Minggu, 07 Februari 2021

Rindu yang terlalu

sumber ilustrasi: merdeka.com
Tadi pagi saya bangun pukul 03.30. Istriku  membangunku  untuk  tahajud.  Saya bangun , kemudian tayamum,  terpaksa belum mengambil air wudhu, karena sakit  yang kuderita, corona.

Saya sudah rindu sekali berwudhu. Ternyata  seseorang bisa verwudu  itu sudah termasuk rohmad yang besar  yang hanya  bisa dirasakan oleh  orang-orang  mukmin yang sakit. 

Kalau anda bisa berwudu berarti anda sehat.  

Saya juga merindukan  bisa berjalan ke masjid  untuk  sholat  berjamaah  subuh di masjid.  Bisa bersujud  bersama orang-orang  yang  sujud.

Udara di masjid yang segar.  Tidak dingin  membuat  hatiku juga segar,  bisa sholat dengan senang,  karena tingkatan  sholat  yang paling baik  adalah  sholat  yang dilakukan  dengan rasa senang. Tidak segera pingin selesai,  ingin berlama-lama menikmati setiap bacaan dan gerakan  sholat.

Kalau anda pagi tadi  bisa sholat  jamaah  subuh di Masjid  itu luar biasa.  Yang pertama  anda sehat  yang kedua  anda mendapatkan  banyak  pahala  yang disediakan  bagi orang yang menunaikan  sholat  subuh  di Masjid. 

Kalau sholatmu di rumah ya sama saja dengan saya. Pahalanya  sedikit,  tidak termasuk  orang yang ingin kaya  di akherat. 

Tapi aku ingin kaya di akherat,  berharap  segera  sehat dan bisa ke masjid lagi.

Hari ini  udara  dingin sekali,  sejak menjelang subuh tadi hujan turun disertai  angin kecil. Gesekan daun tebu yang digoyang angin , menambah suara  gemersik  magis  di depan rumahku. 

Biasanya  burung burung  berkicau  beradu  merdu  suaranya,  tapi tidak hari ini.  Entah bersembunyi  dibalik  rimbun pohon yang mana dia pagi ini.

Seperti  ibu- ibu yang lain, Istriku  juga menyiapkan  makanan  untuk  pagi ini. Dia tidak ngantor  karena WFH yang kedua karena merawat  aku yang sedang sakit.  

Kesehatanku sudah membaik,  tapi  masih isolasi  mandiri  sampai tanggal 16 Pebruari  2021. 

Kalau  hari ini saya ngantor,  pasti banyak temanku  yang malah curiga  atau khawatir  kalau-kalau ketularan  penyakitku  yang paling ditakuti  orang seluruh  dunia.

Maka saya penuhi protokoler kesehatan  saya harus di  rumah hingga 16 Pebruari  2021.

Sebenarnya  yang berat  adalah "disangsi sosial." Orang tidak mau  kudekati.  Untung  pekerjaanku  tidak tergantung  orang lain. Saya bisa mengordinasikan  pekerjaan lewat grup WA.  Jadi tidak dekat  orang-orang pun tidak apa-apa. Yang penting  istriku  masih mau kudekati.  Tapi belum untuk  saat  ini. Karena  lagi-lagi  alasan protokoler kesehatan.

Sebenarnya  sudah rindu dendam  dengannya  , pertanda kesehatanku sudah baik.  Rindu yang terlalu tak kenal malu. 

Sebenarnya dihatiku 
ada cinta yang terlalu
Ada rindu yang terlalu
Semua serba terlalu
padamu, ya padamu

Aku kehabisan kata
dan hampir tak dapat bicara
Dalam hati hanya ada rasa
yang tak dapat kuwakilkan
pada sajak lagu atau bunga

Itu penggalan lirik  lagu Kang Dul Sumbang.

Demikian  diskusi  pagi ini  semoga sahabatku  dimanapun  berada selalu sehat  wal afiat, panjang umur yang barokah untuk  bisa menebar kebaikan untuk  kehidupan.
Sekarang waktunya  makan pagi, "makan yang banyak  biar sehat", kata bu Parno dalam sajian pagi ini. 
Selamat  beraktivitas.  

Magetan,  8 Pebruari  2021











9 komentar:

  1. Semoga terus sehat dan bisa menabung untuk akhirat. Aamiinnn.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah ....hari demi hari ada kemajuan kesehatannya....doa saya semoga cepat kembali sehat. Patuhi apa yg jadi advice dari dokter terus terapkan protokol kesehatan. ..

    Semangat terus....Allah senantiasa memberi ujian yg tdk akan melebihi dari kemampuan kita. Tetap semangat dan sehat selalu...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah sudah bisa berbagi dan bisa jafi terapi agar segera pulih

    BalasHapus
  4. Masyaa Allah ... Ditunjukkan kebesaran dan Rohmat Nya.
    Sangat mudah bagi Allah membuat sembuh.

    Yang jadi pelajaran , justru bagaimana kita bersikap , ber muhasabah selama sakit .... Inilah "ujian" untuk "kenaikan tingkat" )derjad keimanan

    BalasHapus
  5. Terima kasih sahabatku bu Suci yang baik hati, iya saya perhatikan

    BalasHapus
  6. Sekarang sdh sehat kan bapak. Semangat bapak

    BalasHapus