Rabu, 28 Oktober 2020

5 Pakar Penulis Top berbagi ilmu dalam SEMNAS PGRI

Hari ini, Rabu 28 Oktober  2020, menjadi hari yang luar biasa , karena bertepatan dengan sumpah pemuda, diadakan Seminar  Nasional dengan menghadirkan 5 pakar menulis, yaitu Dedi Dwitagama, Sri Sugiastuti,  Agus Sampurno, Namin AB Sholihin,dan Om Jay.

Acara ini diselenggarakan  oleh IGTKI PGRI, KSGN, dan Penerbit  Andi dengan sponsor  EPSON dan para donatur.

Pemateri  pertama  Dedi Dwitagama menyampaikan  agar PJJ tidak membosankan,  1. Memberikan  bonus nilai 10 poin untuk siswa pertama kali yang merespon chatnya. 2, pada  jam pelajaran berlangsung,  akan menilpun diantara siswa. Menilpun manfaatnya  sama denfan berkunjung.  3. Memberikan video menarik dan pendek. 4.Mengajar  dengan ikhlas  

Menurut Dede,  guru yang baik punya instink mengenai anak muridnya,  kalau ada keganjilan pekerjaan siswa, kita telepon,  bisa juga orang tuanya  ditelpon. 
Yang kedua  tidak usah terlalu dipikirkan apakah pekerjaan  itu dikerjakan sendiri  atau orang tua atau orang lain. Kerjakan saja, nikmati  saja,  hasilnya  bagus gak usah neting  , negatif thingking. 

Cara  memotivasi siswa agar memiliki kesadaran untuk mengerjakan tugas  adalah, anak  anak itu  panas, ketika  melihat nilai temanya sudah bagus.  Untuk  itu  sering mengumumkan  nilai mereka.

Tayangan hasil tugas di grup kelas , dikasih foto,  akhirnya  anak anak  berbenah diri  untuk  aktif.  Anak perlu  diajak komunikasi,  ditelpon , diperhatikan. 

Pemateri  ke dua Sri Sugiastuti  yang dikenal  dengan sebutan  bu Kanjeng,  menyampaikan urutan isi  sebuah buku,  yang terdiri  dari,  halaman judul, halaman penerbit,  halaman persembahan,  Kata pengantar,  prakata penulis, Daftar isi,  kemudian diikuti  bab 1 dan seterusnya. Caver belakang  diisi ringkasan buku  yang memiliki  daya jual.

Menurut  Sri, Kata pengantar yang baik bukan penulis  dalam buku tersebut, tetapi orang yang memiliki kepakaran  dalam menulis. Dalam membuat kata pengantar harus dibedakan  dengan kalau kita  membuat  kata pengantar  dalam skripsi  atau thesis.

Dalam hal menulis novel Sri juga  menjelaskan cara mengembangkan novel menjadi 100 lembar lebih, kita harus kembangkan, suasana hati, keadaan disekitarnya, atau angan  àngannya. 
Membuat plot plotnya,  membuat  main maping,  foto berkisah dll.

Agus Sampurno,  pemateri  ke 3 menyampaikan  ciri ciri orang kreatif. Yaitu, mau mencoba,  mau belajar,  mau bertanya,  percaya  diri,  penuh energi,  berpikir  terbuka. 

Agus juga menyampaikan  cara belajar yang baik adalah  dengan mengajarkan  pada orang lain lain, kita akan terus  belajar  banyak,  sebagai guru swasta sudah  terkondisilan untuk menjadi pekerja keras,  dipaksa  kreatif  oleh keadaan.

Tidak kalah seru  pemateri berikutnya,  Namin AB Ibnu Sholihin, Guru di Bandung dan juga seorang motivator  ini menyampaikan  etika guru di masa  PJJ, dan etika mengajar. Ketika kita berada didepan vidio pastikan  kita dalam keadaan rapi,  sudah mandi,  sudah sarapan, sudah wangi dan di tempat  yang baik. 

Anak anak  sekarang sampai  mahasiswa semester  2, adalah anak  anak  generasi Z, ciri ciri nya, komunikasinya  dengan menggunakan  hp. Mereka  cepat beradaptasi  dengan teknologi  sehingga  pembelajaran  di era 4.0  harus tampil lebih menarik daripada  didepan  vidio atau digital  teknologi.

Guru harus  memiliki  kompetensi  kreatif,  mengajar  sambil tersenyum,  memiliki  kemampuan  ice breaking , guru wajib menguasai  teknologi , guru wajib menguasai  ilmu tentang parenting.

Bagi guru  di kota yang kondisinya  normal,  siswa  disapa,  satu persatu,  dilihat  wajahnya. Inilah  perbedaannya  dengan Google,  sehebat hebat nya Google,  tidak akan mengalahkan  kehebatan guru. 

Guru bisa menyentuh hati anak anak,  bisa menghapus  air mata,  bisa memeluk anak yang sedang sedih,  untuk membantu  mengatasi masalahnya.

SOP guru dimasa  pembelajaran  jarak jauh, guru berpakaian rapi,  sudah sholat,  sudah mandi, sudah sarapan, sudah  wangi. Mencari tempat yang baik, guru harus memiliki  kemampuan ice breaking,  misalnya,  kalau saya bilang  cek, siswa menjawab dengan sekali  tepuk tangan.  Kalau saya bilang bum, siswa  merespon tepuk  paha. 

Walaupun menggunakan  moda daring harus tetap  kreatif  dan energi semangat.  Kalau murid muridnya  tidak semangat,  ngantuk,  mungkin  cara mengajar  kita tidak melibatkan  energi  semangat,  maka harus segera  dirubah.

Misalnya  lagi guru  biologi  akan mengajarkan  bagian  tubuh. Maka dapat menyampaikan  ke siswa kalau guru  mengatakan bagian tubuh,  maka siswa menjawab dengan, "tubuhku sangat berharga." 
Tujuannya  adalah memasukkan  murid di zona alpa.

Namin AB, juga menyampaikan  tip mengelola kelas dengan kreatif dalam PJJ. Mengajar  dalam keadaan bersih  dan wangi, sudah sarapan, bangun kedekatan  dengan peserta didik  kita,  atur posisi tempat belajar  yang nyaman,  berbicara  yang sistematis, debgan gestur tubuh  yang baik,  45% materi bisa diterima oleh siswa itu karena gestur  tubuh,  sisanya  adalah kata-kata,  media yang digunakan, setiap  20 menit  lakukan improvisasi,  tutup dengan kalimat kalimat  penuh hikmah dan kebaikan.

Narasumber  yang  kelima  sebagai  pamungkas  adala. OM Jay.  Guru  Labschool yang kandidat  Doktor dari  UNJ ini menyampaikan  pengalaman  ngeblog  hingga membawa keberuntungannya, hingga  keliling  Indonesia,  luar negeri , mendapat  berbagai  hadiah dan beasiswa  S2 dan S3. 

Om Jay berpesan  sebagai  guru  jangan berburu  sertifikat,  tetapi berburu  ilmu.  Sertifikat  adalah  bonusnya  berburu  ilmu.  

Omjay  menyampaikan  4 kekuatan manusia,  yaitu kekuatan pikiran,  kekuatan perkataan, kekuatan  perasaan  dan kekuatan perbuatan.

Penulis buku  Blogger  ternama ini juga  berpendapat  bahwa membaca buku  itu  akan menambah ilmu, semua masalah akan ketemu  solusinya  dengan banyak membaca, untuk  itu  jangan pelit  membeli  buku.

Demikian  catatan  saya mengikuti  Semnas PGRI  yang bertepatan  dengan hari sumpah pemuda, mari  berkarya  untuk  membuktikan  kepada dunia  bahwa  kita  ada dan bisa.

Magetan,  28 Oktober  2020












8 komentar:

  1. wah, sudah merangkum. Terima kasih banyak Pak. Saya di www.gurupembelajar.my.id

    BalasHapus
  2. Pesan Penting Untuk Peserta seminar nasional guru Blogger Indonesia

    Yth Bapak/Ibu yang Budiman, Untuk mendapatkan sertifikat peserta semnas guru blogger PGRI, bapak dan ibu dapat menonton siaran ulang kegiatan semnas di https://youtu.be/-ZfslhK-gtQ

    Kemudian bapak/ibu dapat mengisi daftar hadir online di Link Daftar Hadir : http://bit.ly/DAFTARHADIR-semnaspgri

    Setelah itu, bapak/ibu dapat mengunduh sertifikat dan prosesnya cukup makan waktu karena ada lebih dari 3000 guru yang mendaftar acara semnas ini dan bila namanya belum ada, kemungkinan masih menunggu antrian di https://drive.google.com/drive/folders/1E6kkLxcUjgC40xPZtjNqqlIVu8HTL0Pm

    Ingatlah selalu pesan pak Dedi, Pak AGus, Pak Namin, bu Kanjeng, dan Omjay. Kalau perlu ulang kembali materi mereka di https://youtu.be/-ZfslhK-gtQ

    Sertifikat adalah bonus dari kita mengikuti kegiatan semnas, namun hal yang terpenting kita dapat berburu ilmunya. Sebab guru adalah pendidik dan bukan pemburu sertifikat. Insya Allah bila kompetensi bapak ibu meningkat, maka akan segera naik pangkat dan derajat. Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu pengetahuan.

    Materi pak Agus di https://padlet.com/n_sampurno/ibdnsvte51rdth01
    Materi Pak Dedi di https://www.slideshare.net/dwitagama
    Materi Omjay di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/pjj-menyenangkan1
    Materi Pak Namin di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/materi-training-cara-kreatif-mengajar-daring-pgri-1
    Materi Bunda Kanjeng di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/konferensi-blogger-2020

    Ikutilah lomba blog dalam rangka memeriahkan sumpah pemuda dan bulan Bahasa di https://www.gurupenggerakindonesia.com/ikutilah-lomba-blog-dalam-rangka-memeriahkan-bulan-bahasa-dan-sumpah-pemuda/

    Terima kasih sudah mengikuti semnas guru blogger PGRI. Semoga semakin banyak guru yang memiliki blog dan mengelolanya dengan baik sehingga pembelajaran jarak jauh menjadi tidak membosankan.

    Salam Blogger Persahabatan
    Omjay
    Guru Blogger Indonesia
    Blog http://wijayalabs.com

    BalasHapus
  3. kreatif, lengkap sekali hasil reportasenya !

    BalasHapus