Jumat, 17 Juli 2020

Resume seminar online Prof.DR. Eko Indrajid

Prof Eko Indrajid
Selamat pagi bapak-bapak ibu-ibu semua semoga Bapak Ibu dalam keadaan sehat walafiat.

Apakah sudah terlihat persentasi saya , terima kasih terutama untuk moderator dan sahabat saya Pak Mantra yang memberi kesempatan untuk Sharing Merdeka menulis buku.

Saya sendiri enggak tahu harus sharing apa di sini, karena apa? Namanya menulis sudah jadi bagian sehari-hari. Saya menulis itu sejak 88 di waktu baru masuk MTs semester 1 ada majalah namanya Info Media

Untuk tulisan saya ,semua buku, semua artikel, semua presentasi Anda bisa didownload secara gratis. Dengan buku saya selesaikan 1 sarjana bareng pak mantra, dan 2 Doktor masih antrI, 2 dokter lagi, menikah dan dikaruniai empat anak.  Gara-gara buku saya bisa berkunjung ke 34 provinsi dan kurang lebih 72 negara,  dari buku bisa membuat perusahaan pelatihan konsultan dan sertifikasi akhirnya dapat penghasilan tambahan ,lumayan untuk seorang dosen.

Bapak Ibu,  buku bagi saya sekarang sudah berubah fungsinya dari dulu. Jadi kalau dulu buku saya anggap dia lumayan, saya terbitkan siapa tahu dapat royaltinya dapat penghasilan tambahan begitu. Tapi kalau sekarang saya bebaskan dari royalti. Saya silakan dipakai ternyata bagi saya buku itu adalah brosur yang baik,  orang melihat brosur apalagi kalau bukunya kurang jelas akhirnya bingung.   Akhirnya kita diundang pelatihan seminar mendapat penghasilan tambahan.


Kalau kita bikin buku yang spektakuler, baru mendapatkan penghasilan yang berarti. Dulu ada satu perguruan tinggi tahun 95 yang bekerjasama dengan perusahaan lain ,Waktu semester 2 terjadi krisis tahun 98 karena krisis 98 mahasiswa Indonesia tidak mampu beli buku asli lagi Sementara dari Australi diwajibkan membeli buku asli jadi bingung pada saat itu ada seorang siswa datang ke saya Pak anak-anak bilang bagaimana caranya supaya wajah kering kasih guruku yang mahal itu gimana saya meningkatnya orang saya nggak punya buku ya akhirnya saya saya dapat 20 buku akhirnya 20 buku itu secara ringkas menjadi 50 tulisan menjadi buku saya pertama yang warna hijau ini sistem informasi dan teknologi informasi inilah buku pertama yang saya tulis tahun 2001 2001 Kalau nggak salah baru diterbitkan ya lain-lainnya yang abu-abu di bawah abu-abu bawah itu ada satu seri oleh Elex Media itu nulisnya bareng mahasiswa-mahasiswa dari Ahmad Dahlan Jogja ya waktu itu saya menjadi asesor akreditasi bertemu dengan 1 orang mahasiswa yang dimajukan oleh perguruan tinggi karena kreativitas siapa Andi aja terus kita ngobrol-ngobrol rupanya mereka punya kegiatan mahasiswa waktu itu adalah open source masih baru Waktu itu saya ajukan bersama setiap media jadilah buku-buku seri-seri Linux dan open source waktu itu buku pintar Linux setelah ada 20-an lebih dekat dengan ayah saya karena saya dan ayah saya rumahnya sebelahan setelah pensiun bingung mau ngapain akhirnya kami menulis buku pengalaman ayah saya 35 tahun bekerja ditumpahkan dalam bentuk buku saya bantu di sini ada juga menulis buku dengan kabar-kabar saya dari industri bisa nulis sendiri ada bersama ayah saya bernama sama saya ada bersama mahasiswa saya yang belum saya adalah bersama istri dan anak bersama istri saya Saya menulis buku judulnya Parenting 4 * 0 di dalam bukunya di sini jadi lagu kemudian ini adalah edisi 1 kemudian saya mau mendaur ulang buku saya jalan bentuk edisi 2 ya edisi 2 ini bukunya diperuntukkan untuk masih saya kenapa Saya bikin jadi revisi 2 karena buku yang pertama ini ya kebanyakan berbasis konten-konten sementara waktu saya bekerja di Badan Nasional sertifikasi profesi bnsp kurikulum berbasis kompetensi Akhirnya saya traktir berbasis kompetensi sehingga setiap itu selesai diharapkan bisa menghasilkan kompetensi tertentu daur ulang menjadi istri kedua saya dan teman-teman Kalau anda ingin menerbitkan buku pindah publisher dan lain sebagainya Itu bisa sejauh kita membuat edisi tua atau edisi 3 edisi 2 edisi selanjutnya dianggap sebagai buku yang baru saya menarik adalah Bapak Ibu lihat di bawah ini kanan bawah kanan bawah itu ini adalah buku-buku keyboard saya yang saya beli lisensi creative commons yang dilakukan mau di copy sepuas-puasnya Monggo mau ditambah kurangi silakan Ini saya sebar ke kampus-kampus dan sekarang anda bisa download secara gratis ini semua di depan ini ada bisa menurut rencana gratis ya Nah udah mulai dari sini du

Jadi saya bikin spesifikasi 5 menit Ya kurang lebih 5 menit Sisinya adalah yang sudah dituliskan dalam bentuk buku karena kebanyakan anak-anak sekarang itu kenangannya adalah yang saya katakan sebagai mikro konten-konten mikroskil mikrolet mengumpulkan dari situ contohnya zaman saya dengan pak mantra kalau mau main setelah Jadi youtuber beneran dengan Eko Ji

Rubah menjadi model batik website berbasis video berbasis flash disk 18 bungkus ya bikin modul lumayan 18 buku dapat diubah dari Dikti waktu itu 18 1 buku di kasih 40 juta Lumayan itu hampir 1 M untuk merubahnya dalam bentuk website Sudiro dan flashdisk karena kalau punya internetan ke website kalau pakai komputer jadul pakai zilong tapi sekarang dengan flash disk saya sudah ditambah dengan videonya sudah dirangkai dengan video jadi jauh lebih menarik jadi kayak kopi terbaik training sekalian sekarang ini dengan adanya pjj ini dan beberapa dari modul ini dipakai menghasilkan S2 di Amikom Jogja dapat banyak kawan dan jejaring baru apalagi jadi sumber referensi orang lain begitu ya rasanya kalau jadi sumber referensi itu rasanya hidup kita itu jadi ada artinya itu yang kemudian menambah kecepatan berkarya dalam berbagai kegiatan Halo Pak mantri tanya kenapa menulis itu bisa jalan-jalan ke luar negeri karena kebanyakan dulu waktu saya menjadi anggota berenang di tempat itu kebanyakan Delegasi Indonesia kalau pergi itu setengahnya presentasi tapi nggak seneng nulis Akhirnya saya bilang udah saya nulis dibawa ke mana-mana dapat mempercepat guru besar saya juga bisa dia peroleh tidak lepas dari karena banyaknya tulisan yang saya buat Hai dan kualitas pribadi juga tampak dapat penghasilan tambahan dan meninggalkan jejak intelektual sepanjang masa karena kita tahu kalau sudah nulis buku maka masuk ke dalam perpustakaan punya SDN punya issn maka itu akan selalu ada sampai kita nanti ada kuncinya menurut saya dalam lingkup sederhananya kita mau dan mampu itu punya motivasi mampu ada yang melatih sama siapa Pramoedya Ananta Toer kemudian Apa marga t Mira W Api di Bukit Menoreh guru paling bagus dengan cara banyak baca membangun budaya menulis Menurut saya itu ala bisa karena biasa jam terbang kalau membiasakan diri lama-lama bisa gitu ya bukan bakar itu asal mau juga bisa ada gula ada semut karena ada insentif nulis banyak-banyak yang biasa kalau ada orang mau mulai belajar menulis nulis apa yang paling enak jawaban Tulislah yang disukai dan dikuasai adalah suatu topik yang kalau anda diminta untuk bercerita agar bisa berjam-jam cerita tanpa melihat buku itu udah ada itu aja yang ditulis dan saya menulis buku sederhana dulu memulai dengan model deskripsi apa deskripsi diri atau topik kemudian lakukan 5W 1H itu aja nanti kita menulis buku judulnya mendadak dalam bukunya isi Bab 1 Kenapa Apa yang dimaksud dengan benda gas edisi Kenapa mendadak terjadi di mana itu terjadi Siapa yang terlibat sampai Bagaimana cara menghadapi itu kan 5W 1H jadi itu ya gak usah mikirin halamannya dulu habis terkirim-kirim itu suatu hal yang biasa bekal dan bakat menulis itu dapatnya dari mana sering baca kalau sering baca Anda pasti akan mudah sering mendengarkan orang bicara paling seneng kalo rame-rame dengerin pendapat orang lain mendengarkan pengalaman orang lain itu bisa dibantu sering-sering meringkas sering memposting mempostingnya yang ini ya bukan memposting Apa fungsi pria atau curhat sering berdiskusi sering berdebar sering berwacana sering berinteraksi dan sering browsing Jelaskan dengan semua sering-sering sering-sering gitu nanti Menulis menjadi lebih mudah Kenapa karena Idil menjadi banyak kosakata nggak menjadi lagi Nah itulah saya bekal dan bahkan menulis itu bisa diperoleh kalau kita sering melakukan hal-hal tersebut kemudian Dari mana saya bisa tahu tulisan saya berguna atau tidak Ini nggak usah dipikirin taruh aja di internet nanti internet yang ngatur sendiri jadi kalau saya lihat di sekolah Google lumayan yang mengutip saya sudah ada 3296 sejak tahun 2015 ada 2212 untuk melihat Oke dari situ Rasanya senang hidup saya juga berharga bagi orang lain ini yang paling menarik

