Selasa, 17 November 2020

Menulis catatan perjalanan menjadi buku


sumber ilustrasi: www. pelatihanbelajarmenulis.blogspot.com

Malam ini kita diajak berbagi ilmu oleh penulis yang pernah  berkeliling  dunia di 70 negara dan 5 benua, beliau adalah Bapak Taufik Hidayat, S.E, S.Si, M.Si. Beliau adalah seorang dosen dan penulis buku. Taufik Hidayat memiliki nama pena, TAUFIK UIEKS.

Taufik akan banyak bercerita pengalamanya  menulis kisah perjalanan.
Sebagai contoh banyak kisah perjalanannya yang selain ada di blog juga ada di majalah seperti Intisari , majalah angkasa majalah colour Garuda dll.

Jadi dari suatu kisah perjalannan bisa menjelma menjadi tulisan berbentuk artikel atau bahkan buku .

Ini adalah beberapa buku karangan Taufik dengan nama  pena taufik uieks 
1 .Mengenbara ke masjid -masjid di pelosok dunia .. peniti media th 2015
2, 1001 Masjid di 5 benua  Mizan 2016
3. Jejak langkah menuju Baitullah jilid 1-3. Thn 2020
4. Tamasya ke Masa Depan 

Taufik menulis kisah perjalanan  dimulai sekitar thn 2004. Nanti ada buku berikut yaitu kisah perjalanannya ke Brunei merupakan kisah sejak 1997-2018 ..

Jadi dari perjalanan bisa jadi artikel .. 
1. Mengamati 
2. Membuat foto
3. Diskusi wawancara 
4 .Mencari informasi tambahan 
5. Mencari keunikan 
6 . Merangkum dalam tulisan

 Kita juga bisa bercerita berdasarkan foto yang ada . Mengingat kembali detail keadaan ruangan arsitektur bangunan dsb .. juga perhatikan siapa saja yang ada suasana di sekitar cuaca dsb.

Melakukan perjalanan apalagi ke mancanegara ada baiknya kita mengetahui juga sedikit banyak mengenai budaya,bahasa , kebiasaan dan sejarah tempat yang dituju.

Kita gunakan bahasa yang sederhana , simpel namun menarik disertai  foto foto yang relevan. 

Dalam tulisanya, Taufik juga sedikit memasukan dialog atau percakapan dalam bahasa lokal .. walau hanya bisa sedikit sedikit

Jadi, kita coba menciptakan semacam branding pada tulisan kita .
Ini akan membuat tulisan lebih menarik dan hidup. Lalu bagaimana menulis menjadi buku ? Pengalaman Taufik  menulis buku adalah kompilasi beberapa artikel dengan tema yang sama.

Misalnya mengenai perjalanan ke masjid masjid.  Tiap pergi ke suatu kota atau negara diusahakan mampir ke masjid. Kemuduan di mtukis kisah perjalanannya.

Satu demi satu artikel mengenai masjid dikumpulkan dan kalau sudah banyak bisa menjadi buku.
Jadi pada awalnya  memang tidak menyangka bisa jadi buku .

Setiap mampir diusahakan difoto dan kemudian ditulis artikel mengenai masjid itu.
Tidak mudah yah di luar negri kadang kadang mencari majsid.

Ada yang gampang ada yang susah.
Salah satu yang susah adalah di Athena Yunani .
Dimana akhirnya menemukan sebuah masjid rahasia di bawah tanah dan bahkan menjadi marbot.

Motivasi sukses terutama menulis?
Dengan mimpi dan keinginan kuat kita akhirny bisa .  Sejak SMA dia  juga sangat mengagumi banyak penulis, banyak membaca tulisan Leo Tolstoy Ernest Hemingway dll kalau Indonesia Taufik mengagumi   buku  Pramoedya Anna’ya Toer ..  Mimpinya suatu saat bisa menulis buku .. walau belum bisa seperti mereka .. menulis itu dimulai dengan membaca.

Motivasi Ini adalah keinginan kita untuk selalu maju dan lebih baik dari sebelumnya. Taufik  sendiri  kalau dipikir sejak kecil belum pernah naik peswaat terbang, hingga tamat SMA juga belum pernah . Tapi sejak SMA suka menghafal peta buta dunia . Taufik menghafal negara bagian Amerika . Republik di Uni Soviet dengan harapan suatu saat bisa kesana .. siapa sangka thn 1989 dia bisa ke Amerika dan tahun 2008 bisa ke Rusia walau Uni Soviet sudah tidak ada Dia bisa  berkunjung negara Elsi Soviet seperti Georgia Latvia Azerbaijan Armenia Belarus Latvia dll

Dari stiap perjalanan perjalanan bisa jadi artikel, Lalu bagaimana cara mengamati dari
hasil membuat foto  sehingga jadi tulisan yang enak di baca dan menarik.

Dari sebuah foto kita bisa mengenang kembali keadaan sewaktu kita disana . Kita gambarkan situasinya keadaan sekitar atau bangunan yang kita amati . Lalu kita tuangkan dalam tulisan .

Dalam buku masjid  , digambarkan misalnya suasana riang sholat mimbar nya mihrabnya sajadah dan karpet nya dinding nya langit langitnya . Orang yg sedang sholat .  Bisa juga isi khotbah dll ...

Supaya jadi enak dan menarik itu tergantung gaya bahasa yg dipakai .. jangan monoton gunakan teknik teknik menulis .. kadang kadang pakai flash back.

Dari satu foto saja bisa jadi satu halaman
Pada tulisan mengani makam jendral muslim nasionalis di Taipei . Dimulai dari tertidur di kursi makam , kemudian terbangun dan kemudian mulai dari perjalanan naik taksi menuju  makam...  kemudian lukiskan sepinya suasana pemakaman arsitektur muslem tulisan arab dan Cina yg ada di pusara . Kutip tulisan yang ada cari tahu sejarah dsb.. dari berkunjung ke makam kita bisa belajar sejarah bahwa banyak jendral muslim yang ikut Chiang Kai Shek ke Taiwan waktu Tiongkok dikuasai komunis . Bahkan jendral Bai ini jadi menteri pertahanan Republik Tiongkok .

Asyik sekali bisa jalan jalan  dan menghasilkan buku sekaligus. 
Apa saja yg perlu kita ceritakan kepada pembaca ketika kita mendeskripsikan suatu tempat sehingga pembaca tertarik termasuk misalnya wisata lokal. 
1, Keunikan tempat wisata tersebut ..
Apa tujuan menulis ? Tujuannya bukan promosi . Khan  gak dibayar he he .. walau kadang kadang diminta menulis untuk promosi itu lain lagi yah... 
tujuan utamanya lebih untuk kemanusiaan . Dengan menulis tempat tempat di mana negara kita bisa belajar bahwa manusia dimana saja sama saja . Ada yg baik dan buruk. Mata hati kita jadi lebih terbuka atas keberagaman manusia ..
Kita tidka akan sombong membanggakan bahwa negri kita saja yg paling indah bahwa bangsa kita yg paling sopan makanan kita yg paling enak . Tapi kita akan lebih terbuka mengenai perbedaan budaya bahasa seni dan lain lain... 
bahkan dari berkunjung ke kuburan kita bisa belajar sejarah dan budaya suatu bangsa ..

Dalam menulis kisah perjalanan  jangan cuma panduan perjalanan saja,  kurang menggigit . Mungkin bisa diperkaya  tulisan nya mengenai tempat wistaa dengan sejarah nya keunikannya kulinernya budaya bahasa setempat . Tambahi juga dengan bumbu misteri misalnya air nirmada yg bisa bikin awet muda he he ... seperti itu.

Tidak semua orang harus memiliki  keberuntungan  yang sama,  jadi temukan kelebihan diri kita masing masing

Tidak semua orang memang seberuntung Taufik  yang bisa mengembara ke manca negara dan juga di Indonesia .. Tapi setiap kita  pasti punya kelebihan mungkin di bidang lain. Bisa bidang kuliner fashion atau apa saja sesuai hobby . Nah kalau mau jadi penulis yang baik, tulislah yg kita kuasai  dan  senangi .

Bagaimana cara mengatasi kesulitan? 
Menurut  Taufik semua yang pertama memang sulit .. namun dia memang sudah suka menulis sejak sekolah .. sejak mahasiswa sudah beberapa kali menulis di majalah kampus ... 
nah kalau artikel tentu yang pertama  lebih susah dan yg berikut akan biasa .

Penutup. 
Karena kita membahas tentang perjalanan maka  pernyataan Taufik juga  tentang perjalanan. 
Mottonya , Hidup adalah suatu perjalanaan .. karena itu  kita harus selalu siap akan kejutan kejutan nya yang nikmat.  
Teirmakasih telah bersama sua malam ini. 
Semoga apa yg disampaikan dapat bermanfaat untuk baik ibu samma.
Yang penting adalah kita semua harus tetap optimis dalam keadaan sesulit apapun juga ... 
sewaktu kecil Taufik  juga tidak membayangkan bisa pergi kemana mana . Namun dengan mimpi dan keinginan akhirnya kita bisa.
Kalau Taufik  bisa , bapak ibu semua juga pasti bisa .!
Ayo semangat .
Selamat malam dan Wassalamualaikum  warahmatulahi wabarakatuh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar