Jumat, 04 Desember 2020

Tatu tapi sik kuat nyonggo

Hamparan  pematang sawah yang hijau sepanjang  jalan yang saya lewati mengingatkan  masa kecilku  yang selalu  pergi  ke sawah. Rasanya  menentramkan  hati,  merenggangkan  otot otot yang terdesak, memancarkan  peredaran  darah  yang  padat  merayap.

Sinar mentari  yang setia menyapa menemani  menghangatkan  tubuhku yang sejak  tadi  kedinginan karena guyuran hujan semalam. 

Hari  ini  aku menemani  seniorku  yang purna  tugas  1 Januari 2021 nanti. Mas Murdo  Utomo.  

Dalam perjalanan  mendengarkan  alunan musik . Lagunya  Didi  Kempot  yang  berjudul "Tatu "
Senajan kowe ngilang, ra biso tak sawang
Nanging neng ati tansah kelingan
Manise janji - janjimu kuwi
Nglarani ati
Senajan aku lara, ning isih kuat nyonggo
Tatu sing ono ndodo
Perih rasane yen eling kowe
Angel tambane
Opo aku salah yen aku crito
Opo anane
Wong sing neng sandhingmu ben melu krungu
Piye tenane
Opo aku salah yen aku kondho
Opo anane
Ceritane tresno naliko biyen
Aku lan kowe
Senajan aku lara, ning isih kuat nyonggo
Tatu sing ono ndodo
Perih rasane

Lagu ini dicover  banyak  penyangi,  salah satu  diantaranya  adalah Hepy Asmara. Penyanyi  asal Kediri  yang memiliki  suara  emas ini  membawakan  lagu  ini  lebih  populer. Hingga lagu  ini  dihafal  banyak  orang.


Nama aslinya adalah Heppy Rismanda Hendranata tetapi lebih dikenal dengan nama Happy Asmara.
Sumber ilustrasi: tunebat.com
Disamping menyanyi Dia seorang pencipta lagu pop jawa dan koplo.   Lagu berjudul "Tak Ikhlasno" menjadi salah satu karyanya yang paling  populer. 

Penyanyi lagu "Dalan Liyane,"  ini Kelahiran: 10 Juli 1999 (usia 21 tahun), Kediri
Kebangsaan: Indonesia.

Kembali  kepada mas Didi,  saya sangat  mengagumi  kepiawaiannya  mencipta  lagu. Betul betul  seorang  maestro  musik di tanah air 

Kalau  kita  perhatikan  lirik  lagu  mas Didi mengandung nilai  sastra  yang dalam. Pendidikan mas Didi sampai SMA, tetapi beliau  lebih  mempopuler bahasa dan sastra  Jawa lewat tembang  campur  sari, seperti  seorang sastrawan.

Sumber ilustrasi: liputan 6.com

Pemilik nama lengkap Didik Prasetyo  putra   Mbah Ranto Edi Gudel, serta adik kandung dari pelawak senior Srimulat, Mamiek Prakoso   ini,   sudah mengiklaskan lagunya  dicover  banyak penyangi,  padahal menurut  UU harus seijin pencipta  lagunya. Ini termasuk  bagian dari  kemuliaan  hati mas Didi. Dia mengatakan  merasa senang  lagunya  dinyanyikan  banyak orang. Walaupun  menjadi  seorang  penyangi  terkenal,  dia tetap rendah hati, hidup sederhana dekat dengan  masyarakat.

Itulah Mas Didi  seorang penyanyi dan pencipta lagu campursari dan dangdut dari Surakarta, kelahiran  31 Desember 1966 ini, walaupun  hatinya  "tatu," tapi tetap  senantiasa  kuat  nyonggo


Kelahiran: 31 Desember 1966,



Sumber bacaan :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Happy_Asmara; 5 Desember  2020;07.09.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Didi_Kempot; 5 Desember  2020; 07.16


1 komentar: