Jumat, 11 Desember 2020

New Tweety, sebuah wisata edukasi

Sumber ilustrasi: dokumen pribadi 

Kemarin  saya mendapat  undangan  dari  pak Samiyo,S.Pd, pimpinan  perusahaan  roti Tweety yang àda di Takeran.  Saya ingin  memenuhi  undangan itu karena lokasinya  yang tidak jauh dari  kantorku, dan juga  timbul  tanda  tanya pada diriku mengenai  pengelolaan  perusahaan  yang baru  ini.

Gedungnya  cukup  besar,  pegawainya  ada 141 orang. 
Acara ini  dihadiri oleh  Bapak  Bupati Magetan,  camat  Takeran  dan pimpinan  instansi di Takeran dan sekitarnya.

Namanya  Magetan  Bluder Place Tweety. Di wahana  ini menyediakan;
* Agrowisata
* Rest Area
* Wisata edukasi
* Taman selfie
* Rumah belanja New Tweety 
* Snack & Bàkery

Ada 6 unit  area  yang ditawarkan  di sini. 
Pak Samiyo  dalam hal ini  telah membantu  pemerintah daerah  dalam memajukan  pariwisata  dan edukasi.

Pukul  09.00 rombongan  Bapak  Bupati  tiba di tempat  acara,  dilanjutkan  dengan penenadatanganan  prasasti dan memberikan  sambutan. 

Dalam sambutannya  Bapak Bupati, yang akrab dipanggil  Kang Woto ini menyampaikan  bahwa  beliau sering berkelakar bahwa Magetan  ini sudah banyak  masalah,  jangan  menambah  masalah  lagi. Pak Samiyo  ini malah sudah membantu  memecahkan  masalah  yang ada di Magetan. 
Semoga  nanti Bluder  New Tweety  ini menjadi  salah satu oleh oleh  kas Magetan.
Nanti segera  ijinnya  di urus,  untuk  melindungi  pembeli,  bukan  bermaksud  mempersulit,  tidak. Memang  pemerintah  itu  tugasnya  melindungi masyarakat  secara  luas. Disamping  itu  Bapak  Bupati  mengucapkan terimakasih  kepada Pak Samiyo.   "Semoga  rekodoyo penjenengan  meniko  dapat  berkah  dari Allah SWT. 

Cerita berdirinya  New Tweety 
Pak Samiyo menjelaskan,  pada tanggal  10 bulan 10 tahun 2010, New Tweety berdiri  dengan jumlah karyawan  5 orang, produksi 3, Open 1,  pemasaran  1. Pemasarannya pak Samiyo  sendiri.  Waktu itu produknya  bakpia kacang hijau. Seiring  berjalannya  waktu  sekarang tahun 2020  mempunyai  9 produk. 
Bapkpia kacang hijau,  bakpia ubi ungu, gula kacang,  kue kacang,  bolu basah,  bolu kering, bakpia patok,  onde onde ketawa trus yang hari  ini dilauncing  adalah Bluder new tweety. 

Pak Samiyo mempunyai  pemikiran  yang mulia  yang pantas  diteladani,  yaitu  berdirinya  perusahaan  ini bertujuan merekrut  tenaga kerja  dan mengurangi  pengangguran  khususnya  di Kecamatan Takeran dan menggerakkan  perekonomian  khususnya  di kota Magetan.

Ini  yang  dikatakan  Bapak  Bupati  bahwa pak  Samiyo sudah ikut  memecahkan  masalah  Magetan.  

Dalam  hal pemasaran  sudah sampai  Depok,  Bekasi,  Tangerang,  Semarang  Magetan  dan sekitarnya  dan lain-lain.

Dalam  sumber  bahan  khususnya  telur  setiap  hari  menghabiskan  6 kwintal , didatangkan  dari Takeran  saja. 

Menurut  Pak Purwanto,  Lurah  Takeran, cangkang  telur  itu  bisa dipakai  untuk  pupuk.  Biasanya  dibakar,  karena  mendapat  pembinaan dan arahan  dari Dinas LH, maka bisa  dimanfaatkan  untuk  pupuk,  sedangkan  kulit  kacang  bisa dimanfaatkan  untuk pakan ternak.  

 terakhir  Bapak Bupati  dalam sambutannya  menyatakan kekagumannya  pada Pak Samiyo,  bila  di Magetan  ini  ada 100 pak Samiyo  maka akan menyerap  10.000 tenaga kerja. 

Bapak Bupati  juga menyampaikan , "negara  maju  minimal  14 % penduduknya  berwirausaha,  sementara  Indonesia baru 3%. Oleh Sebab itu  kalau di Magetan  ini ada  100 orang  Pak Samiyo,  maka akan menyerap tenaga kerja 10.000 orang.
Oleh karena itu  kita harus menciptakan  mas Samiyo mas Samiyo  ini di Magetan.  Sehingga  orang tidak selalu ingin menjadi pegawai . Kalau  ingin kaya  harus jadi seperti  mas Samiyo  ini , jangan  jadi pegawai." Terang  Kang  Woto, Bupati yang memiliki  passion  menulis ini. 

Yang ketiga  Pak Bupati  juga sepakat,    "masa hanya  kota sebelah  yang selalu  disebut  bisa,  Magetan juga harus bisa. Ini usaha yang luar  biasa,  semua  aparat  pemerintah  harus ikut  membantu  memasarkan, minimal  mengenalkan bahwa di Magetan ini ada produk Roti Bluder  Tweety ."

Yang ke lima Bapak  Bupati  mengabulkan  permintaan  pak Samiyo agar  jalan  menuju  pabrik  itu  diperbaiki.  "Nanti  minimal  tahun depan mesti  saya perbaiki," terang Bupati  diikuti  tepuk tangan  seluruh  yang hadir.



Saya berpikir,  pak Samiyo ini  orang yang ulet,  pejuang  tangguh, pekerja  keras yang luar biasa. Saya juga melihat kinerja karyawannya yang terampil,  kerja keras,  bekerja  tidak  karena  di awasi, tetapi  kerja ikhlas  karena ingin  perusahaannya  maju, tempatnya  bekerja  untuk  menghidupi anak dan istrinya.  

Demikian  catatan saya menghadiri  grand opening  perusahan Bluder New Tweety , semoga  rekodoyo pak Samiyo menginspirasi  yang lain .



Ternyata  hari  ini  tanggal  yang cantik  yang di pilih  mas Samiyo,  12 12 2020. Sedangkan  ketika  pendirian  dulu, 10 10 2010. 
Hebat  ..., senang sekali  bisa bersama  orang-orang hebat.  

Selamat  istirahat  di akhir pekan, semoga kita  semua  selalu  sehat. Selamat  mas Samiyo,  sukses selalu  untuk  anda  dan kita  semua. 


Takeran,  12 12 2002 

2 komentar: