Senin, 21 Desember 2020

Pembagian kartu Tani

Mulai saat  ini kalau  mau beli pupuk  harus pakai  kartu  Tani. Hari ini di Balai desa Pojoksari  dibagikan  Kartu Tani  pada seluruh  rakyat. 

Kartu tani adalah sebuah kartu yang dirancang khusus untuk melakukan alokasi pupuk subsidi kepada kaum petani. Program kartu tani tersebut dimulai di Pulau Jawa pada 2018 dimana 3 bank BUMN menerbitkan kartu tani tersebut yakni BRI untuk Banten, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Walaupun  orang desa  kami juga mengikuti  standar  protokoler  kesehatan.  Memakai masker,  jaga jarak  dan cuci tangan dengan air mengalir. 

Seluruh  perangkat  desa  ikut  membantu penyerahan  kartu  Tani  untuk  warga ini.

Bagaimana menggunakan  kartu tani?
Petani tinggal membawa kartu tani datang ke kios yang dirujuk. Kartu tani digesek pada mesin EDC di kios pengecer pupuk bersubsidi. Masukkan nomor PIN yang baru, mesin EDC menampilkan informasi data alokasi pupuk dan data petani. Lakukan pembelian pupuk sesuai kebutuhan.

Apakah  kartu  tani dapat bantuan?
Tidak hanya itu, lanjut Sarwo Edhy, manfaat kartu tani yang bisa dirasakan oleh para petani ialah kemudahan dalam mendapatkan bantuan sosial maupun subsidi. Terutama untuk bidang pertanian dan beberapa program nasional kementerian terkait.

Kapan kartu  tani bisa digunakan?

Mulai 1 September 2020, penebusan pupuk bersubsidi di kios-kios pupuk oleh petani harus menggunakan Kartu Tani.
Semoga dengan pembagian kartu  tani ini  distribusi  pupuk lancar, para petani  tidak bingung  mencari  pupuk,  dan harga pupuk  terjangkau  ditingkat  petani, agar busa menanam  dengan baik yang pada giliranya  akan meningkatkan  perekonomian  Indonesia.  




Sumber bacaan :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kartu_tani

https://8villages.com/full/petani/article/id/5facbb0c5bccf81200b726c2

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kartu_tani









Tidak ada komentar:

Posting Komentar