Sabtu, 04 Juli 2020

PRODUKTIF MENULIS

Mengikuti paparan materi dari nara sumber hebat Dr.Ngainun Naim rasanya seperti  menimba air sumur  yang  tak pernah surut  airnya, masih muda  kelahiran 1975, tapi pengalamannya dalam menulis segudang. Buku hasil karyanya juga  banyak sekali.

Berikut ini resume  dari  mengikuti  diklat  menulis  buku via wa.

Dalam urusan menulis, menulislah dari hati, hadirkan jiwa raga dalam tulisan itu. Maka hasil tulisan akan  enak dinikmati oleh para pembacanya.  

Menulislah apa yang anda inginkan,  menulislah  apa yang bisa dituliskan, jangan menulis yang tidak bisa ditulis.

Menulis bukan  kegiatan  yang bisa dilakukan secara instan,  tapi dibutuhkan proses dan latihan secara terus menerus.

Kunci kunci menulis.
1. Motivasi,  motivasi menulis itu macam macam, ada motivasi ingin naik pangkatnya  lancar, motivasi materi,  dengan menulis bisa mendapat uang. Dengan menulis akan memeliki teman banyak,  akan terkenal,  diundang untuk ceramah dimana mana. Akan bisa keliling dunia secara gratis  naik pesawat  terbang,  dan sebagainya. Intinya seorang penulis harus mempunyai motivasi yang kuat agar  memiliki semangat untuk menulis. 

2. Meyakini bahwa menulis itu anugrah.  Tidak semua orang dianugrahi  kemampuan  menulis 
Untuk itu harus disyukuri  dengan melakukan  kegiatan menulis.dilakukan dengan senang hati. 

3 Menulis itu  memberikan banyaknya keajaiban  dalam hidup. Tulisan adalah alat perekam kehidupan yang ajaib. Kalau tidak ditulis sebuah peristiwa akan hilang  ditelan masa. 

4. Tidak mudah menyerah.  Lakukan setiap hari  menulis jangan mudah menyerah.  Sekarang sudah banyak fasilitas yang memberikan kemudahan kepada kita untuk  menulis. Laptop,komputer, HP dan lain.
Gus Dur itu tidak bisa melihat,  tapi ada yang membacakan.  Sehingga mengetahui banyak informasi . Ada seorang Profesor dari Amerika, dia tidak bisa melihat  juga tidak bisa menulis. Dia dibacakan  dan dituliskan,  sehingga hasil karyanya sangat Produktif,  kata mahasiswanya.  Nah kita yang diberi sempurna, bisa membaca, bisa menulis  maka tidak  ada alasan untuk tidak produktif.

Semoga  catatan diatas  mejadi motivasi bagi kita untuk senantiasa tergerak untuk  menulis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar