Selasa, 16 Maret 2021

Munculnya Ide menulis

Seperti yang ditulis Mas Doktor  Naim, Ide, proses kreatif dan eksekusi. Ide itu sangat  penting untuk diawalinya sebuah tulisan,  tanpa ide kita tidak bisa menulis.

Saya berfikir  merenung  untuk  menemukan ide itu. Bagi saya munculnya ide itu bisa apa yang saya lihat,  ini yang paling mudah  bagi saya. Karena lebih fakta, nyata adanya.

Misalnya  ketika saya pergi ke pantai indrayanti,  saya menulis keindahan pantai, keindahan  langit, banyaknya  anak anak yang bersuka ria  dan sebagainya.

Yang kedua dari membaca. Dengan ini juga bisa membuka peluang munculnya ide menulis. 

Yang ke 3 yang pernah saya  alami. Ini agak merenung sedikit,  karena sudah tertumpuk  memory . Tapi termasuk mudah karen  sudah dialami,  dari ini jadilah  buku biografi saya.

Yang ke 4 dari mendengarkan. Mendebgarkan radio, mendengarkan orang berbicara,  mendengarjan pengajian,  kadang muncul  ide. 

Yang ke 5 dari yang dipikirkan,  imajinasi. Ini yang agak sulit,  perlu perenungan yang jernih. Biasanya  muncul buku novel.  

Menulis novel   menurut saya agak sulit , tapi bagi anak saya lebih mudah,  karya pertamanya  malah novel. Karena bacaannya adalah novel, dia masih muda,  daya imajinatif nya masih jauh  dalam bereksplorasi.

Mari mencari dan menemukan ide, dia sudah ada dan banyak  sekali  tinggal  mana  yang kita angkat  untuk  menjadi topik sebuah tulisan. Berikutnya tinggal kemauan untuk  mengeksekusi memulai  dan menjadi  sebuah tulisan. 

Selamat  berkarya.

Magetan, 17 Maret 2021


1 komentar: