Minggu, 12 Juli 2020

Merasa diri lebih baik itu tidak baik




*Merasa diri lebih baik akan BERPOTENSI melalaikan kita dari dosa-dosa dan Aib diri sendiri.*

Di Negara Pancasila ini kita harus saling menghormati  antara pemeluk  agama, antara suku yang berbeda. Semua kita sama, adalah Bangsa Indonesia. Kita semua bersaudara yang  dipersatukan oleh  sumpah pemuda. 

Sumpah pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober merupakan tonggak utama dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sumpah ini dianggap sebagai semangat menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia, yakni ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu bahasa Indonesia.

Sumpah pemuda yang diikrarkan oleh para pemuda di zaman itu seperti M. Yamin, Sugondo Djojopuspito, Amir Sjarifuddin, Johanes Leimena, dan WR Soepratman memuat banyak nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai seperti sikap patriotisme, gotong-royong, persatuan dan kesatuan, cinta damai, serta tanggung jawab.

Oleh karena itu sebagai generasi penerus kita wajib menjunjung semangat patriotisme,  gotong royong,  persatuan dan kesatuan,  cinta damai,  serta  tanggung jawab  

Dalam hidup beragama kita tidak  boleh nerasa lebih  baik  dari yang lain, lebih-lebih  menyalahkan orang lain.  Apalagi sampai mengkafirkan orang lain.  

Dulu di Surga Iblis  disuruh sujud  kepada Adam, dia  tidak mau , karena Iblis  merasa lebih baik. Dia diciptakan dari Api  sedangkan Adam diciptakan  dari tanah. Iblis  sombong. Allah tidak  menyukai orang yang sombong  maka Iblis  dilaknat oleh  Allah. 

“Apakah yang menghalangimu untuk bersujud di waktu Aku menyuruhmu?” .

Iblis menjawab, “AKU LEBIH BAIK DARIPADA DIA (Adam): Engkau menciptakan aku dari api sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah”

(QS. Al-A’raf: 12)
Demikian smoga menjadi pemahaman  bagi  kita  untuk  tidak  sombong   untuk  saling menghormati  dan menyayangi,  sehingga kehidupan yang  rukun  ayem tentren  gemah ripah loh jinawi toto tentren kerto raharjo akan  terwujud  di Negeri kita tercinta ini.

Selamat hari  sumpah pemuda 28 Oktober 2020. Semoga Allah merahmati kita semua.  Bangsa Indonesia tercinta sepanjang masa.

▪Semoga Alloh menempatkan kita ditempat yg terpuji.🤲🏻


Tidak ada komentar:

Posting Komentar