Minggu, 22 November 2020

Keberkahan bersama hujan

Tadi malam (21 November  2010) hujannya lebat  sekali  seperti  disuntak dari langit hingga menjelang subuh bahkan sampai pukul 05.30 WIB,  alhamdulillah  tidak disertai angin kencang. Jalan  jalan sepi,  tak ada suara motor yang menderu.  

Dua hari  sebelumnya  yaitu  hari kamis malam, hujannya  juga lebat  bahkan disertai  angin kencang, sampài  ada dua pohon  besar  tumbang  di dekat  lapangan  Takeran,  hingga  menyebabkan jalur   lalulintas  dialihkan  untuk  beberapa saat  karena mengevakuasi pohon btersebut.

Hujan itu  termasuk  siklus  tahunan yang terjadi  di negara  kita,  dengan hujan  itu  kita senang  karena tumbuhan  bisa hidup  subur,  sawah  bisa ditanami  padi  dengan biaya  pengairan  gratis. Tetapi  sebenarnya  tidak  gratis,  akan tetapi  pemberian  dari Allah,  Tuhan Aza wajala.

Apakah  pemberian  Allah  itu  gratis. Menurut  saya tidak ada  yang gratis dalam  hidup  ini, apa  yang diberikan  Allah  kelak  akan  dituntut  tanggung jawabnya, apakah  kita mensyukuri atas nikmat  yang diberikan,  atau  abai  saja. 

Bagaimana kalau  misalnya  ada saudara  kita yang memberikan  sesuatu  kepada  kita dengan  gratis? Minimal  kita  harus berterima kasih.  Berterima kasih  kepada  sipemberi  dan berterima kasih kepadaTuhan yang telah menggerakkan  hambanya  memberikan  hadiah kepada kita. Tuhan pasti  membalas kebaikan  hambanya  tadi.

Hujan  kadang menimbulkan  rasa takut, takut  kalau  banjir,  apalagi  disertai  angin kencang,  apalagi  rumahnya  tidak kuat,  sudah reot,  tinggal  menunggu  hari  kapan ambruknya. Tahun lalu  rumahku  kena giliran,  sekitar  30 genting  melayang  dibawa angin. Tahun  sebelumnya  4 esbes  dibredel  angin kencang  hanya  dalam  waktu  5 detik.

Kadang  kadang saya  ingat  saudara kita yang  rumahnya di daerah  pegunungan,  atau  didekat  tebing  gunung,  kalau  hujan  deras  rawan terkena longsor. Beberapa  tahun lalu  di Kabupaten  Ponorogo  terkena  tanah  longsor hingga  menelan  puluhan kurban jiwa. 
Ada keberkahan  bersama hujan, antara  lain.
1. Disaat  hujan deras  itu termasuk istajabnya  doa, maka berdoalah mengenai  segala  hajat  dan keperluan  disaat  hujan deras. 
Imam an-Nawawi juga mengatakan, bahwa doa pada saat hujan tidak ditolak atau jarang ditolak karena pada saat itu tengah turun rahmat, khususnya curahan hujan pertama di awal musim. 

2. Apa yang kita tanam  bisa hidup  subur , maka saat  musim hujan  adalah  saatnya  menanam yang tiga bulan  kemudian  akan  membawa  panen.

3. Air  hujan  bisa digunakan  untuk  pembangkit  tenaga  listrik. Dengan melimpahnya air maka bisa memenuhi bendungan untuk  digunakan  pembangkit  listrik tenaga air. 

4. Air  hujan  bisa digunakan  untuk  air  minum. Dengan  kecanggihan  ilmu pengetahuan  dan teknologi,  airbhujan bisa ditampung  pada suatu tempat , dihilangkan  unsur  unsur  yang  tidak baik  untuk  dikonsumsi  langsung.

5. Air  hujan  menjadi kelangsungan hidup bagi  manusia,  hewan,  binatang  dan tumbuh tumbuhan. 

Seperti ditegaskan dalam Alquran surah al-Anbiyaa ayat 30, bahwa dari air Allah menjadikan segala sesuatu yang hidup. Imam al-Baghawi menafsirkan dalam ayat tersebut, yakni "Kami menghidupkan segala sesuatu menjadi hidup dengan air yang turun dari langit, yaitu menghidupkan hewan, tanaman, dan pepohonan. Air hujan inilah sebab hidupnya segala sesuatu."

Apa yang sebaiknya  dilakukan  saat  hujan?
1. Berdiam diri  di rumah,  jangan keluar  rumah  disaat hujan  karena,  udara dingin  lebih lebih kalau berkendaraan, kadang  kadang  ada pohon  tumbang  atau  batang  ranting  yang patah,  kurang  beruntungnya  akan mengenai  kendaraan  kita. Jika  terpaksa sudah  dijalan maka kurangi  kecepatan kendaraan  anda, lebih aman  lagi  kalau  istirahat. 

2. Berdoa  di rumah. Karena saat hujan , saat  mustajabnya  doa.

Semoga  hujan tahun ini membawa  keberkahan untuk kita semua. Ada doa yang baik dibaca ketika hujan  turun;

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

“Allaahumma Shayyiban Naafi’an”

Artinya:
Ya Allah, jadikanlah hujan ini sebagai hujan yang bermanfaat. ( HR. Bukhari no. 1032)

Kemudian jika hujan itu  disertai  angin  kencang  ada  baiknya kita berdoa;

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

“Allaahumma Inni As aluka Khairahaa Wa Khaira Maa Fiihaa Wa Khaira Maa Ursilat Bihii Wa A’uudzu Bika Min Syarrihaa Wa Syarri Maa Fiihaa Wa Syarri Maa Ursilat Bihi”

Artinya: Ya Allah, aku meminta kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada padanya, dan kebaikan yang angin ini diutus untuk bertiup kepadanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan angin ini, kejelekan yang ada padanya, dan kejelekan yang angin ini diutus untuk bertiup kepadanya. ( HR. Muslim no. 899)

Ini ikhtiar  yang bisa kita lakukan , selebihnya  kita bertawakkal pasrah  pada Allah,  memang  sifatnya  hamba  itu  banyak  dosa,  apes,  jelek,  dan bodoh. Tidak ada  yang sempurna,  kesempurnaan  hanyalah milik Allah.

Semoga  Allah  menjauhkan  balak, bencana, musibah, penyakit  tahun ini  dan seterusnya, sehingga  hati kita tenang  dalam  bersujud kepada-Nya. Aamiin. 

Magetan,  22 November  2020 



Sumber  bacaan: republika.co.id, 22 Nopember  2020:19.55




5 komentar:

  1. Barakallah dengan tulisannya pak. Terima kasih banyak sda saling ingat mengingakan🙏

    BalasHapus
  2. Betul sekali hujan adalah Rahmat yg Allah berikan kpd hambanNya utk bisa mensyukuribkrn hujan tiba tanah jd subur tanaman jd tumbuh hijau paparan tetanaman bak permadani hihau. Jikalau banjir jen debit air yg nelampui batas ambang itu krn olah tingkah manusia itu sendiri. Turunnya hujan banyak yg menanti.....terkadang nanusia lupa dr Nikmat Allah yg dikirim utk kita...terima kasih sahabat literasinya cukup baik membuka cakrawala kehiduoan yg sebantiasa terus berubah berjalan dr detik ke menit dr jam ke hari kmdn bulan berubah tahun. Itulah Roda Kehidupan kesempatan hidup terus berkurang walau hakekat umur yg kita jalani bertambah. Namun intinya berkuranglah kesempatan hidu kita. Tetap berkarya terus maju dan sehat penuh Rahmat...good luck sahabatku....

    BalasHapus