Rabu, 10 Maret 2021

Bekerjalah, apa yang bisa kamu kerjakan?

Kalau saya hari ini tidak menulis , terngiang ngiang di anganku apa yang disampaikan  mas Doktor  Naim, "kalau hari ini tidak menulis,  saya tidak yakin besuk kita bisa  menulis."

Maka saya berfikir  untuk  mendapat  ide apa yang bisa saya tulis. Berkunjung  ke blog teman susah dilakukan, membaca buku  sudah dilakukan, catatan  perjalanan,  tidak kemana-mana.  

Nah, tadi mendengarkan  radio. Saya dapat ide  dari pengajiannya Gus Ron. Mau menulis tentang itu  belum sejenak saya duduk, istri mengajak   berkebun merawat  tanaman alpukat. Wah jadi sibuk,  heboh,  tapi  cukup  menghibur. 

Salah  satu keberkahan  pak Tani itu  memang  ketika  menanam  kemudian  apa  yang ditanam  tumbuh subur  kemudian hatinya tentram,  senang  bahagia.

Oleh  karena  itu saya melihat  pak Tani itu  sehat  sehat,  sampai berumur  panjang masih dalam keadaan  sehat.

Bapak saya meninggal  di usia 84 tahun,  Ibu  saya meninggal diusia  73 tahun.  Sebuah  usia yang cukup  menurut  saya. 

Dulu makan  dari hasil  kebun sendiri,  Ibu saya berdagang  untuk  menambah  kebutuhan  belanja  keseharian. 

"Wong mangan  ke deres  le," pada suatu  ketika  mengatakan pada saya ketika memotivasi  saya untu bekerja.  Apa yang bisa dilakukan , kerjakan.

Saya dulu  ketika  masih kecil  selalu  membantu  mereka bekerja , mulai dari menanam padi, ketela, kacang, brambang, lombok, terong ,kedelai, jeruk, mangga, dan macam-macam  tanaman.  Akhirnya  setelah  saya dewasa  bisa menanam.

Hari ini saya mengagumi  tanaman  ketela  saya yang jauh  lebih  lebat dari biasanya  orang  menanam.
Bapak saya pernah  mengatakan , "kalau mencangkul  yang dalam biar anak istrimu kenyang." 

Apa ya maksud Bapak ini?,  saya tidak paham waktu  itu. Saya ingin sekolah tidak ingin  mencangkul , saya ingin  menjadi  pegawai,  tidak menjadi  petani,  bukan karena menjadi petani tidak mulia, tetapi  karena sawahnya Bapak tidak luas.  Sedangkan  anaknya  3 orang,  berarti  harus dibagi  menjadi  3.

Setelah  dewasa  aku paham,  bahwa  maksudnya  adalah,  "kamu harus kerja keras, jangan malas, jangan menganggur, carilah pekerjaan,  ciptakan  pekerjaan walaupun  sederhana.

Maka saya suka kerja keras,  hal ini nampaknya  juga menurun  pada anak-anak  saya, mereka  termasuk  anak  yang tidak pernah  menganggur.

Tapi menurut  saya kerja  keras  saja tidak cukup,  yang hebat itu adalah kerja  cerdas.  Bekerja  hanya mengeluarkan  tenaga sedikit  tapi hasilnya  banyak.  Untuk  dapat  seperti  itu kita harus punya  ketrampilan,  punya skolah, punya keahlian. 

Untuk  mencapainya  bisa dengan sekolah, tapi tidak harus. Bisa juga dengan belajar  pada orang yang ahli,  bisa juga belajar  sendiri. Tapi itu memakan waktu  yang lama. Akhirnya  tidak efisien  di waktu. 

Satu lagi kerja ikhlas,  agar tumbuh  kedamaian di hati kita harus ikhlas  kalau sedang bekerja,  jangan mengeluh,  kalau  mengeluh pasti  tidak iklas.

Yang penting  tugas kita  bekerja,  mengenai  hasil Allah yang menentukan,  tugas kita berusaha,  Allah  yang memberikan jalan  keluarnya.  Maka dari itu  bekrjalah apa yang bisa  kamu kerjakan.

Magetan,  10 Maret  2021





5 komentar:

  1. Bener temenan nyambut gawe sing sregep lan ngarah yen wong ndesa ngarani kerja keras.

    Awake dhewe iki pak No, wiwit cilik wes nyambut gawe kanthi sregep. Amarga anakke wong ndeso tani.
    Sanadyan wong tani ndesa uripe cukup bisa nyandang, mapan lan mangan.
    Pawetu ana ndesa sayuran bayem kankung cukup kanggo lawuhe saben dina.
    Ora tau mangan lawuhe iwak yen ora wulan riaya.
    Cekap semanten kacuthel rumiyen pak No

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggih Pakde matur nuwun, leres ngendiko penjenengan

      Hapus
  2. Semangat Pak KS luar biasa. Bekerja dan menulis demi kebajikan.

    BalasHapus
  3. Njih Mas Doktor terima kasih atas inspirasinya juga

    BalasHapus