Kamis, 22 Oktober 2020

Disrupsi teknologi

Dapat kiriman artikel dari mas Iwan

Tahun 2022 terjadi disrupsi teknologi,  diantaranya +/- 130 juta pekerjaan yg ada sekarang akan digantikan dgn 130 jenis pekerjaan yg berbasis teknologi,    yaitu diantaranya tergantikan dgn robot-robot pintar atau mesin-mesin yg tidak pernah mengeluh dan tdk pernah demo.

Memang akhir  akhir  ini tenaga manusia banyak demo, mengeluh, kinerja rendah. Akhirnya  para bos lebih berpikir  keras efisiensi tenaga kerja. Lebih lebih karena tenaga kerja manusia kalau kurang sedikit  saja bisa demo. Tulisan ini setidaknya  menjadi pertimbangan  bagai kita semua atas kejadian  ini  untuk  selalu meningkatkan  kinerja,  tidak banyak bicara  tapi banyak kerja,  tidak banyak mengeluh,  tidak banyak demo agar stabilitas  nasional semakin mantab.

Saya kemarin pulang dari  Surabaya  ditengah perjalanan solarnya menipis  akhirnya  harus berhenti  di Pom BBM, untuk  mengisi solar. Petugasnya  wanita  muda. Kami disuruh mengisi  aplikasi digital   belinya berapa  liter,  jumlah uang, bayar tunai  dsb. 

Kemudian disuruh  mengisikan sendiri  ke mobil  kami. Saya berpikir,  nanti kalau custumer  sudah pandai  tidak diperlukan  lagi tenaga  manusia. Seperti  penjualan BBM di Amerika  dan di negara maju lainnya.

Dalam kondisi seperti  itu , siapa yg bisa bertahan?, diantaranya orang-orang yg memiliki norma dan bekerja sesuai bakat & kekuatan mereka. Selalu mengupdate pengetahuannya  dan meningkatkan  produktivitas kerja.

Jaman semakin mudah, teknologi mempermudah  pekerjaan manusia, tapi sekaligus menjadi masalah bagi tenaga kerja yang tidak siap. Lapangan pekerjaan  mereka terkurangi . 

Sehingga barang kali ini bisa dijadikan acuan untuk  anak muda hebat. Pilihlah bidang profesi yang tak tergantikan oleh mesin, atau robot atau lainya. Misalnya  Guru, tentara,  Polisi, Jaksa , Pengacara , dokter  dan lainnya.

Teknologi  IT perkembangannya  selalu  mendahului tak ada henti,  yang tidak lari akan tertinggal dan menepi. 
Tapi  tidak usah khawatir  karena Tuhamu  akan memberikan  rezeki.
Yang penting  semangat kerja, semangat belajar,  semangat  ibadah,  insya Allah  ayem tentrem gemah ripah lohjinawi.

Magetan 23 Oktober 2020.



 



Tetap Sehat, Tetap Bahagia dan Tetap Semangat ✊🏽✊🏽

1 komentar: