Jumat, 28 Mei 2021

Siwakku hilang lagi

Saya sangat  suka  pada benda ini, namanya siwak. Saya mengenal  benda ini sejak 1990. Benda ini di impor dari Saudi Arabia. 

Siwak atau miswak adalah batang atau ranting dari pohon arak (Salvador persica). Pohon yang termasuk dalam ketegori semak belukar ini banyak ditemui di wilayah Timur Tengah.

Apa Manfaatnya  benda ini?

Manfaat siwak adalah  untuk kesehatan gigi dan mulut. Salah satunya adalah untuk mencegah gigi berlubang. Tak heran jika tradisi bersiwak (membersihkan gigi dengan siwak) masih cukup populer di negara Timur Tengah dan beberapa negara Afrika.

Ada banyak kandungan alami di dalam siwak yang diyakini mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut, di antaranya alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride. Di samping itu, siwak juga mengandung bahan alami lain, seperti vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin.

Kecuali itu bagi orang Muslim benda ini manfaatnya  dipakai  untuk  menggosok gigi  sebelum sholat  atau membaca  Al-Qur’an.  
Orang  yang memakai  siwak kemudian sholat  2 rokaat  maka pahalanya  lebih baik  daripada sholat  70 rokaat.


قال النبي صلى الله عليه وسلم: {رَكْعَتَانِ بِسِوَاكٍ خَيْرٌ مِنْ سَبْعِينَ رَكْعَةً بِغَيْرِ سِوَاكٍ}.

Nabi saw. bersabda, “Dua rakaat dengan bersiwak lebih baik dari pada tujuh puluh rakaat dengan tanpa bersiwak.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ad-Daruquthi dari shahabat Ummu Darda’ dengan sanad Hasan.

Siapa yang oernah shalat  70 brakaat? Saya pikir  berat.  Tetapi  dengan strategi memakai benda ini  maka akan mendapatkan  pahala  lebih baik  dari sholat  70 rakaat. 

Ada lagi yang menjadi  motivasi  bagi saya untuk  memakai  benda ini.

وقال صلى الله عليه وسلم: {تَسَوَّكُوا فإنَّ السِّوَاك مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ}.

Nabi saw. bersabda, “Bersiwaklah kalian, karena sungguh siwak itu mensucikan mulut dan diridhai Tuhan.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ibnu Majah dari shahabat Abu Umamah. 

Memang  bagi  orang-orang  modern  memakai  siwak  kelihatan  aneh.  Tapi kalau  mengetahui  ilmunya  maka sangat  menyukai  benda ini. 

Saya sering kehilangan benda  ini, saya merasa  sedih sekali. "Nah pasti disembunyikan  setan ini," pikir  saya. Memang setan  tidak suka  pada orang yang  memakai  siwak.  Karena  memakai  siwak menyebabkan  diridhoi  Allah. 

Seperti  kemarin siwak  saya hilang,  pada hal tidak punya  cadangan lagi,  akhirnya  tadi sepulang  sekolah  saya mampir  di "kota Madinah"( Temboro ).  Saya beli 5 hanya seharga 35 ribu. Murah  sekali. Tapi  kalau  mau shalat  kehilangan  benda  ini  jadi sedih  rasanya. 

Itulah siwak, benda murah tapi menyebabkan Allah ridho. Bagaimana  tertarik  kan? Pakaialah  agar ibadahnya  lebih bernilai.

Semoga  pandemi  segera  berlalu,  sehingga  ibadah  kita tidak terganggu.


Magetan,  28 Mei 2021

Sumber bacaan
https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/;28 Mei 2021;03.45

https://bincangsyariah.com/kalam/hadis-hadis-keutamaan-bersiwak/;28 Mei 2021; 04.00.




10 komentar:

  1. Saya juga suka pakai siwak. Rasanya beda sama yg lain hehehe

    BalasHapus
  2. Malah saya blm pernah pake siwak pak...
    😃😃🙏🏻 jd pengen nyoba stlh tau hasiatnya🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai siwak ada fadilah lain, kalau berbicara tambah teteh, jelas

      Hapus
  3. Saya pernah di kasi siwak, tapi tak dipakai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahan, kalau berbicara tambah teteh, jelas

      Hapus
  4. Siwak memang alami dan menyehatkan

    BalasHapus