Senin, 30 November 2020

Mudahnya menjadi penulis buku


              Oleh : Suparno Muhammad 
Judul buku : Jurus Jitu Menjadi Penulis Andal
Pengarang: Mukminin,S.Pd, M.Pd
Penerbit: Kamila Press
Ceritakan: ke 1
Tebal buku: 160 halaman
Harga: 65.000

Membaca buku yang diberi pengantar  Dr. Ngainun Naim  seorang dosen IAIN Tulungagung  ini menarik sekali.  Bahasanya enak di konsumsi mudah dipahami. 
Saya sendiri  belum  pernah  bertemu  dengan  guru  kreatif  di SMP  Lamongan ini,  tetapi  sudah  kenal  lewat  grup  menulis,  bahkan  saya  pernah  mengirimkan  naskah  saya  untuk  dicetak  menjadi  buku. Buku  saya  berjudul  "Catatan Seorang Kepala Sekolah."

Jadi  beliau  selain  penulis,  juga penerbit  Indi  yang diberi  nama  Kamila Press. Sudah puluhan  buku  diterbitkannya.

Menurut penulis, semua orang bisa menulis  dan menerbitkan buku,  apapun profesinya, baik sebagai pelajar,  mahasiswa,  guru, dosen,  maupun  wiraswasta. Menulis  dan Menerbitkan Buku  itu  mudah , tidak serumit  apa  yang kita bayangkan,  Apalagi  sebagai seorang guru pasti bisa menulis  baik  fiksi  maupun karya ilmiah. 

Buku ini cocok  untuk  penulis pemula  yang masih bingung  ingin menulis dan menerbitkan  buku. 

Dalam buku  ini dikupas tuntas  tips menulis secara mudah.  Mulai dari  menulis tanpa  ide, menulis dalam kesibukan,  tips  menulis dengan cepat,  menulis artikel  di koran atau  majalah,  menulis di blog untuk  menerbitkan buku,  menulis buku  best  seller dan tips  menulis dan menerbitkan  buku  di penerbit  mayor  serta  cara  memasarkan buku,  dan lain-lain. 

Buku  Jurus Jitu  Menjadi  Penulis Andal  Bersama Pakar ini  adalah  hasil  kuliah daring  Bersama WA grup dalam  belajar  menulis,  yang diselenggarakan  PB PGRI  asuhan Omjay  dengan menghadirkan  narasumber   atau  para pakar menulis dan menerbitkan  buku.  Peserta  kuliah daring atau  online  dalam WA Grup  wajib mengikuti  minimal  20 kali  pertemuan,  bahkan  boleh menambah  10 kali pertemuan motivasi.  Setiap peserta  wajib memiliki  blog untuk  mempublikasikan  hasil  resume  setiap  pertemuan. 

Pada bagian 1 Penulis memotivasi  pembaca  untuk  menjadi  penulis  juga, Menurut Penulis,  menhkus adalah  pekerjaan  yang mudah,  betapa tidak  dari tulisan tulisan  itulah  pembaca  mendapat  pencerahan berupa  ilmu  pengetahuan  , motivasi  dan inspirasi yang vusa di manfaatkan  dan dipraktekkan. ( hal.1).

Pada bagian  3 penukis membuat  resume  ketika  mengikuti  kuliah online bersama narasumber  hebat Much. Khoiri,M.Pd (Master  Emco). Dalam konteks  menulis,  sesibuk  apapun  kita harus menulis.  Di dalam kesulitan  ada kemudahan,  dibalik  kesibukan  pasti ada kelonggaran , kita  harus menguasai. ( hal. 10). 

Dalam  resume  ini  dituliskan setiap  orang  pasti  sibuk,  akan  tetapi  bagi seorang  penulis  dia bisa mensiasati  untuk  senantiasa  dapat  menulis, dengan melakukan  pendidikan  diri untuk menulis,  tidak hanya  mendidik  orang lain. Dalam bagian ini  juga ditulis  tips  mensiasati  waktu  sibuk  untuk  dapat  menulis  dapat  dibaca  pada hal 12 s.d. 16.

Jika  anda belum  memiliki  blog, dalam buku  ini  disajikan juga cara membuat  blog yang dapat  anda baca pada hal  21 sd. 23. Mulai manfaat  blog hingga  langkah membuat  blog menurut  Dedi Dwitagama.

Penting  juga anda  baca di bagian 9. Pada bagian  ini pembaca dimotivasi  untuk   menulis  setiap  hari.  Jika  kita  menulis  setiap  hari  , maka kita akan sampai  pada titik  dimana  kualitas tulisan kita  akan sangat  menarik  bagi penerbit. (hal.37). Kita  tidak perlu  mendatangi  penerbit lagi. Mereka yang datang  pada  kita. 

Jika anda memiliki  banyak  artikel,  dalam buku  ini  disampaikan  tips  merubah artikel  menjadi  buku. (hal. 79 sd. 88). 

Kehadiran  buku  ini  cocok  dengan kebijakan  pemerintah  kaitanya  dengan literasi,  dengan membaca  buku ini  kita termotivasi  dan terbimbing  untuk  dapat  menulis.  

Untuk  itu  segera  baca dan miliki  buku  karya  Mukminin,  yang  juga sebagai narasumber  di WA Grup  menulis  di gelombang  berikutnya.  
Selamat  membaca!

Magetan,  30 November  2020















19 komentar:

  1. Betul Omjay luar biasa, Beliau hebat diberbagai bidang, beliau juga punya biro haji dan umroh

    BalasHapus
  2. Terima kasih Om Jay, para Narsum hebat dan Bapak Suparno Kepsek.Berprestasi sy penulis pemula di usia senja hrs byk belajar lagi.

    BalasHapus
  3. Sama saja Cak Inin saya juga 54 hehe, masih belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih podo SPG Ne "Long life education" ktnpelajaran peadagohik dulu

      Hapus
    2. Betul hahaha SPG is the best it century

      Hapus
  4. Bagus sekali pak Mukminin, sukses selalu pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA sama2 sukses heh su jg masih belajar Bu

      Hapus
  5. Balasan
    1. Silakan bisa dipesan Bun buku saya japri ya..081330944498

      Hapus
  6. terima kasih bu Ai Setiawati, tamuku banyak hehe

    BalasHapus
  7. Tetap semangat...dan selalu berkarya

    BalasHapus