Minggu, 16 Mei 2021

Hafalan Qur'an di usia senja.

Gambar ilustrasi: Kiriman  sahabat 

Menfhafalkan Al Qur'an  di usia senja memang butuh perjuangan yang gigih. Tapi jangan mengatakan  sulit,  saya yakin kalau sungguh-sungguh  pasti  bisa. Kalau mengatakan  sulit  maka akan jadi sulit  beneran. 

Pagi setelah  subuh  menghafalkan  sampai  jam 06.00, hanya dapat 2 ayat. Kemudian pulang, alhamdulillah  di ruang tamu sudah disediakan jaseku oleh bu Parno. Kemudian saya sruput  hingga tetes terakhir. Di meja ruang  tamu banyak disediakan  jajanan  anak-anak  sebagai  suguhan lebaran,  tapi tak ada yang datang,  yah.... situasi  pandemi  membuat  berubah  segalanya.

Kemudian  ganti baju,  mau pergi  ke kebun,  melihat  perkembangan  alpukat  yang sudah 6 bulan saya tanam. Tidak lupa membawa cangkul,  pecok dan sabit. 

Kebunku  tidak jauh  hanya dibelakang rumah saja. Kebun  warisan  dari Ibu ini harus  saya rawat  dengan baik.  Semakin  sering dikunjungi  maka semakin  bersih  dan terawat. Selalu ingat  pesan Bapak, "kalau ingin  makan kenyang,  cangkulah  yang dalam". Begitu  katanya dulu  disaat aku membantu  mencangkul  di kebun. 

Di sekitar  alpukat  itu  saya cangkul  melingkar,  bahasa pertaniannya  "diipuk", anak kota pasti  tidak tahu  ini. Kalau sudah  ditaburi  pupuk  sedikit,  yang baik  pupuk  kandang. 

Selepas mencangkul ,  sambil  duduk  menenangkan nafas  mengingat-ingat  hafalan  Qur'an  tadi. Ya Allah sudah lupa. 
Sekarang  usiaku  sudah 54 tahun , mungkin  karena  sudah tidak muda lagi. Dulu  ketika  SMP  diberi  tugas hafalan  oleh Pak Guru,  mudah  sekali  menjalaninya. Tapi sekarang  butuh perjuangan. Selepas magrib,  menghafalkan lagi,  habis isak melihat  lagi, itu strategi saya menghafal. Kalau Anda bagaimana?

Mungkin  anda penasaran,  coba buka surat  Al Mulk  halaman  562, anda hafalkan. Hanya 30 ayat , tidak panjang sebenarnya. Mungkin  anda lebih  cerdas dari saya  sehingga  bisa hafal  lebih cepat. Jujur  saya harus berjuang  keras  untuk  fokus  menghafalkan. 

Gus Baha' menyanpaikan,   surat ini yang kelak  memperjuangkan  mati-matian  membela  kita  , agar kita tidak disiksa Malaikat.  Syaratnya  harus hafal. Bagaimana  tertarik  nggak?

Mengapa  kita menjadi  gampang lupa diusia  senja.
1. Banyak urusan dunia 
2. Banyak dosa 
3. Banyak  syaraf  otak  yang mulai  melemah  fungsinya.  

Menurut  saya itu sebabnya,  sedangkan anak kecil  yang mudah menghafal  Qur'an  disebabkan  belum banyak  urusan,  belum banyak  dosa  dan syaraf otaknya  masih  kuat. Tambah lagi dapat  doanya  orang tua  , mungkin  bapak atau  ibunya  , atau kakeknya  yang telah tiada pernah mendoakannya. 

Ketika  kecil  usia  kelas  2 SD saya hafal surat  Alfatihah , entah apa yang menyebabkan,  saya punya pemikiran  agar  saya hafal  surat  ini  terus,  maka saya mengerjakan  sholat dan pasti dibaca setiap salat. Jadi  mendirikan  salat  bukan karena  ketaatan  tapi agar hafalan saya  tidak hilang. Astagfirullah hal adhiim. Salah niatnya.

Tapi  ada hikmah  juga yang ada didalamnya , agar hafalam  surat dalam Alqur'an  yang telah kita hafal  tidak  lupa  atau tidak hilang  maka dibaca  pada saat  salat, yaitu  dibaca setelah  alfatihah.

Anak anak santri Tembiro, penghafal  Qur'an,  selalu  membacanya  pada saat salat  tarowih  hingga katam  sampai  pukul  03.00.

Kalau  saya nanti siangnya  ngantuk,  akhirnya  kerja  tidak maksimal,  untuk  itu  saya mengambil  yang 11 rakaat saja, jalani dengan khusuk,  tidak capek, tidak ngantuk.

Ya Allah  semoga  ini tidak  karena lemah iman,  tapi ingin menjalani  dengan pelan  tidak  keburu-buru. Ya Allah berilah  kekuatan  untuk  bisa salat  dengan bacaan  surat  yang panjang, dengan ikhlas dan kesadaran.

Kanjeng Nabi SAW kalau salat sendiri  sampai kakinya  bengkak, saking  lamanya. Tapi kalau  salat  berjamaah  lebih  pendek  bacaan  suratnya. 

Karena kekuatan  makmumnya berbeda-beda,  urusannya  berbeda-beda,  masalahnya  berbeda-beda.

Semoga pandemi  segera berlalu sehingga  bisa belajar  dan berbagi  ilmu. 

Wallohu  a'lam bi sawwab.


Magetan,  16 Mei 2021














5 komentar: