Sabtu, 15 Mei 2021

Sowan Kyai

Hari ke 3 Idul fitri saya lewati  dalam sepi,  rumah-rumah sepi,  jalan-jalan sepi, karena ada larangan mudik. 

Silaturahmi  hanya  pada tetangga dekat  saja, demi keamanan  bersama.  

Kemarin ( 14 Mei 2021) aku Silaturahmi  ke Kyai Gun, sayang kami tidak bisa bertemu, beliau sakit. 
Hanya bu Nyai Nuning  yang menemui. 
Kyai Gun  gulanya naik, sampai 400 an,  kemudian berapa hari lagi  cek malah hanya 90. 
Menurut  putranya  yang di Ngawi, Kyai Gun baru saja jatuh. Kira-kira puasa  ke 25.
Semoga Kyai Gun segera sembuh. Biasanya  kalau bertemu  saya pasti ada saja yang diceritakan. 

Setelah proses sungkem,
Kami dipersilahkan  menthong. Menthong  itu  semacam makan ke dua. Kalau di desaku  namanya mindho. Makan kedua setelah makan siang. Biasaya  waktunya  jam 16.00. Dulu jam segitu  aku merasa lapar. Karena tidak ada  makanan lain  kecuali nasi.
Tidak ada jajanan,  tidak ada camilan  dan lain-lain.

Kami merasa seperti  cucu  sendiri,  kalau  ke sana  pasti  dipersilahkan  makan. Bagi saya bukan  perkara  lapar  atau  kenyang,  tapi masalah "keberkahan." Makan di rumah Kyai  itu  banyak keberkahan,  untuk  itu entah  sedikit  atau banyak  saya pasti makan.

Rasanya beda,  saya merasakan enak.  Barangkali  itu  salah  satu keberkahan. 

Saya ingat  teman-teman  saya ketika "meguru"  di sini, ada bu Juk ( Siti Juariah), Pak Giono dan bu Marsi, ada mas Wawan dan Andika. Ooo... ada yang lupa bu Bibit. Ibu yang satu ini perjuangannya luar  biasa,  walaupun  ada gangguan  pendengaran  tapi semangatnya luar biasa untuk  "diwejang  ngelmu hak satoriyah." 
Pak Waji dan Pak Nur  yang setia  mendampingi  kami. Beliau ini luar  biasa  termasuk  santri  "kinasih" nya bu Nyai. Di Malam hari  beliau  bercerita  tentang  Kyai Haji Abdurrohman  yang masa kecilnya dikenal sebagai Bagus Bancolono. Seorang putra  Kyai di Pacitan, yaitu Kyai Ahmadiyo.

Habis itu saya pamit pulang, kemudian   karena waktunya  salat  asar, saya mampir  di Masjid. Salat  di sini  memang beda,  rasanya  mak cles, sejuk  dihati,  tenang di kalbu,  damai di sanubari. 

Yang saya kagum,  masjid  sudah 200 tahun,  tapi masih megah  dalam kewibawaan. Tidak banyak  rehab  di dalamnya,  hanya  lantainya saja diganti  marmer. 

Nenek saya bercerita, masjid ini  pernah  di bom  oleh  tentara  Jepang,  tapi  tidak mempan,  bomnya "mejen", katanya.

Yah..., itu salah satu karomah,  karena  masjid  ini didirikan  oleh  wali,  yang " gede tirakate , bentur tapane". 

Selesai salat, saya pulang, ditemani  nyonya, bu Parno.  Saya nyopir  sambil  mendengarkan  alunan takbir  di radio Temboro. Saya fokus,  bu Parno  tentram hatinya  tak ada suara tak ada kata. Setelah  saya toleh ternyata  hes..... tidur, ya udah.


Magetan,  15 Mei 2021
 

7 komentar:

  1. Ha....ha....tertidurlah yg ada disampingnya krn capek anhang sana.
    Sip banget ceritanya memang jalan tampak lengang longgar dan polusi udara nyaris tidak terasa....

    Selamat beranjang sana semoga berkah utk kita yg menjalani...
    Kumpul kerabat dekat yg selaly terasa hangat.
    Selamat Idul Fitri 1442 H, semiga kita masih dipertemukan dgn Ramadhan tahun berikutnya.
    Sehat selalu Allah senantiasa melimpahkan Rahmat dan HidayahNya.

    BalasHapus