Sabtu, 04 Juli 2020

3 PRINSIP MENULIS

Masih  dari Dr. Ngainun Naim, kita semua ini sebenarnya bisa menulis,  hanya saja kurang ada kemauan untuk  menulis. Kebanyakan orang menulis itu  berat  , enak berbicara.  Kalau berbicara dengan mulut, mulut  itu dekat dengan otak,  tapi kalau  menulis,  dengan tangan,  sedangkan tangan itu  lebih jauh ke otak  daripada mulut.

Prinsip  prinsip menulis agar kita segera  menghasilkan produk dapat  disampaikan  sbb;
1. Jalani. Menulis itu dunia praktek, kalau setiap hari menulis, maka kalau satu tahun tulisan anda akan meningkat drastis. Kalau tidak percaya  coba lihat  tulisan anda 2 tahun  yang lalau  atau satu tahun yang lalu. Maka akan teras lucu,  intinya kualitasnya akan jauh dibawah tulisan kita  yang sekarang.
Walaupun kita setiap hari hanya menulis 5 paragraf,  itu jalan yang benar bagi seorang penulis.

2. Nikmati. Banyak orang yang tersiksa  karena mendapat tugas menulis,  mereka menunda,  menghindari tugas itu. Tapi juga banyak yang menikmati kegiatan menulis itu, kalau sudah terbiasa dengan prinsip menikmati maka menulus sejak sore hingga  jam 11 malam itu terasa belum ngantuk. Saya biasanya  dipanggi panggil istri untuk segera istirahat karena sudah malam. Jadi sesuatu yang dilakukan dengan enjoy,  akan tidak terasa berat,  akan tetapi terasa nikmat.

3. Syukuri.  Dari sekian  banyak  guru,  tidak semuanya  senang menulis,  kalau anda senang menulis disyukuri saja dengan produktif  menulis. Kita ikuti saja proses  menulis itu. Yakinlah suatu saat nanti akan  menemukan keajaiban. 
Keajaiban itu akan kita temukan pada orang yang konsisten menjalani proses. Untuk itu jalanilah proses  menulis ini  dengan konsisten. 

Demikian semoga catatan ini  bermanfaat untuk penulis pemula yang senantiasa ingin meningkatkan kualitas dan produktifitas tulisannya.

Magetan, 4 Juli 2020.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar