saat itu adalah saat belum tau omjay itu seperti apa dslb. Mungkin beliau lupa, dia bercakap banyak dengan omjay dan omjay memberiku hadian sebuah buku yang judulnya "Menjagi Guru Tangguh Berhati Cahaya"

"Mungkin beliau lupa ya... kasih buku ke aku hhh" candanya.
saat itu Dia belum banyak catatan portofolio yang tersusun rapi namun memiliki banyak blog karena memang sejak tahun 2005 mengajar blog ke siswa SMP dimana dia mengajar.

Dari pertemuan itu lah Dia punya keingian memiliki web yang digunakan untuk mencatan seluruh aktifitasku yang bisa ku jadikan portofolio perjalan sebagai pendidik, peneliti, pengembang media pembelajaran, dlsb.

Maka di tahun 2012 Diapun akhirnya memiliki seluruh catatan aktifitas ilmiah yang dicatat di webnya yaitu http://www.ciget.info.

Web inilah yang mengantarkannya bisa meraih mimpi menjadi juara 1 gupres di tahun 2015, kemudian menjadi Duta Rumah Berlajar terinteraktif tahun 2018, Duta Sains PPPPTKIPA, Sarjana Adi Manggala Bidang Pendidikan dari UNY dan terakhir adalah menjadi Guru Inovatis SMP Tahun 2020.

Kunci keberhasilan saya: 1. Fokus, 2. Senang meneliti, 3. Mencatat semua aktifitas ilmiah di Blog

Akhirnya dari kegagalan itulah bisa meraih kesuksesan seperti yang sekarang.

Peserta sudah manjat-manjat ingin bertanya nih. Bisakah dimulai???

Berkaitan dengan Kegiatan Aprsiasi Guru dan Kepala Sekolah di tahun 2020 ini.
Baginya waktu tersebut sangat longgar karena portofolionya saat gupres dan kegiatan apresiasi sarjana alumni berprestasi dari UNY sudah ada di file semua tinggal bikin essay.

Dia menerima surat edaran  tangal 26 oktober kemudian penyerahan berkas tanggal 1 - 10 Nopember 2020.

Harapan tersebut ternyata tinggal harapan.
tanggal 5 Nopember 2020 laptopnya kena bitcloker sehingga mati total. Sementara data di Hd baru 5% yang di unggah di drive.... pusing tuju keliling.

Mau mundur malu karena sudah menyampaikan ke teman-teman disekolah kalau siap ikut kegiatan ini, mau maju file hangus semua.

Maka dia pun 2 hari blang tidak bisa kerja apa-apa. Kemudiaan mendownload dan baca ulang aturan dari kegiatan apresiasi ini dengan seksaama dan  mencoba waktu 3 hari untuk mengerahkan 200% pikiran, perasaan, fokus, dan juga kemampuan utuk secara cepat menyusun portofolio semua kegiatan yang pernah dilakukan. dan Dia pun fokus ke Web untuk memulai lagi menyusun berkas sesuai dengan syarat tersebut dan menscane kembali berkas-berkas pendukung.

Sesi tanya jawab
Sebagai duta sains,  
1. apa triknya agar sains semakin dicintai siswa? 
2. Sejauhmana predikat sbg duta sains berpengaruh dalam kinerja ? 
3. Menjadi duta sains apakah merupakan prestasi puncak yg dicita citakan?  Atau mungkin ada harapan lebih dari itu?
Jawab
Sains agar bisa dicintai oleh siswa adalah dengan cara membelajarkan dari lingkungan di sekitar anak, dan sering melakukan pembelajaran dengan beraneka model, kadang praktikum, kadang menggunakan MPI, kadang menggunaan android, dll yang jelas pembelajaran tidak boleh monoton.

2. Predikat duta saint apakah berpengaruh dalam kinerja, tidak juga pak., Yang bepengaruh dalam kienerja  adalah ilmu-ilmu yang di dapat saat menjadi duta sains dan duta rumah belajar. Karena kita sering dilatih oleh Pusdatin maupun oleh PPPPTKIP.. .Duta Rumah Belajar maupun Duta Sains adalah tugas kita sebagai agen-agen pembelajaran yang turut mensosialisasikan dan mengajarkan teknik dan cara baru dalam pembelajaran. baik untuk guru maupun untuk siswa.

3. Menjadi duat sains apakah merupakan prestasi puncak yang menjadi cita-cita? "Bukan" ini merupakan bonus saja saat kita selalu berinovasi dan menginsprirasi banyak orang dan terus belajar, belajar dan belajar, baru kemudian berkolaborasi dan berbagi. Untuk prestasi puncak sudah diraih tahun 2015 saat jadi Juara 1 Gupres SMP Tingkat nasional.


P2
Apakah  pernah merasakan hampir putus asa, lalu bagaimana bapak menyikapi kegagalan - kegagalan tersebut?
Jawab
Terima kasih bu Kholisah apakah saya pernah mengalami hampir putus asa.... saya belum pernah mengalami hampir putus asa bu.. ... kalau gagal sangat sering, kalau putus asa mah gak pernah.
hal ini karena pelajaran dari ibu saya "Menang Cacak, Kalah Cacak", menang dan kalah itu hal yang biasa yang paling utama adalah kita mau dan mau untuk berbuat sesuatu.

Bagaimana langkah untuk menyikapi kegagalan?  Adalah dengan mencatatat kenapa kok bisa gagal, apakah karena persiapan kurang? apakah karena powerpoint tindak fokus pada materi yang seharusnya kita presentasikan? apakah kita tidak fokus pada materi yang harus kita presentasikan? apakah pembahasan kita dangkal?, apakah kita sudah mempersipakan dengan maksimal?.... dan banyak lagi.

Intinya saat kita gagal : " Pelajarilah kenapa kita gagal" , Cacatlah sumber kegagalah, dan Perbaikilah di masa yang akan datang.... pasti suatu saat akan sukses dan akan bisa jitu saat mengikuti setiap event kompetisi yang kita hadapi".
P3
Apa langkah awal yang kita lakukan agar bisa menjadi guru berprestasi?

1.  "Belajar, belajar, belajar, berkolaborasi dan berbagi", dalam setiap kegiatan yang kita lakukan: kemudian secara teknisnya : 1. Pelajari pedoman guru berprestasi 3 tahun sebelum kita mengikuti seleksi guru berprestasi. kemudian Siapkan portofolio sesuai dengan petunjuk dari pedoman tersebut, saat saya tahun 2015 untuk portofolio 8 tahun, untuk sekarang 3 tahun terakhir.  
2. Buat Penelitan atau best practice sesuai dengan petunjuk diportofolio, 
3. bikin video pembelajaran terbaik selama 3 tahun terakhir, 
4. Belajarlah 4 kompetensi guru. 
5. Buat presentasi sesuai dengan buku pedoman.

Saat jadi gupres tahun 2015 Dia sudah mulai menyiapakan portofolio sejak tahun 2008, semua undangan, surat keterangan, piagam setiap kegiatan diadministrasikan dalam stopmap plastik.... Yang itu sangat mendukung sekali saat  mengikuti seleksi Gupres tahun 2013 saat itu  baru peringkat 2 di kabupaten gunungkidul. Kemudian selama 2 tahun ditingkatkan frekuensi kegiatan, karya inovasi dll, sehingga saat maju kembali tahun 2015 sudah siap tempur.

[25/11 20:33] AAM NURHASANAH: P4

" *Orang akan sukses jika dia fokus dan senang dengan apa yang dikerjakannya* "

Selain harus fokus dan menyenangi yang kita lakukan.
Apa rahasia sukses yang Pak Sigit miliki sehingga bisa mengantar sebagai Juara I  Nasional Guru Berprestai.

Apa saja kiat singkat tapi berhasil besar yang dilakukan sehingga sukses jadi guru diajang nasional ? 

"Belajar, Kolaborasi dan Berbagi", Menyusun portofolio setiap saat (http://ciget.info), Belajarlah dari kegagalan, dan belajarlah dari orang yang sukses.... dekatlah dengan komunitas yang siap berbagai dengan siapapun...  Selalu Berpegang pada buku panduan lomba, ... buat gagasan inovasi yang kontinyu.

P5
Apa kiat2 utk bisa sukses seperti sekarang?

Sigit mengatakan "saya guru, di sekolah sebagai koordinator SIS."

Kiat bisa sukses adalah; 
1. Mau mendengar Kritik dan Saran dari Banyak Orang, 
2. Mau belajar dari siapapun baik dari teman sejawat, dengan siswa terlebih dengan para ahli yang sudah teruji, 
3. Kosongkan dan turunkan Ego sehingga kita bisa menerima ilmu dari siapapun, 
4. Jangan angkuh dan merasa paling hebat: Karena diluar sana banyak orang yang lebih hebat dari kita, 
5. Berusahalah secara maksimal kegagalah hanyalah keberhasilan yang tertunda. 

P6
Allahuakbar,,,luar biasa Nara sumber kita kali ini,,,saya jadi membanyangkan diri saya sendiri, bisa nggak ya?? Dengan begitu banyak prestasi. Tadi bpk sedikit membahas rangking di kelas,, seperti sangat terpuruk tapi bisa dijadikan cambuk ya,,,pertanyaan saya" Masih relevankan tolak ukur rangking dikelas terhadap keberhasilan seseorang?
Bagaimana cara merubah sikap bpk... sehingga menjadi pribadi yg cemerlang
Jawab
Banyak orang yang beranggapan bahwa rangking di kelas itu pasti suatu saat juga aka sukses di kemudian hari", bagi saya itu ada probabilitas saya.... seperti roda yang berputar, kadang kita sukses, kadang kita gagal, kadang kita suram, kadang kita senang.... hidup hanya sebuah permainan. "Demikian juga Rangking, juara, prestasi, itu adalah predikat sesaat saja", saat kejadian, saat kompetisi, setelah berakhir kita akan kembali ke aktivitas harian yang biasa saja.... jadi bagi saya Keberhasilan seseorang ditentaukan oleh kontinuitas dia... jika memang dia, yang akan sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal, dan kematangan psikologis.

Jika ada anak yang rangking terus saat sekolah, namun karena faktor eksternal tidak mendukung dia tidak bisa sekolah di tingkat lanjut, orang tuanya broken home, meninggal atau sebab lain bisa jadi dia suatu saat gagal.  Maka keberhasilan orang, banyak ditentukan bagaimana seseorang itu bisa adaptif dengan lingkungan disekitarnya, akan gaya belajarnya, kehidupan sosialnya, dukungan orang tua, munculnya kreatifitas, dan kolaborasi dll... yang tentu banyak faktor tidak hanya nilai ipa 10, nilai matematika 10, nilai bahasa 10 dll... itu hanya sebagian kecil dari proses keberhasilan seseorang kedepannya.

Maka saat di kelas jadilah sebagai seorang "Motivator yang bisa mengangkat motivasi siswa agar kelak dia bisa berhasil walaupun rangkin di kelasnya peringkat terakhir".

P7
Saya betul betul terinspirasi membaca blog bapak, ternyata bapak begitu telaten dan mencatat semua kegiatan dalam blog. pertanyaan saya bagaimana caranya agar apa yang kita lakukan itu betul betul fokus , padahal kesibukan Bapak sangat padat. terima kasih.

Jawaban atas pertanyaannya: kunci jawabannya sudah bapak dapet nih dari omjay.... menulislah setiap hari lihatlah apa yang akan terjadi... .itu kuncinya.... pak... saya setiap hari menjelang tidur meluangkan waktu menulis di blog saya pak... blog saya ada 4 yang: http://ciget.info, http://dutasains.ciget.info, http://apps.ciget.info dan http://inobel.id . Saat menulis banyak yang tipo tidak apa pak nanti saat dibaca kembali baru diperbaiki.

Meluangkan waktu sesaat untuk menulis aktivitas setiap hari.

P8

1.bagaimana mempertahankan agar ide menulis tetap muncul karena kadang kita mengalami krisis ide, tidak percaya diri pada hasil tulisan kita. 
2. Setelah membaca pengalaman hidup bapak, saya terkesan bagaimana bapak bisa bangkit dari bawah hingga bisa menjadi bintang,apa yg memotivasi sehingga bisa seperti sekarang ini?
Jawab
1. Ide menulis akan tetap muncul jika kita sering membaca, berbagai pengalaman, berbagi masalah, dan juga sering mengamati karya-karya rekan guru lain baik lewat media online, blog, dlsb Kemudian bisa diawali dengan ATM, kemudian setelah terbiasa munculkan ide dan gagasan dari  masalah yang ada di sekitar kita saat mengajar, pasti masalah setiap tahun akan muncul yang berbeda-beda itu bisa digunakan sebagai sumber inspirasi kita.

2. Untuk memunculkan motivasi berprestasi maka yang diperlukan adalah Cari model inspirator, bisa dari KS, rekan guru yang sukses, Ketua MGMP, atau orang disekitar kita yang sukses dan tentu belajar dari mereka hal itulah yang saya dapatkan saat simposium tahun 2006 saya bisa belajar dari hampir 80 orang guru sukses di era itu dari 5 kabupaten di DIY, dan semua mapel ada. Suatu saat akan muncul keinginan 
berprestasi seperti yang mereka lakukan.
Lakukanlah secara kontinyu.....

P9
1. Apa yg mmbuat BPK berubah saat mlnjutkan studi ke S2? Padahal hampir DO (IPK TDK mencapai 2)
2. Latar belakang ilmu BPK apa ya?

Jawab.
1. Saya S1 Pendidikan Fisika, S2, Teknologi Pembelajaran (Kuliah 11 tahun ... masuk 1995 - 2006 Wisuda S2). ... Saat S1 Saya full di kegiatan HMJ, Kemudian di Senat Fakultas, dan juga mengembangkan bisnis Sablon sehingga tidak banyak waktu untuk istirahat sementara kuliah dan hobbi (sablon : disain, cetak, komposisi dll) berbeda jauh. Kemudian saat masuk S2 Teknologi Pembelajaran Semua hobbi dan pekerjaan di industri sablon sangat berpengaruh sekali seperti disain Multimedia Pembelajaran Interaktif, desain cover, desain sampul, pengebangan website dan lain -lain sejalan dengan hobbi di dunia percetakan sehingga saat kuliah bisa menapatkan nilai yang sempurna karena belajar, bekerja sudah singkron.

P10
1. Apa hikmah dari kegagalan di awal kemudian terjadi titik balik yg dpt disampaikan untuk memotivasi siswa?
2. Bagaimana sebaiknya pembelajaran dilaksanakan di masa pandemi menurut Bapak agar siswa fokus dan semangat?

Jawab
1. Hikmak kegagalan yang saya alami bisa saya manfaatkan untuk siswa yang motivasinya kurang terlebih mereka minder merasa kurang pintar dan lain-lian, sehingga saya bisa menjadi model contoh gagal di awal dan berhasil mendapat prestasi di dunia pekerjaan yang saya geluti. intinya adalah setiap orang punya kekuatan dan kehebatan masing-masing sesuai dengan bidang dan keahlian serta hobinya masing-masing. Dan keberhasilan ditentukan oleh seberapa besar usaha yang telah meraka lakukan, semakin berusaha keras insyallah suatu saat akan menikmatik hasilnya, jika masih gagal berarti banyak orang yang lebih lama meluangkan waktunya, dan lebih disiplin.

2. Untuk melakukan pembelajarna di masa pandemik agar siswa fokus dan semangat adalah bapak ibu guru harus benar-benar melakuan analisis kebutuhan siswa, baik dari sisi alat, kemampuan dan juga sarana dan prasarana yang dimiliki. Untuk memotivasi tetap menjaga semangat anak adalah terus memompa semangat pada mereka bahwa kejadian ini terjadi di seluruh dunia. selain itu untuk menjaga semangat anak perlu adanya pendampingan secara psikologis dan juga bakan dan minat anak. sehingga guru bisa memberikan materi, metode dan alat yang tepat yang bisa menjangkau anak kita.

P11
1. Moment apa yang menyebabkan bangkit dari malas dan keterpurukan ketika kuliah di S2
2. Jenis praktikum apa saja dan media apa yg dibuat kolaborasi dengan siswa.
3. Apakah bapak sudah bikin aplikasi seperti di laboratorium Maya di rumah belajar itu ?
Jawab 


1. Saat S2 menemukan pembelajaran yang sesuai dengan hobbi dan pekerjaan sehari-hari sehingga selalu bisa maksimal dalam mengerjakan tugas. 

2. http://ciget.info/?p=2964 bisa dilihat di presentasi saya saat presentasi jari guru inovatif 2020, itu banyak kolaborasi dengan siswa antara lain mengembangkan aplikasi android dan multimedia pembelajaran berbasis web. juga berbagai projek praktikum ipa.

3. Untuk saat ini aplikasi yang saya buat baru sebatas MPI, Video Tutorial, Aplikasi kepegawaian. Sementara untuk Lab Maya, saya belum pernah buat. (susah scriptnya).

P12
Luar biasa kiprah Bapak sehingga memang Bapak sosok yang layak sebagai guru inspiratif.
Kalo boleh tahu Karya Inovatif apa yang membawa bapak berhasil dalam ajang lomba tahun ini?

Jawaban ada di http://ciget.info/?p=2964  ini bu... saya mengembangkan aplikasi android, MPI, Web pribadi, Web Sekolah (16 Website), dan sekarang baru riset pembuatan aplikasi android dengan server google sites dan mendapat grant dari seaqis.

P13
1. Pada saat laptop kena bitcloker, mgkin semua informasi/bahan2 yg akan di sampaikan hilang. Lalu usaha apa yg bisa dilakukan pada saat itu sehingga kegiatan bisa berjalan baik?

2. Apa yg melatarbelakangi mengikuti semua kegiatan tsb sampai sukses?

3. Cita2 apalagi yg ingin di raih di tahun2 berikutnya?

Jawab 
1. Saat laptop KO, yang saya lakukan adalah pasrah diri, berdoa, menemukan semangat kembali..... kemudian mengganti Hardisk sehingga laptop bisa digunakan kembali terus menyusun essay masa lalu, saat ini, dan masa yang akan datang sesuai dengan buku panduan (data bisa dilihat dari web http://ciget.info (senjata saya tinggal ini), dan menscane kembali semua berkas yang dibutuhkan. 

2. yang melatar belakangi mengikuti kegiatan sampai sukses adalah: bersungguh-sungguh dan luangkan waktu maksimal... serta berpikiran positif jika gagal masih bisa jadi karya.

3. Cita-cita di tahun berikutnya: saya jadi guru yang baik, tetap belajar, dan bisa berkarya secara kontinyu, serta terus menginspirasi siswa dan guru disekitar saya untuk bisa berkembang bersama.

P14
Bagaimana caranya agar bisa juara di Inobel. Saya tahun 2015 dan 2016 hanya sbg finalis.

Jawab
saya belum pernah ikut inobel di tahun 2009 entah namanya apa pada saat itu bu... saya gagal tidak juara mungkin peringkat terakhir... hhh. Dan Berhasil jadi salah satu 5 besar di tahun ini dikarenakan saya tertarik dengan inovasi dan selalu berusaha melakukan inovasi baru..... untuk jadi juara maka : lakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan di sekitar kita, dan inovasi itu bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh orang banyak.

Penutup 

Bapak ibu semua adalah orang-orang hebat yang selalu ingin belajar, belajar, dan belajar. maka bekerja samalah dengan orang lain dan bagikan ilmu bapak ibu pada orang lain InsyaAllah berkah. Prestasi bukanlah suatu tujuan namun prestasi akan didapatkan oleh setiap orang yang telah bekerja dengan maksimal dan terus berusaha memperbaiki diri setiap saat. Prestasi yang paling utama bukan ditunjukkan oleh predikat-predikat yang kita sandang nampun prestasi yang hakiki adalah bagaimana kita bisa menjadi sosok yang bisa menginspirasi anak didik kita sehingga suatu saat mereka akan sukses dalam bidangnya masing-masing. Terima kasih jika ada salah mohon maaf teruslah belajar, berkolaborasi, dan berbagi, teruslah kembangkan blog bapak ibu dengan menulis setiap hari dan itu sudah menunjukkan bapak ibu sudah berinovasi.


2 komentar: