Selasa, 24 November 2020

Pak Guru Martani

sumber  ilustrasi: tribunnews.com

Pagi  pagi setelah  pulang dari Masjid  untuk sholat subuh Pak Guru  Martini  segera  masuk rumah , walaupun di rumahnya  juga terasa  dingin.  Setidaknya  sudah  tidak  kehujanan  lagi. Karena  pagi itu hujannya masih  belum reda. Rintik rintiknya  masih  menatap genting yang sudah  waktunya  direhab.

Kemudian  mengambil  Al Qur'an,  dan dibukanya  batas baca kemarin,  dan dilanjutkan bacaan kemarin.  Seperti  itu  kebiasaan  diawal  hari. 
"Ini  Kang  Jaseku-nya". Istrinya  menaruh  minuman  yang terbuat  dari jàhe sereh,  kunir dan madu  itu. Dalam  keluarga  ini memepercayai  bahwa  minuman  ini  bisa  mencegah  korona.

Pagi  ini  merupakan hari  yang istimewa  buat Pak Guru Martani,  karena hari ini hari guru nasional.  Nanti  jam 07.00 di sekolahnya  diadakan upacara peringatan  HUT PGRI ke 75. Dan Pak Martani  mendapatkan  tugas sebagai  Pemimpin  Upacara.  Semua  petugas  upacara  ini adalah  guru. 

Pukul  06.15 sudah sampai  di sekolah,  walaupun  sepeda motornya  paling  jelek  akan tetapi  kedatangannya  selalu  paling awal. Lebih lebih  kemarin  di rekeningnya  sudah  masuk  BSU 1,8 juta. Angka yang tinggi  di angan  angannya.  Pak Martani masih GTT  sudah 12 tahun  belum diangkat.  Hidupnya  sederhana. Akan tetapi  tidak  kalah semangatnya  dalam mengajar  dan mendidik  murid muridnya.  

Setiap  bel  masuk dibunyikan,  segera dia beranjak  dari duduknya dan menuju  kelas binaanya. Kadang  kadang  membuat  yang lain gerah.  Tapi  tidak menjadi  masalah  baginya.  Dia memang  tipe guru  yang iklas dalam  melaksanakan  tugasnya. 

Teng teng teng,  teng  teng  teng, teng teng teng,  tanda bel  berkumpul  upacara  dibunyikan,  maka segera  mengambil sikap  untuk  mengatur  anak anak  agar barisannya  tertata  baik.

Kepala  Sekolah sebagai pembina upacara  membacakan sambutan  ketua  PGRI , bu Unifah Rosyidi. Pak Martani mendengarkan dengan seksama  sambil  berharap semoga  para  guru  honorer  ini  diperjuangkan  oleh  organisasi  guru tertua ini agar segera  diangkat  menjadi  PNS.

Memang menjadi  PNS adalah  cita-citanya  sejak  kecil,  dalam hati  dia berjanji  kalau  diangkat  PNS,  dia akan lebih  sregep lagi dalam melaksanakan tugasnya. 
Selesai  melaksanakan  upacara  diadakan  syukuran  selamatan,  diawali  dengan doa yang dipimpin  Pak Dahlan  guru  Agama.
Kemudian  acara ramah ramah, makan makan. Tadi waktu  upacara  pandangannya  agak  berkurang kunang,  tanda  akan semaput,  karena belum sarapan. 
                             ***
Saat  ini  dia ikut  ngurus mau ikut  tes pengangkatan PPPK, anak dan istrinya  ikut  mendoakan  semoga  lolos,  yang berarti  akan ada perubahan nasib.

Sementara  ini istrinya  membantu  perekonomian  keluarga  dengan membuka  loundry,  lumayan  membuat  dapur selalu  mengepul setiap  hari.
"Kang nanti  bantu setrika  ya, aq kurang enak badan." Harusnya  istrinya  ini istirahat,  karena beberapa  hari bilang kalau  kepalanya  agak pusing. 

Pusing itu  letaknya  di kepala  tapi penyebabnya  banyak. Banyak hutang bisa pusing, vertigo bisa pusing, gak punya uang bisa pusing. darah rendah bisa pusing,  darah tinggi  bisa pusing, kekurangan  darah  bisa pusing. HB rendah bisa pusing.  Biasanya  yang terakhir  ini penyebabnya.  HB rendah. 

Kalau  di puskesmas  diberi  obat  dan vitamin,  biasanya  bu bidan menyarankan  untuk  makan dengan lauk  daging. Tapi  pak Martani  tak mampu membelikannya. 
Seperti  itulah  kehidupan itu  kadang ada orang  yang uangnya  banyak,  tapi  oleh dokter gak boleh  makan daging. 

Lebih lucu  lagi  ketika  makan apa saja masih boleh,makan  sate boleh,  tapi tak punya uang ,pada sat  sudah banyak  uang  malah tidak boleh makan sate  karena darah tinggi, kolesterol,  asam urat  dan lain-lain. 

Akhirnya  jalani saja  apa adanya,  yang penting  melakukan  yang terbaik  untuk  merubah  keadaan.  Keadaan itu  pada hakekatnya tetap, kitalah yang harus  merubahnya agar  menjadi  lebih baik,  begitu  yang diyakini  pak Martani. 

Kebetulan  di sekolahnya  ada tanah  kosong,  yang tidak  dimanfaatkan, Kepala Sekolah meminta  pak Martani untuk  mengurusnya,  kalau  ada hasilnya  silahkan  diambil  sendiri. 

Oleh  pak Martani  ditanami  sayur  kangkung,  setiap  seminggu  sekali  panen,  lumayan  bisa  menambah  keuangan keluarga. Begitulah  Pak Martani  menjalani  hari harinya,  walaupun  kondisi seperti  apa,  dia tetap  menerima  dengan ikhlas,  tidak pernah mengeluh, tetap bekerja dengan baik , tetap mendidik anak-anak  dengan semangat. Sebab  dia percaya, Tuhan tidak  pernah salah  meletakkan hambanya  pada posisi  yang sekarang,  sebab  itulah  cara Tuhan mendidik  hambanya menjadi  seperti  yang dikehendakinya. Selamat  hari  Guru, pak Martani......,   semoga  Tuhan selalu  menolongmu dalam sabar dan taat!. 

Magetan,  25 November  2020.











4 komentar:

  1. Aamiin...doa yg sama utk Pak Martani Pak Martani yg lainnya

    BalasHapus
  2. Pak Martani semoga tetap semangat tangguh dlm segalanya. Allah limpahkan kpd hambaNya tanpa tebang pilih. Srmua dicukupkan atas semuanya. Allah tdk akan memberikam suatu ujian diluar batas kemampuan hambaNya. Dilimpahkan rejeki juga diuji bgmn rasa syukurnya diberi kesempitan rejeki bgmn kita bersabar. Hanya orang yg berImanlah urusannya selalu menyenangkam. Disaat melimpah ruah kita bersyukur disaat sempit kita bersabar. Tidak ada yg tidak mungkin di dunia ini. Kalaulah Allah mengatakan Kun Fayakun jadi maka jadilah....mari selalu mendekatkan diri pada Allah supaya hati ini tenang. Ok sahabat terus berkarya ..tetap sehat semangat dan good luck

    BalasHapus