Sabtu, 04 Juli 2020

Peran Guru BK di era pandemi covid-19

                Sumber ilustrasi: Google picture 



Betul betul tidak  ada yang menyangka kalau terjadi seperti ini , anak-anak belajar dari rumah Guru mengajar dari rumah atau work from home . Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19.

Banyak permasalahan yang dialami oleh anak-anak kita,  juga guru-guru kita di era pandemi ini. Pandemi ini merubah tatanan semua kehidupan kita. Sholat di masjid tidak boleh, diperbolehkan kembali  tanggal 25 Juni kemarin, jabat tangan tidak boleh, berkumpul kumpul tidak boleh,ini perlu sentuhan guru BK untuk memberi arahan cara hidup,   cara pandang tentang kehidupan selanjutnya .

Anak-anak kita sudah familiar dengan media online untuk itu bagaimana guru BK menyiapkan layanannya dimasa pandemi  ini.

Pandemi adalah suatu wabah yang berjankit dimana mana yang meliputi daerah geografis yang sangat luas. Hal ini tidak dirasakan di Indonesia saja, tapi diseluruh dunia mengalami  hal yang sama.

Masa pandemi ini melelahkan kita semua, sehingga merubah kondisi,  aktivitas, kehidupan manusia, penyelenggaraan pendidikan, sampai masalah kesehatan hingga banyak yang meninggal dunia.  Yang mana pemakamannya pun tidak biasanya. Hanya dilakukan orang 4 , tidal boleh takjiah, pemakamannya dengan memakai APD. 

Triliunan  rupiah  anggaran negera tersedot untuk menangani  pandemi ini. Sedangkan menurut Gita Wirjawan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terkoreksi hingga mencapai negatif 6% di kuartal II  2020.)*

Banyak orang tua wali murid yang dirumahkan karena pabrik tempat mereka  bekerja  ditutup. 

Anak anak  belajar dari rumah ( BDR) lama lama bosan, banyak tugas yang diberikan oleh guru secara  bersama sama  akhirnya merasa berat.

Dengan banyaknya permasalahan yang  dialamai para orang tua  dan siswa maka peranan guru BK  sangat  diharapkan bisa membantu mengurangi dan memecahkan semua permasalahan ini.

Layanan yang diberikan guru BK harus mengacu pada regulasi  yang ada, misalnya Permendikbud No 111 tahun 2014 tentang BK.  Guru BK  memiliki  kekhasan  dibandingkan  dengan guru mapel. Guru BK tidak  memberikan  materi pelajaran,  tetapi membantu dan memfasilitasi peserta didik untuk  tercapainaya perkembangan  diri peserta didik  yang meliputi seluruh potensi yang dimilikinya dapat berkembang secara optimal. 

Guru BK membantu peserta  didik bisa sukses studi dan sukses dalam karirnya.

Guru BK membantu pemahaman diri dan kesadaran melakukan tindakan yang tepat dalam era New normal ini.

Guru BK membantu dan memfasilitasi tercapainya kemandirian dan pengendalian diri peserta didik.

Guru BK harus mendukung kebijakan pemerintah  dengan merealisasikan SKB 4 Menteri,  yaitu Mendikbud, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Mendagri, kaitanya  dengan  covid 19.

guru BK harus memahami protokol kesehatan dan membantu siswa memiliki pemahaman tentang  protokol kesehatan.

Untuk mencapai hal hal diatas ada 6 hal yang harus dilakukan guru BK;

1  Membuat  perencanaan kerja, melaksanakan, mengevaluasi dan tindak lanjut.
2. Guru BK harys menguasai IT, sehingga bisa  .
Melakukan inovasi dan berkreasi untuk membuat  media pembelajaran  berbasis IT.
3. Guru BK melakukan home visit,  untuk menjembatani hubungan  baik , antara sekolah  dan  orang tua di rumah dan membicarakan permasalahan anak.

4. Guru BK membantu anak  untuk  mendapatkan hak haknya  yaitu memperoleh perlindungan, pendampingan , dan perlakuan yang wajar,  sehat,  dalam mengembangkan dirinya.

5  Guru BK memberikan layanan individual, kelompok, klasik dan kelas besar  atau lintas kelas. 

6. Guru  BK  mempersiapkan materi  layanan BK dengan media, membuat  shoft ware, untuk  memberikan layanana kepada siswa. 

Strategi Layanan BK
1. Memberikan  layanan terkait pencegahan virus corona 19. Dengan cara memberikan informasi menjaga pola makan, tetap berolah raga, rajin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir,  ketika duduk menjaga jarak 1,5 meter, memakai masker ketika hendak berpergian. 

Ini semua harus dilakukan oleh siswa sampai pada kesadaran yang dalam. Tidak terpaksa.  Kita lihat dijalan jalan masih banyak orang yang tidak memakai masker. Masih banyak yang berkumpul tanpa jaga jarak, berarti layanan BK masih penting untuk  dilaksanakan. 

2. Memberika materi  upaya menghasilkan uang,  dengan menanam sayuran,  buah buahan,  menanam bunga  dsb.

3. Memberi  materi tips  menyehatkan keuangan.

4. Memberikan materi Tips  menjaga kesehatan mental 

5. Memberikan materi  Tips memanfaat waktu luang di era pandemi covid 19.

6. Pelayanan  BK lewat media sosial,  bisa dengan  video call, wa, zoom cloud meeting, webex, telegram, instagram, telegram,  Twitter, blog , youtube dan lain sebagainya. Dalam hal ini  penulis menyediakan materi  di https://suparnomuhammad.blogspot.com

Demikian yang dapat kami sampaikan semoga  bermanfaat untuk kita semua.  

Sumber bacaan: 
        merdeka.com, 5 Juli 2020: 11.38


















2 komentar:

  1. Bagus bapak, saya sangat setuju dgn pendapat bapak. Memang peran guru bk sangat diharapkan dan dinantikan untuk pendampingan para siswa di masa pandemi ini.

    BalasHapus