Baru tahu bahwa Wali banyak yang ngambil tuh anak UKM Undip unbraw ya Jadi ya itu tadi yang saya anggap biasa-biasa saja memberikan dampak bagi orang lain kemudian saya lihat lagi di sini sering dipakai banyak untuk orang-orang 7452 dan lucunya ya berhubungan dengan apa yang mereka mencari buku yang terkait dengan constructivism informasi dan komputer saya nomor 5 aliran konstruktivisme persatuan di mana pikiran pokok dalam satu bulan Rp300.000 halaman yang dibaca oleh orang-orang seluruh dunia sendiri sendiri ya Kok bisa gitu ya rupanya Kalau kita taruh di internet itu kurang lebih seperti inilah yang terakhir saya bikin percobaan terakhir bapak-bapak ibu-ibu Apa itu kan tiap hari saya bikin seri YouTube yang hari kiamat meluangkan waktu 1 jam untuk Sharing di YouTube hari ini sudah selesai 63 yang ke 63 semenjak tanggal 20 Maret ketika pandemia 3 bulan terakhir kemudian saya bertemu dengan komunitas guru dari PGRI karena saya aktif terus komunitas guru ini saya di YouTube salah satu judul yang saya Kemukakan di YouTube tulis aja dari situ apa yang saya tulis verbatim Anda tulis apa itu ada kembangkan Ayo kita kirim siapa tahu bisa jadi buku ternyata Bapak Ibu sekalian kita mengirimkan 14 buku 12 buku yang pertama 10 langsung disetujui 2 yang baru cinta ini yang pertama saya menulis dengan seorang guru Ibu Theresia Sri Rahayu dan kedua saya nulis dengan Ibu Eva Haryanti Israel ini 1 sebelah tidak semudah klik ekosistem di ubiquitous learning ini adalah judul YouTube saya dan yang kedua yang membangun sistem e-learning di rumah belajar kelas maya ya ekosistem e-learning ini adalah YouTube saya jadi dari YouTube oleh guru-guru yang baru belajar nulis di buku apa yang saya katakan putus di tambahkan terus kita revisi dikirim ke Penerbit ternyata dicetak jadi makin banyak bapak ibu kesempatan kita sekarang untuk menulis buku apalagi sekarang dengan satu karya tulis hanya bisa dapat isbn dan ya kan dia dalam bentuk elektronik Jadi Bapak Ibu sekalian sebagai kesimpulan kesimpulannya jika ingin hidup seribu tahun lagi menulislah buku gak cuman itu aja Jika anda ingin dikenang oleh anak cucu cincin cincin cincin Tulislah buku-buku maka akan masuk ke dalam rekam jejak digital yang tidak akan pernah bisa dihapus karena sampai saat ini sektor yang hidup seribu tahun lagi itu cuman dua orang yang pengen hidup seribu tahun lagi yaitu Chairil Anwar dan satu lagi drakula katanya itu sekarang bisa hidup seribu tahun lagi caranya bagaimana tinggalkan jejak intelektual dan jejak digital anda dengan cara menulis Cukup Sekian dan terima kasih itulah dari saya terima kasih Pak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar