Sabtu, 10 Oktober 2020

Tetap menulis sampai titik terakhir

Mencoba mendaftar kegiatan apa yang saya lakukan hari iki;
1. Sholat  subuh  di Masjid, 
2. Membaca Alquran 
3. Menulis 
4. Sarapan
5. Berangkat  ngantor 
6. Sholat  dhuha
7. Apel pagi
8. Ngecat sampai jam 11
9. Minum wedang jahe  dan rujak buatan  ibu guru  SMPN 1 Takeran  dari mangga  sekolah.
9. Monev kegiatan  pekerja 
11. Pulang 
12. Sholat  duhur 
13. Istirahat 
14. Nyuci mobil 
15. Sholat asar
16. Ngobrol dengan keluarga 
17 Sholat  magrib di Masjid
18. Ada tamu 
19. Sholat  isak 
20 Menulis 
21 webinar  dengan telaga ilmu 
22. Istirahat. 

Lumayan banyak aktivitas  saya setiap hari,  tapi harus tetap menulis  setiap  hari tiada henti. Berbagi menebar  kebaikan dengan kata-kata  yang dirangkai menjadi tulisan bermakna.

Selama  menunggu  nyuci mobil  saya menulis wa  dengan Mas Yitno,  akhirnya  mengenang masa lalu  yang indah  dan lucu dengan beliau.

Ketika saya kelas 1 SMP,  Saya pernah dibonceng  naik sepeda ontel,  beli buku  di toko  Aamiin  Madiun, terletak di sebelah selatan alun alun. Tokonya  cukup besar.  

Saat itu  Sri Ratu  belum ada,  matahari  belum ada,  mungkin  msih gerhana matahari.  Walaupun bukan anak orang kaya  saya bisa membeli buku buku pelajaran lengkap.  Sudah barang tentu  uangnya pemberian Ibu. Saya sudah merasakan pentingnya buku , lebih baik tidak jajan  dari pada tidak punya buku.  Saya kalau  tidak  punya buku bingung,  tidak percaya  diri  untuk  mengikuti  pembelajaran  di kelas. 
Akhirnya  tersiksa  sedih. Perilaku  cinta buku seperti  itu  hingga  kuliah, saya rela  baju  hanya 3 stel , kalau  beli  di pasar  Turi,  atau pedagang kaki  lima sekitar  Tugu Pahlawan Surabaya.

Pengalaman  beli buku  pelajaran  pertama kali  pada saat  SD kelas 3. Saya minta diantar Ibu  ke kota untuk  beli buku. Judul bukunya  Bahasa Kita. Pelajaran  bahasa Indonesia. Gurunya bernama  Bapak Sabar Yanto, orangnya  keras,  pintar  dan berwibawa , semua anak-anak  takut.
Termasuk saya,  walaupun tidak pernah dihukum. Beliau  mengajarkan  membaca,  menulis (dekte),  mungkin  itulah dasar  saya menulis  saat ini. 

Kemampuan menulis  saya saat ini  tidak lepas  dari  apa yang  pernah  diajarkan  guru  saya. Menurut  saya guru  sangat menetukan masa depan anak.
Oleh  karena  itu  guru  harus  pintar,  memiliki  pengabdian yang tulus,  mengajar  benar-benar  ingin muridnya  nanti  menjadi orang hebat. Tidak sekedar  mengajar  menggugurkan kewajiban  karena sudah digaji negara.

Sekarang  saya benar-benar  mencintai  kegiatan  menulis, kalau  sehari tidak  menulis  rasanya  seperti  belum lengkap  aktivitas  saya  hari itu.

Oleh karena itu selalu  membaca buku, koran atau blog nya teman. Biar  tambah wawasan,  terinspirasi  semangatnya untuk  senantiasa menulis. Tidak usah dipikiran dibaca orang atau  tidak  , bermanfaat  atau  tidak yang penting  menulis terus  sampai  akhir menutup mata. 

Magetan,  10 10 2010




Tidak ada komentar:

Posting Komentar