Senin, 16 November 2020

jamaah magrib

Saya tadi sholat  berjamaah magrib  di Kauman, masjidnya bersih, ada tanda jaga jarak antara  jemaah yang satu  dengan lainnya.  Rata rata jamaahnya usia 40 tahun ke atas, 80% mereka mengenakan masker, sebagai tanda  kedisiplinan dan ketaatan  nereka pada protokoler  kesehatan.

Memang seharusnya  orang Islam  itu  disiplin,  tidak abai terhadap  pandemi  seperti  sekarang ini.

Cerita  penularan  covid 19 sehari 5.444 ( JP. 16 Nopember  2020) bisa diartikan  sebagai  kurang disiplinnya  masyarakat  kita terhadap protokoler kesehatan. Kita betul  betul kecolongan lagi. 

Untuk  disiplin memang dibutuhkan  kesadaran dan kejujuran  yang baik. Mungkin  negara negara  maju,  dulu  juga butuh  waktu  untuk  memiliki  sikap  disiplin.  

Saya pikir  banyak  orang tahu  bahwa  disiplin  itu  buahnya  manis,  tapi  sedikit  orang  yang menyadari  dan mau menerapkan dalam kehidupan sehari hari.

Sebaliknya  tidak disiplin  itu  enak,  tapi buahnya  pahit,  risikonya  berat.  Dalam menghadapi  pandemi covid 19 ini kalau kita tidak memiliki  sikap  disiplin maka  akan memakan waktu yang lama untuk  selesai  dari  pandemi  ini.  Perjuangan  kita  menghadapi  pandemi  sudah  8 bulan,  tinggal  sedikit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar