Jumat, 16 Oktober 2020

Mengelola Blog agar menarik

sumber ilustrasi: Mr Bambas

Bersama nara sumber Bambang Purwanto, seorang guru dari Bandung, yang juga seorang Pakar Wordpress, 
beberapa yang penting untuk  diperhatikan  bagi penulis pemula  adalah menulislah dari apa yang kita sukai. 
Tulisan bisa disimpan dikertas saat punya ide, kemudian dipindahkan di pengolah kata (microsoft word, atau yang lainnya). Kemudian bisa diposting di blog yang kita kelola. Kuatkan komitmen atau kemauan untuk tetap mau menulis. Sering membaca buku atau postingan blog yang lain bisa memotivasi diri agar selalu ingin menulis.

Menurut Mr Bambs, Langkah penulis pemula  menulis  di blog WordPress  adalah harus mau menyadari bahwa kita sebagai guru harus selalu mencoba untuk senang membaca dan menulis. Tuangkan dan buktikan bahwa kita bisa menulis, simpan di blog.
Langkah awal menulis di blog WordPress :
1. Kuasai terlebih dahulu bagaimana mengelola blog di WordPress
2. Belajar posting di blog
3. Simpan tulisan di word terlebih dahulu, baru dipos di blog
Selamat mencoba. 😊👍

Mr Bambs juga menyampaikan  jurus-jurus mengelola blog yang baik agar mudah dikenal banyak orang  yaitu dengan;
a. Rajin posting
b. Rajin share di media sosial yang kita miliki (WA, IG, Facebook)

Bagaimana cara membuat/menata blog agar menjadi menarik. Isi blog sebaiknya tentang apa?

Mr Bambs mengatakan, kuasai tampilan yang disediakan oleh blog, dan harus mau mencoba dan berlatih. Isi blog baiknya apa ? Isi sesuai kebutuhan yang kita perlukan dan apa yang kira-kira apa yang ingin disampaikan kepada para pembaca.

Bagaimana mengawali literasi keluarga ?
Diawali dengan  membuat Taman Bacaan sejak tahun 2011 di rumah yang ditinggali sejak tahun 2007. Karena dia seorang  pendongeng  senang membaca buku, karena butuh banyak referensi. Tahun 2012 dia mendapatkan amanah ditambahnya rumah, maka rumah pertamanya sampai sekarang menjadi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) AS Lebakwangi yang melayani pengunjung yang membaca dan meminjam buku secara gratis, sampai sekarang masih terus berjalan.
Berbagi kalimat bahagia di keluarga sudah dilakukan hampir 3 tahun, dan menjadi sumber tulisan nya di IG, weblog dan fb, kemudia dicoba bawa ke sekolah menjadi program kalimat bahagia 

Bagaimn cara mengelola blog?
Untuk mengelola blog, tergantung blog yang digunakan apa. Sara umum, yang penting bisa posting sesuai dengan kemampuan atau komitmen yang dibangun pada diri pribadi. Misalnya mau posting 2 hari sekali, 1 minggu sekali atau setiap hari. 
Kehabisan bahan, karena belum terlatih. Latih saja terus menerus, lama kelamaan akan terbiasa. Semoga dengan latihan yang dilakukan akan membuat terbiasa menulis di blog.

Bagaimana caranya untuk selalu konsisten bisa menulis setiap hari. Caranya adalah sebagai berikut;
1. Harus memiliki komitmen yang kuat,
2. Seringlah membagikan postingan kita, atau buatlah tulisan yang menarik yang bisa membuat orang mau membaca. Mr Bambs  sampai saat ini lebih senang menulis, untuk pengunjung tidak terlalu menjadi hal yang utama, karena kelak tulisan yang dia buat akan menjadi warisan yang dinikmati sepanjang zaman. Boleh kita hidup akan terbatas oleh waktu, akan tetapi karya kita tak akan ada batasnya.

Bagaimana menentukan judul untuk sebuah tulisan agar tertarik orang membacanya. 
Caranya buatlah judul yang berbeda dari yang lain, buat judul 5-7 kata. Semoga kita selalu diberikan ide memberikan judul yang menarik. Sebagai tantangan saya akan lihat dari resume yang dibuat sudah mulai memberikan judul yang luar biasa. Buatlah judul resume malam ini yang menarik.

Kesimpulan
1. Menulislah dengan ketulusan. Menulis bukan hanya bertujuan mengejar pengakuan dari selembar kertas (sertifikat). Jadikanlah menulis sebagai cara memanjakan umur kita, boleh kita meninggal akan tetapi tulisan kita bisa dikenang sepanjang zaman.
2. Jadikanlah blog sebagai media penyimpanan tulisan bapak ibu guru. Teruslah belajar mengelola blog yang disukai. Tidaklah membandingkan blog yang satu dengan yang lain. Pelajari terus blog yang sekarang dipelajari.
3. Berlatih kemudian menulis dan simpanlah di blog. 
Itulah beberapa pemikiran  mr Bams.. yang berkaitan dengan mengelola blog agar mebarik dan banyak dikunjungi orang 🙏🏻

Magetan,  16 Oktober 2020





2 komentar: