Jumat, 17 Juli 2020

Resume seminar online IGN MANTRA

Tahun ini Pak Wahyu Wahyu jadi saya baru selesai tahun ini akan diterbitkan tapi kalau artikel Mayan banyak artinya saya menulis di majalah itu lebih dari 10 tahun kemudian sejak kuliah saya juga karena dulu sebentar sama Eko jadi sedikit banyak ketularan ya pengeluaran atau terpapar lakukan terpapar seperti terpapar ilmunya ya jadi Saya melihat itu inspirasi buat kapanpun dia bisa menulis pada saat yang ngantuk dia bisa menulis saya sering-sering berhadapan sering diskusi sama Prof Eko itu sejak muda ya kira-kira usia 20 tahun sudah bergaul jadi inspirasi Saya ini orang luar biasa yang kuat dalam melakukan banyak ide dan inovasi inovasi penulis pemula nya dia sekitar umur 20 tahun yang lalu saya sejak usia 23 24 lagi tapi tidak terpublikasi dengan baik seperti saya mempublikasikannya terbatasnya waktu saya di kampus kemudian terbatas di perusahaan ya buat keberapa tulisan kalau di perusahaan itu disebut dengan sistem sirkulasi jadi hanya untuk kalangan terbatas ya misalkan aspek teknis dan banyak ide-ide yang sifatnya Serang kepada rekan-rekan karyawan saya memulai tulisan profesional saya itu di majalah info komputer pertama kali kalo orang Jawa bilang itu ya Saya kira kira 2000-3000 kata ya itu kira-kira 23 halaman dikembalikan sama editornya kembali dan pertama kali saya ya cerita itu ya pengalaman pertama kali tulisan saya yang dibaca oleh editor wartawan profesional itu dikembalikan Tapi dia nggak komplain ya Dia cuman bilang begini Pak Mohon maaf tulisannya Bisa direvisi lagi nggak bilang begini bisa nggak mesti ditambahin komennya oh bisa bisa ternyata baru ketiganya itu diterima dan diterbitkan dalam majalah Walaikum saya ketika saya merasa bahwa tulisan saya sudah diakui dan itu bisa dipublikasikan Saya tidak melihat karena memang ingin tulisan itu kita belajar dari praktek ya Coba kalau orang lain kira-kira Mereka bisa baca nggak dengan tulisan menjadi inspirasi dan akhirnya setiap bulan kita menulis diberi tolong sendiri yang waktu itu di majalah dan sampai terakhir saya menulis sebelum kopi Maret 2020 tempat Terbit dan mereka bilang kita berhenti dulu pak sambil melihat perkembangan Jadi kalau ditotal kurang lebih kelas 12 tahun ditambah banyak media online yang saya tulis opini saya saya tulis dan saya kirim kepada wartawan media online editor ya nanti kembalikan baru mereka bahasa merekalah untuk bisa ditayangkan di media online ya saya akan sampaikan saya itu pengalaman pengalaman hidup saya dalam menulis hitungan hari bulan tahun mengasahnya dengan IC tadi juga ada lagi Kak Kerangka kerja keamanan informasi teratas ya dan masih banyak lagi lebih dari 100 artikel yang ada juga yang online-nya punya waktu untuk media online online ini dikit banyak nggak terlalu sulit menurut saya Karena kita punya ide apa pengertian artikel tersebut disusun kita bisa kita posting sendiri di web kita sapi saya Posting ke Iya yang sudah terkenal wartawannya bisa nggak ini di berita bisa nggak jadi kan aspek mereka begitu ya misalkan ini saya tulis di kedaipena.com 2018 tentang perlindungan kamu bocornya data pribadi di internet Gampang sekali bisa dicek searching dengan nama si Penulis ya bisa orang Nama saya di Google itu nanti akan muncul banyak sekali arti sudah diposting oleh wartawan online kemudian ini juga aspek teknis ya opini tentang scanning ya itu solusi menghindari hari kemudian ada lagi tentang kebocoran data Facebook 2018 kemudian ada lagi ini mengangkat tentang potensi tumpang tindihnya dengan lembaga lain kemudian ada lagi tentang boneka ini adalah tentang seekor Security dan kalau sempat menengok di detik.com gitu Saya juga lebih dari 80 artikel yang sudah saya posting di media online tersebut 2809 Yadi detik.com tinggal tertinggalnya Nama penulis ini akan muncul artikel apa saja yang sudah pernah posting ini tadi sudah disampaikan Prof ingin hidup seribu tahun ya karena kalau di media online ini mudah sekali untuk ditelusuri kalau di Dikti disebutnya dengan mampu telusur jadi jurnal lain itu mampu ditelusuri sehingga asetkita tulisan disitu akan muncul terus jadi kalau kita latihan dari tempat lain pasti akan ketahuan karena mudah sekali dilakukan penulis apalagi sekarang sudah banyak aplikasinya untuk cek plagiarism turnitin tulisan kita itu mengambil dari mana kita dengan buku dengan artikel dan lain-lain itu sangat menjunjung tinggi aspek Lagian atau bisa dikatakan tadi juga disampaikan oleh banyak narasumber Kenapa kita perlu menulis ya buat saya yaitu 1 angka dari pikiran tulisan ini memang tidak mudah kita punya pikiran apa kalau tidak pernah di pikiran atau sudah berhari-hari tidak pernah ditulis ide tersebut dengan kita menulis itu wawasan bertambah seiring dengan bisa dengan informasi yang dibaca maka ada istilah baru atau ada tulisan baru dari narasumber banyak tulisan-tulisan yang di yang lebih enak lagi karena sudah ada sudah ada scholar yaitu kita bisa baca apapun buku informasi yang ingin di freezer kemudian yang ketiga adalah menggabungkan berbagai pengetahuan dalam satu tulisan jadi karena kita punya banyak pengetahuan ya kalau saya fokus di security security jadi saya mencari banyak pengetahuan dan Iko yang akan saya dalam tulisan saya termasuk Bagaimana merangkai kata bagaimana kita memilih kata kemudian Bagaimana menggabungkan aspek teknis Nya sehingga tulisan item udah dibaca oleh orang lain yang keempat adalah daya ingat memori kita bertambah kuat karena kita sering mengingat artikel saya ini pernah dimuat di mana Apa itu saya mati jadi memori kita akan bertambah kuat dengan banyak kata-kata kita bisa memilih kata untuk mulai yang kelima adalah pikirannya pikiran dan pengetahuan kita lebih terbuka karena kita tadi saya sempat di kembalikan tulisan saya jadi editor akan mengembalikan untuk melihat bahwa pengetahuan saya pikirannya Sudah sampai mana ternyata kurang ini kurang itu lebih terbuka untuk menerima masukan dari orang lain yang ke-6 menaikkan branding Penulis ya tadi sudah disampaikan oleh prof kalau ingin mendapatkan honor saja dari kecil sekali tidak tidak menarik Kita sebagai Penulis itu akan dikenal banyak orang banyak pekerjaan yang ada hubungannya dengan branding si Penulis itu bisa akan dipakai oleh perusahaan oleh instansi untuk menjadi inspirasi dari golongan 2A itu luar biasa itu kan sudah masa depan karena tulisan kita akan akan ada terus Google ini Ibuku kalau kita rusak kena air yang macam-macam tapi kalau kita di Google ya 200 tahun sampai ratusan tahun selama Google ada maka tulisan kita akan dibaca orang dan berikutnya adalah penulis yang disegani karena kemampuan kita untuk menulis ya Sehingga dalam pikirkan saya aspek tersebut kita kuasai menjadi disukai oleh banyak orang dan ke-9 biasanya orang akan mencari memperoleh poin untuk naik pangkat atau jabatan dan koin mencari penghasilan dari penulis ini ada yang saya kumpulkan dari web Yap Bagaimana sih cara sederhana untuk mulai menulis buku bisa kita lihat jadi yang pertama adalah kita harus menemukan kita harus memikirkan tapi kalau mau Menulis artikel atau buku sama aja sini Kita harus punya ide besar kemungkinan besar itu kita gambar yang kita boleh-boleh saja kita nulis nanti kira-kira ke mana sih

Kalau mau mulai menulis ya harus semangat dan dengan mengumpulkan kekuatan mulai Gas untuk menulis dalam 12 jam itu sudah jadi satu artikel ini kemudian fokus terhadap substansi kesana kemari jadi kalau mau menulisnya misalkan tentang tadi disampaikan kemudian berikutnya adalah tulis buku anda dengan membara jadi karena sudah ada ide sudah mulai menulis ya ide membara meledak-ledak ya bukan dengan perasaan-perasaan kira-kira tulisan saya menarik apa nggak ya tulisan Saya kira bagus enggak ya kira-kira nanti dia tersinggung apa nggak ya nggak kelar-kelar tapi aja di tulis aja dulu ya nanti masalah editing belakangan sama aja ya Kita kasih orang lain apa kira-kira Ngerti nggak baca baca tulisan saya yang nggak ngerti-ngerti Pak Nah itu berarti tulisan kita belum kenal di situ ya kemudian boleh target jumlah gol kata-kata yang kita mau ketik disini 500-750 kata per hari itu sebagai inspirasi kita bawa saya setiap hari kira-kira 500-750 karena Bagaimana menghitung nya itu di luar ada tinggal ada tol cari word count sudah ada di satu halaman kita berapa itu kata yang sudah kita ketik aja kan kelihatan kemudian kita harus punya target kira-kira itu berapa kata yang mau Ita Misalkan 1500-2500 kata atau per minggu dan dalam satu bulan kira-kira 6000 sampai 10000 kata yang mau kita kalau ini enggak menantang ya Nanti makan ya kita naikkan misalkan 1500 saya 1cak atau per bulan saya harus dapat kira-kira 50000 kata seperti itu kemudian menentukan waktu dan kesehatannya kalau kita lagi pilek pusing sakit telinga sakit perut itu sudah nggak mungkinlah untuk menulis tentukan waktu dan kesehatan untuk melakukan menulis pagi boleh yang boleh jadi kapan kita ada mood untuk menulis ya pagi hari sudah mulai nulis habis makan siang siang atau malam hari sebelum tidur itu dia menyisihkan waktu 1 jam atau 2 halaman ya Sebelum tidur dia menyelesaikan satu tulisannya komitmen untuk dengan waktu dan kesehatan untuk melakukan menulis berikutnya yaitu adalah kita harus mencet produktivitas kita harus mencatat ruangan sehingga kita menjadi produktif bisa di dalam kamar bisa di ruang belajar ya bisa di perpustakaan kalau ada di rumah atau kalau muslim itu ada di mana ruang mushola nya ya kalau di kampus itu ada ruangan yang sunyi misalkan di perpustakaan dan para siswa itu enak sekali untuk produktivitas berikutnya yaitu adalah gunakan aplikasi untuk menulis Biasanya kita pakai word Ya sudah nulis pakai word ada ada orang yang nulisnya pakai novel ya nggak apa-apa atuh pakai handphone Android di Android nanti baru di itu Kalau yang ini ada yang pakai Google pakai Google itu juga bisa jadi kapan pun diam mau buka pakai komputer siapa dia bisa macam-macam aplikasi tambahan bisa kan tadi main map atau apa untuk mulai menulis ya Nah ini itu tetap menjaga motivasi-motivasi kita untuk menulis itu kadang-kadang luntur Bagaimana kalau kita ini kalau saya biasanya tidur dulu ya bisa menegakkan kursi makan kursi minum yang ngopi kemudian melihat maka sebentar ke tumbuhan tanaman ya kalau punya peliharaan ya pegang-pegang peliharaannya kucing dan lain-lain kalau sudah 5-10 menit 15 menit baru kita mulai menulis kemudian supaya itu bisa tersambung kita tidak serta merta mengakhiri tersebut misalkan buku tadi Pak Wahyu itu Kalau yang bulan bisa menulis sampai 5 buku itu luar biasa ada target bulan 1 bulan 249 kalau bisa kita tidak langsung melalui buku tersebut Kalau saya ada kopi itu berseri-seri 12 sampai 30 nanti nyambung lagi dengan episode yang lain itu kalau bisa buku seperti itu kemudian perlu masukan ini Feedback ya terhadap buku anda jadi tapi artikel buku sama aja kita minta orang lain untuk membaca ya kira-kira kalau nulis terus tapi nggak ada. Sama aja dengan kita berjalan naik motor tapi nggak tahu kemana kan yang terakhir adalah tapi kan kalau nulis tapi enggak pernah diterbitkan nanti jadi tidurnya Itu harus di terbitkan nggak selesai hal-hal yang menarik dalam bukunya ilmiah yang ada data yang menggunakan kata dalam menulis kemudian adanya keunikan karakteristik ya tema tulisan yang akan dibuat itu apa ya kalau saya fokus bisa security di situ ada keunikan karakteristik ya memang pasarnya mungkin belum orang terlalu tertarik tapi bisa menggeser lama-lama pelan-pelan ke tempat orang lain ke area yang kemudian model tulisan tadi sudah disampaikan oleh Pak magrib banyak sekali ada yang bunga rampai ada modul ada buku ajar yang terstruktur ada skripsi ada macam-macamnya dan segala macam sehingga tulisan kita itu mau dikelompokkan yang terakhir dari saya ya Kesimpulannya adalah kita tetapkan judul topik tulisannya apa ya tinggal dari itu enak mau nulisnya apa kemudian kita kumpulkan bahan materinya untuk tulisan-tulisannya boleh dari kepala boleh dari Google boleh dari buku-buku yang lain kita mulai kumpulkan bahan materi untuk tulisan tersebut kita sambil buka buka buka jurnal buka apapun boleh minta grafiti tulisan kemudian mulai Menyusun kerangka tulisannya tadi sudah saya sampaikan kita harus punya rangkaian outline punya table of content daftar isi kerangka tulisannya Seperti apa itu akan bisa selesai nanti kemudian yang keempat adalah mulai menjahit betul tulisannya ya Jadi kita luarkan ide-idenya dalam pikiran kita ke bentuk tulisan lama-lama mengalir apa yang kita mau sampaikan itu mengalir Jangan lupa semangat ya kalau kita nggak semangat dalam menulis ya nggak kelar-kelar ya karena kita perlu golnya untuk semangat menyelesaikan tulisan ini Kapan selesai artikel itu saya ditarget bapak tanggal 1 harus selesai dan kami terima karena kami perlu editing dan perlu kami outline kalau Papa enggak selesai ya mundur semuanya mundur kita dicoret dari daftar kolom kemudian yang terakhir adalah Dreams Come True ya karena kita memimpikan sesuatu untuk menjadi real Nah itu kita mendapatkan mimpi bisa menjadi hal yang real kira-kira itu yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman silakan bila ada tanya jawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar