Rabu, 02 Desember 2020

Bagaimana menjadi guru inovatif dan Inspiratif

Malam ini  hujan mengguyur desa ku seperti  disuntak  dari langit,  cuaca dingin,  anai anai berterbangan  sejak magrib hingga  isak. Setelah  itu  dia terkapar  diatas  lantai  serambi  mesjid,  kasian  mereka tak bergerak.  Seperti  itulah hidup  kita kelak, tak bergerak.

Senyampang  masih diberi  hidup mari diisi  dengan kegiatan  yang bermanfaat. Selain ibadah  yang harus diletakkan  nomor satu, malam ini  WAG kedatangan  narasumber  hebat yaitu  Ibu Umi Rosidah, M.Pd.I.
Dari  SMP Negeri 2 Kepung kab. Kediri. 
Prestasi : 
Wisudawan Terbaik Pascasarjana Sekoah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri Tahun 2013
Penulis Tesis Terbaik Ke-2 Pascasarjana Sekoah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri Tahun 2013
Juara Harapan 3 Lomba Guru PAI Berprestasi Tk. Provinsi jawa Timur Tahun 2014
Juara 3 Lomba Guru PAI Berprestasi Tk. Provinsi jawa Timur Tahun 2015
Juara 1 Lomba INOBEL (Inovasi Pembelajaran) Tingkat Nasional Tahun 2017
Short Course Jepang 2018
Juara 2 guru Berprestasi Tingka Kab. Kediri 2019
Juara Apresiasi Guru Inspiratif Kemendikbud 2020

Pada kesempatan yang luarbiasa ini  akan  berbagi mengenai bagaimana menjadi guru Inovatif dan Inspiratif
Menurut  Prof. Suhendro, Phd , kita 
menjadi guru  akan dihadapkan  berbagai tantangan kendala  dan hambatan  untuk  itu kita harus berinovasi  yang Inspiratif  dan inspirasi  yang inovatif.
Untuk  itu  kita  start  to maka it happen. Kita harus  belajar  bersama  mewujudkannya.


saya yakin bapak ibu guru hebat di sini pasti memiliki karya, dalam bentuk apapun itu karya yang kita buat dengan sungguh-sunguh pasti akan menunjukkan jalan menuju kesuksesan.

Guru adalah teladan, jika guru belajar peserta didiknya juga akan terus belajar, jika guru berhenti belajar maka peserta didiknya juga tidak akan pernah berkembang.
apa modal  utama mencapai  prestasi, jawabnya  mimpi  dan implementasi 
Terus belajar  dan berkarya akan membawa kita ke jalan yang tidak pernah kita sangka sebelumnya,  

Modal Utama Mencapai Prestasi adalah MIMPI dan IMPLEMENTASI
agar mimpi tidak hanya menjadi sekedar mimpi maka harus ada tindakan yang aktual yang benar-benar kita lakukan dan kita laksanakan.
kenapa seperti itu, menurut Umi, Dia merasa dari semua yang telah dicapai, itu semua karena siswanya. karena tugas utama kita mengajar, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu memberikan layanan yang terbaik untuk peserta didik kita, dan pada akhirnya Allah akan membukakan jalan terbaik untuk kita.

Jangan berkarya karena kita ingin menang, karena jika kita tidak menang kita akan kecewa dan berhenti berkarya.

maka berkaryalah untuk peserta didik kita, sehingga kita akan terus berkarya karena mendidik adalah bagian dari hidup kita.




Untuk literasi membaca dan menulis sudah banyak yang melakukannya, dan  banyak penulis-penulis hebat di grup yang luar biasa ini.

Akan tetapi yang tidak boleh kita lupakan adalah bagaimana meningkatkan literasi digital. karena literasi digital ini sangat penting di era globalisasi seperti saat ini, di mana teknologi dan komunikasi telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Jika bapak ibu gurunya gagap teknologi, maka kita tidak akan bisa membekali peserta didik kita dengan ketrampilan digital yang sangat mereka perlukan di masa depan.

Selain itu saat kegiatan-kegiatan perlombaan maupun event forum ilmiah tingkat nasional banyak menggunkan portal digital dalam seleksi awalnya.

Selanjutnya Mengapa kita perlu diskusi?? seringkali sebuah karya tidak terealisasi karena kelemahan kita dalam memunculkan ide, dengan berdiskusi kita bisa mencari inspirasi dari orang lain kemudian menterjemahkannya dan memodifikasinya dan pada akhirnya akan muncul sebuah kreasi yang kemudian kita sempurnakan menjadi sebuah inovasi. dan Inovasi yang kita buat akan menjadi hebat jika kita bisa melakukan kolaborasi
Baik dengan siswa maupun rekan sejawat kita.

Akselerasi  akan menjadi  prestasi jika kita memiliki konsistensi,  konsistensi  keteladanan, konsistensi  dengan berkarya,  konsistensi  dengan belajar,  dan konsistensi untuk  berbagi. 

maka Konsistensi akan menjadi Inspirasi bagi orang lain untuk melakukan
Hal yang sama dengan yang kita lalukan.

inilah prestasi yang sesungguhnya, jika kita melakukan hal baik dan orang lain terinspirasi dan melakukan hal yang sama dengan yang kita lakukan.
 Ini tugas berat kita sebagai seorang pendidik, Karena kitalah Pelukis masa depan generasi muda, Menjadikan mereka pribadi-pribadi yang unggul Untuk kejayaan Bangsa INDONESIA.

Untuk sementara saya cukupkan dulu paparan saya, sebenarnya masih ada beberapa slide mengenai tips untuk menjadi pemenang pada kegiatan lomba Inovasi pembelajaran, tapai mengingat waktunya sdah pukul 20.00 lebih, nanti bisa saya share file PPTnya.

Apakah  Kepala Sekolah  dan rekan kerja  mendukungnya. Umi belum pernah ada masalah dengan KS semuanya maupun rekan kerja. Yang penting berusaha memberikan Kinerja Terbaiknya di sekolah. jadi kita harus bisa mmeberikan kontribusi yang seimbang kepada sekolah ketika kita aktif di kegiatan luar. meskipn atif diluar tapi kegiatan di sekolah terutama pekerjaan yang berat dihendel, contohnya Dia Proktor Utama UNBK di sekolah meskipun bukan guru TIK, Umi juga admin Erapot, Admin PPDB, Ketua SMPI dan beberapa tanggung jawab lain.

Bagaimana .enakan mood dalam menulis?
Untuk menjaga mood tiap orang berbeda, salah satu yang bisa kita lakukan adalah berada dalam komunitas yg prosuktif contohnya seperti di grup ini. tapi menurut Umi cara yang paling tepat untuk menjaga mood dalam menulis adalah kita harus tetapkan dulu, apa Motivaasi kita untuk menulis, Motivasi yang kuat adalah satu-satunya alasan agar kita tetap bisa menulis.

Tips bagaimana menjadi juara Inobel, di sini  akan dijelaskan secra singkat.

Dari pengalaman mengikuti lomba Inobel sejak tahun 2015 dan menjadi pemenang 2017 ada beberapa tips yang mungkin bapak ibu bisa lakukan, jika nanti lomba Inobel sudah dibuka kembali.
yang pertama tentunya bapak ibu harus mempunyai akun di web kesharlindung dikdas, karena semua informasi perlombaan (tidak hanya INOBEL) melaui web tersebut dan bagi yang belum mempunyai akun di persilahkan utk mengunjungi alamat webnya dan sudah ada di PPT. Hanya saja hari ini jika dicek webnya  masih belum bisa diakses mungkin karena masa pandemi. 

tips yang kedua saat membuat Inovasi tentukan secara pasti apakah itu INovasi dalam bidang Metode atau Media pilih salah satu saja, agar tidak terjadi kerancuan atas keberhasilan  inovasi yg sudah kita lakukan apakah itu karena medianya atau karena metodenya(begitu pesan jurinya).

Judul menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam penilaian karya tulisnya. HINDARI MEMBUAT JUDUL DENGAN AKRONIM YANG TIDAK MEMILIKI ARTI. kemudian judul harus menunjukkan sesuatu yang inovatif dan unik, dan tidak lebih dari 20 kata.

misalnya judul ini : PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MOMO (MONOPOLI MORAL) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS 1 SMPN 2 KOTA KEDIRI.

akronim momo tidak ada dalam kamus bahasa Indonsia, jadi sebisa mungkin yg seperti ini di hindari meskipun kita harus membaut judul yg unik dan menarik.

silahkan membuat judul yang memiliki makna filosofis yang sesuai dengan karya yg sedang kita buat.

judul saya : PENINGKATAN PEMAHAMAN  TAJWID MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA MAD CETAR (Mad cerdas berputar) karena memang media saya berbentuk sepertilingkaran yg berwarna warni yg cara penggunaanya diputar. Mad adalah nama materi  dalam mapel PAI.

Tips yang ketiga dalam menuliskan karya tulis ilmiahnya harus sesuai dengan gaya selingkung perlombaan tersebut.

Struktur penulisan karya tulis ilmiah masing-masing lomba berbeda, jika ingin mendapat penilaian yang terbaik, kita benar-benar harus memahami dan melengkapai apa saja kelengkapan dan struktur penulisan karya ilmiah yang tersebut, jangan ngotot mempertahankan yang kita punya dan kita kirimkan seadanya, misalnya karya tulis kita berbentuk PTK, maka harus kita rubah gaya penulisannya sesuai dengan selingkung yang diminta.

Yang keempat karya tulis kita harus bebas Plagiat atau lolos uji similarity dan sitasi.

Uji similarity (atau tingkat kesamaan karya kita dengan karya yang sudah ada sebelunya. Masing-masing dari karya yg kita kirim akan di cek dengan menggunkan Plagiarisme checker yaitu turnitin yang dilakukan oleh dosen-dosen dari PT yang ditunjuk oleh kesharlindung.

Uji sitasi adalah ketepataan jumlah kutipan yang kita pakai di dlam karya tulis kita dengan refereni yang kita tulis.

Agar diterima maka Uji similarity kita harus sekecil mungkin dan uji sitasi kita harus setinggi mungkin.

1. Apa kunci sukses bu Umi utk mendapatkan semua prestasi tsb.
2. Untuk masa pandemi ini, adakah lomba serupa yg bisa diikuti ?
3. Bagaimana supaya tetap semangat mengikuti lomba ?

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, orientasi kita adalah siswa, kita lakukan hal-hal terbaik yang kita bisa untuk siswa kita maka Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita. karena dari setiap perlombaan yg saya ikuti hampir semuanya melihat seberapa besar kebermanfaatan inovasi yang kita lakukan itu utk siswa kita, dan seberapa mudah hal itu diduplikasi oleh orang lain dan dimanfaatkan oleh siswa di tempat yang berbeda. tapi biasanya titik utamanya adalah kebermanfaata bagi siswa di sekolah kita.

Di masa pandemi ini saya hanya mengikuti satu lomba Apresiasi guru dan kepala sekolah pendidikan dasar yg baru saja di laksanakan dijakarta. sebetulnya ada bayak lomba yang bisa diikuti tapi kebanyakn mengani pembuatan video atau pembelajaran digital.

Pada kegiatan apresiasi ini yang saya angkat adalah mengenai pemanfatan Microsoft 365 dalam pembelajaran jarak jauh. jadi Microsft 365 ini kami gunakan secara penuh oleh seluruh siswa kami sejumlah kurang lebih 950 siswa dan seluruh bapak ibu guru. dan saat ini saya sedang mendampingi beberapa sekolah yg sdg dalam proses implementasi microsft 365 utk LMS di sekolah mereka mulai dari penyiapan domain, pengajuan deploy, pembuatan akun dan kelas virtualnya.

Untuk bagaimana tetap semangat mengikuti lomba berarti kita harus terus menerus belajar dan berinovasi untuk siswa kita.

Penutup 
Orang yang bisa menyelsaikan tulisannya bukanlah orang yang punya banyak waktu luang akan tetapi  orang yang bisa meluangkan waktu di tengah kesibukannya.
Guru  mulia karena karya. 


Magetan,  2 Desember  2020




16 komentar:

  1. Luar biasa. Secepat kilat resumenya dan isinya lengkap

    BalasHapus
  2. Hehehe terima kasih bu Sriwati, siswa kawak ini

    BalasHapus
  3. kilat banget pak, gimana caranya, saya msh blm bergerak dari tadi hehehe
    mau ketik dipanggil anak, mau lanjut dipanggil suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. layani dulu anaknya, setelah itu menulis lagi, jam 9 paling anak-anak sudah tidur

      Hapus
  4. Resume bagus pak, lengkap dan cepat kilat. Cukup informatif

    BalasHapus
  5. Luar biasa saudara magetan secepat kilat.jd resumenya. Menjadi pymgt guru2 muda. Lanjut

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Cak, yang muda muda sudah top pokoknya

      Hapus
  6. Mantap jiwa Pak. Semoga semakin banyak guru yang termotivasi

    BalasHapus
  7. saya mengajar 40jam kapan nulisnya...curhat

    BalasHapus
  8. Nulisnya habis isak, lebih tenang bu Khusnul

    BalasHapus
  9. Keren pak Suparno, inspiratif

    BalasHapus