Senin, 02 November 2020

Belajar menulis bersama Joko Irawan Mumpuni

Joko Iran Mumpuni adalah Direktur  Penerbitan,  penerbit  Andi Yogyakarta.  

Joko  banyak melihat para guru yang hebat ini telah mumpuni menulis tetapi karena kurang gaulnya dengan penerbit sehingga tidak tahu naskah seperti apa yang dimaui penerbit.

Pertama kali belajar menulis  sejak kelas 1 SD, yang mengajarinya nulis adalah Guru SD. Jadi sekarang  malu jika dikatakan akan mengajari guru-guru yang hebat ini untuk menulis.

Joko  berharap penulis tahu  jenis buku  apa yang dibutuhkan  di  pasar  dan berorientasi  ke sana. 

Menurutnya buku  teks perguruan tinggi lebih banyak variannya  dari  pada sekolah menengah  ke bawah. 
Menulis buku  bisa seorang diri atau gabungan dengan penulis lain  atau gabungan antar lembaga,  sehingga  asumsinya  lembaga  yang bergabung itu  nanti  yang beli buku.  Atau kerjasama antara penerbit  Andi  dengan lembaga lain.  Jadi kecuali  buku itu  dipakai di lembaga tersebut  juga dipasarkan  oleh penerbit  Andi.  Sehingga  setiap  tahun  sudah jelas  buku  itu  ada pembelinya. 

Joko menjelaskan bahwa pihak  yang terkait  dengan penerbitan itu banyak sekali, biasanya  lembaga. Penulis itu hidupnya sangat  penting bagi  kehidupan  orang lain. Apabila  satu  judul buku saja bisa diterbitkan  oleh penerbit  mayor seperti penerbit Andi misalnya,  maka kegiatan ekonominya berjalan  luar biasa. Artinya banyak orang  yang mendapatkan  pekerjaan, banyak orang bisa menyekolahkan anaknya,  bisa jalan jalan, piknik bersama keluarganya. Artinya  penulis itu  orang yang paling mulia, tidak kalah mulianya  dengan jabatan  lain. Ia menghidupi banyak orang,  maka upahnya  besuk  di surga,  maka berusahalah  untuk  bisa diterbitkan  oleh penerbit  mayor.  

Di Indonesia  itu tingkatan  literasinya masih rendah,  ini mempengaruhi  industri  penerbitan.  Ini dipengaruhi  budaya  literasi  kita. Kebanyakan  minat  baca kita rendah,  minat  tulis bangsa kita ya kurang, kita lebih tinggi  minat  ngobrolnya, minat bicaranya dari pada minat nulis,  di arisan,  di tukang sayur  kalau sedang bicara ngecipris bicara panjang lebar. Oleh karena  itu  tulislah karena materinya  kita sudah punya banyak  sekali. 

Joko menggambarkan Proses  naskah sejak dari penulis samapai di toko buku, làngkah awal naskah q dikirimkan ke penerbit,  oleh penerbit  dipelajari untuk  kemungkinan penerbitannya, hanya ada dua jawaban,  1 diterima,  2 ditolak. Kalau ditolak àrtinya dikembalikan ke penulis.  Kalau  diterima  seluruh biaya penerbitan  ditanggung penerbit. Termasuk royalti yang akan  ditransfer  tiap 6 bulan sekali.  Penerbit  memberi tahu bahwa buku itu akan diterbitkan,  mohon  dikirimkan naskah lengkap ke penerbit  dan penulis menandatangani  perjanjian penerbitan ,  kemudian dibuat desain cover, dan desain naskah. Di setting sesuai ukuran kertas  oleh penerbit Andi.  
Kemudian ada yang disebut dengan  Dami. Dami  adalah naskah  buku  yang  sudah diedit  dikirimkan ke penulis untuk  dikoreksi  kemudian dikirimkan ke penerbit  lagi  untuk  dicetak  dan diedarkan  ke seluruh Indonesia. 

Cara memilih penerbit  yang baik. 
Ciri cirinya adalah sebagai  berikut:

1. Memiliki visi misi yang jelas.
2. Memiliki  bussines core lini produk  tertentu 
3. Pengalaman penerbit 
4. Jaringan pemasaran
5. Memiliki  percetakan  sendiri agar tidak mudah dibajak oleh  orang lain.
6. Keberanian  mencetak  jumlah eksemplar. 
7. Kejujuran  Dalam pembayaran  royalti. 
carilah penerbit yang jujur,  banyak dibayar  banyak,  sedikit banyak dibayar  sedikit. 



Sebetulnya penerbit itu memutuskan  naskah diterbitkan atau tidak itu  adalah
1. Editorial bobotnya 10%
2. Peluang  potensi pasar  bobotnya 50 sd 100 %
3. Keilmuan bobotnya 30%
4. Reputasi  penulis   bobotnya 10 sd 100%.

Pramudya  Ananta Tour menulis, "Tahukah kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun, Karena kau menulis, Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi sampai  jauh,  jauh dikemudian hari...."  Pram 06/02/2006


Apa yang diperoleh  penulis?
1. Kepuasan , ketika bapak  ibu jalan jalan  di toko buku  di situ  tercantum  nama Bapak Ibu.
2. Reputasi. Biasanya  setelah diterbitkan  penerbit  mayor,  menjadi  terkenal kemana-mana. Akhirnya  di undang menjadi narasumber.
3. Karir  juga akan meningkat,  karena menjadi salah satu  komponen  kenaikan pangkat guru.
4. Uang. Apapun alasannya  kalau buku itu  terbit,  laku,  maka penulis ini dapat  royalti  dari  penerbit.


Naskah yang diterima  penerbit 
Tema tidak  populer  tetapi penulis populer. 
Tema populer  penulisnya populer 
Tema tak populer  penulisnya juga tidak populer 
Tema populer  penulisnya  tak populer.  
Tema yang populer  bisa dilihat dicek di  gogle trend. Melalui  Google  trend  dicari  trendingnya dengan kata pemasaran. Tidak pernah  menuju  titik nadhir  yang tidak bangkit  lagi. Pasti  diterbitkan. 

Ciri naskah buku yang baik menurut Joko adalah meiliki tema tema konten yng sedang trending, untuk mengeceknya bisa dengan Google Trend, dicoba ya... Nah semasa Pandemi ini memang ada tema-tema yg cenderung mati ada juga yang malah cenderung naik.. seperti:

Perhatikan gambar2 itu ada sekitar 40 bidang yang surut atau mati, tetapi ada 100 bidang baru yang naik.. nah pilih 100 thema bidang bidang tersebut.

Standar tulisan yang diterima penerbit andi, supaya sekali mengajukan bisa diterbitakn 
Harus punya daya juang yang tinggi. Jangan takut ditolak, Penerbit di Indonesia itu ada 1000 lebih jadi kalau ditolak di satu penerbit bisa dikirimkan ke penerbit lain.. hehe.. ditolak, perbaiki, ditolak buat lagi... kirim lagi... sampai diterima, seperti cowok  dulu mengejar ngejar gadis idamannya....

Bagaimana cara tulisan kita mudah diterima oleh penerbit dan pembaca?
Perlu jam terbang membaca, dan jam terbang menulis.. dimulai ya  sekarang  ya.

Bagaimana cara mengetahui buku hasil dari plagiat atau tidak? 
Banyak Software yg bisa dipakai untuk menfecek Plagiasi.
Jangan takut terjebak ke Plagiasai ya, tidak ada naskah buku yang dutulis tanpa referensi buku yang lain, kecuali naskah buku fiski. Selama kita mengikuti gaya selingkung yang berlaku pasti kita tidak akan dituduh sebagai plagiator. MENULIS SATU JUDUL BUKU HANYA DENGAN REFERENSI SATU JUDUL BUKU YANG LAIN DISEBUT PLAGIATOR, TETAPI JIKA MENULIS SATU JUDUL BUKU DENGAN REFERENSI DARI BANYAK JUDUL BUKU YANG LAIN DISEBUT RISET.

Jika  penulis ingin mengirimkan  naskah ke ANDI tatacaranya bisa dilihat di www.andipublisher.com

Bagaimana caranya agar buku kita menjadi best seller?
Banyak Berdoa, minta petunjuk dan keberuntungan dari Tuhan, pilih tema-tema yang sedang ngetrend.

Mana yang lebih menguntungkan, menerbitkan di penerbit mayor atau indie ?

Dipenerbit mayor kita nggak perlu mengeluarkan modal, tetapi persaingan ketat. di penerbit Indie pasti naskah diterima dan diterbitkan asalkan ada modalnya..

Apa yg menyebabkan  kesan bahwa penerbit mayor susah ditembus apalagi oleh penulis pemula? Apakah memang benar kesan tersebut atau tidak?
Itu hanya kesan atau kebenaran tergantung cara pandang kita, di ANDI setiap bulan ada 300 sd 500 naskah masuk, yang diterima untuk diterbitkan hanya 40 judul saja. Bagaimana mengartikan data tersebut.. Jadilah pejuang tangguh..

Tips supaya penulis bisa tembus penerbit mayor termasuk penerbit ANDI adalah
Akrab dan sering ngobrol dengan orang orang penerbit mayor..

Apakah bisa hasil resume pelatihan ini jika dibukukan bisa diterima oleh penerbit ?
Kemungkinan selalu ada, tetunya dengan tambahan dari materi referensi dari sumber sumber lain. Disebut buku jika jumlah halaman minimal 150 halaman.

Bagaimana cara mencantumkan referensi dari internet ke daftar pustaka? 
Dulu pernah denger denger, kalau referensi dari internet tidak boleh, misal dari vikipedia dsb.

Boleh mencantumkan referensi dari Internet, informamasi yang wajib ikut dicantumkan adalah alamat situsnya, tanggal, jam, menit, detik saat diambil sebagai sumber. Saran pilih sumber dari situs situs terpercaya, jangan dari situs situs pribadi. 

Tentang  penulisan buku yg dilakukan dengan kerjasama perguruan tinggi. Apakah syarat sebuah perguruan tinggi untuk bisa bekerjasama dengan penerbit Andi ini? Dan apakah semua penerbit itu tergabung dalam IKAPI? 

Kampus tersebut harus sudah ada MoU dengan ANDI, apa syarat-syaratnya besuk kesempatan lain akan kami kirimkan/atau ibu akan dihubungi oleh staf kami yang mengursi MoU kampus.. ANDI adalah anggota IKAPI dan saya sendiri adalah Ketua I IKAPI DIY.

Demikian  kalau ada jarum yang patah
Jangan disimpan di dalam peti
Kalau ada kata yang salah
Mohon jangan disimpan dalam hati

Burung irian burung cendrawasih
Cukup sekian terima kasih

Magetan,  2 Nopember  2020





2 komentar: