Sabtu, 29 Agustus 2020

Permulaanku menulis


Saya menulis pertama kali  tahun 86 di majalah Pramuka, saat itu saya sebagai anggota  Pramuka  IKIP SURABAYA,  saya menulis  kisahku ketika  kemah bakti  di Trawas Mojokerto.  

Awalnya  saya  tunggu tunggu  tidak  dimuat,  ternyata  setelah  setahun dapat dimuat,  saya terkejut kok  dapat  wesel,  masak kiriman  dari Bapakku,  sedangkan aku baru saja pulang,  aku sudah  dikasih  uang untuk  keperluan  sehari  hari.  "Rasanya  tidak  mungkin  kalau  dari Bapakku. Terus dari  siapa lagi ini", gumamku  dalam hati.

Setelàh saya teliti  ternyata  dari Majalah  Pramuka, "alhamdulillah  dapat rejeki anak sholeh", tertulis  uang  Rp. 7000. Saat itu  soto  madura  harganya  Rp. 300.
Lumayan,  satu  kebanggaan  tersendiri.  Bukan  jumlah  uangnya  tetapi  apresiasi  atas tulisan saya. 

Saat  itu  tidak  diketik  komputer, karena belum ada komputer,   tetapi  diketik  manual  dikirim  lewat  pos.  Entah mengapa tidak  menulis  lagi,  saya dengar  majalah Pramuka  tidak terbit lagi. Sebenarnya  sangat  positif  keberadaan majalah Pramuka

Setelah  itu  saya  sibuk  dengan  tugas tugas kuliah,  tapi  menurut  penulis  hebat  seperti ini  hanyalah  alasan saja, tidak  ada  alasan  untuk  tidak  menulis. Penulis hebat  itu  setiap  hari  selalu  menulis,  menulis  dan terus  menulis.

Kemudian  tahun  1992 saya  diangkat  CPNS, baru  tahun  1996 saya  menulis  lagi. Menulis buku  panduan  Excel,  untuk  anak  SMP. Setelah  itu  tahun 2004 saya mendirikan  majalah  sekolah ,  namanya Tramedia,  kebetulan  didukung  oleh  KS, Guru  dan siswa.

Siswa menulis  disitu,  kemudian  dibeli  sendiri,  dan dapat  hr menulis. Kalau  menulis  cerpen  dapat hr 6000, harga  majalah  5000, kalau  menulis  cerpen plus  puisi,  dia  bia  dapat  uang  9000, bahkan ada yang mendapat 12.000.  Jumlah  yang  lumayan  untuk  anak  SMP  waktu  itu. 

Kemudian  tahun 2010, saya serahkan  ke pak Joko,  biar kaderisasi,  tahun  2016 saya diangkat  KS hingga  sekarang. 
Kecuali  hal  tersebut  saya sejak  1996 aktif sebagai  pengurus  MGBK, saya ikut  membuat  modul BK sampai tahun  2014. 

Menulis  lagi  tahun  2019, dengan terbitnya buku  saya Perjuangan hidupku,  sebuah autobiografi  seoranga  anak desa  yang  menurut  saya  sudah  melewati  cita cita  yang  kugantungkan  dilangit tinggi  sekali.

Kemudian  terbit  lagi  buku  saya  panduan  Pranatacara, bekal seorang yang bertugas sebagai pembawa acara, dalam  acara resepsi pernikahan  maupun  acara lainnya.

Disamping  itu  sejak  2019 saya  sebagai pemimpin redaksi  majalah  Pena Mageti ,  perjalanannya  terseok  seok,  karena virus  corona,  virus ini  yang menjadikan segalanya  berubah. Yang membuat  kebahagian  menjadi kesedihan,  yang  membuat  ibu  berpisah  dengan anaknya,  yang membuat  guru  tak berjumpa dengan muridnya,  yang membuat  jamaah  haji menunggu  puluhan tahunpun tidak jadi berangkat,  walaupun rindunya  sujud  dibawah lindungan ka'bah tak terbantah.

Sejak tahun  96 saya "nyambi" jadi MC juga, akhirnya  saya ingin mengabadikan pengalamanku  ini dengan menuliskan di buku  ini. Benar  apa yang dikatakan  penulis hebat,  bahwa menulis itu  pekerjaan keabadian. Mengabadikan kejadian,peristiwa  dalam bentuk  tulisan, yabg kapan saja bisa  di baca oleh  banyak  orang.

Mungkin beberapa  orang tidak  menganggab menulis  itu  sebagai  suatu  pekerjaan  yang penting. Ya itu  sah-sah saja, tapi  apa jadinya kalau  dunia  itu  tidak  ada tulisan.

Saya  yang prihatin adalah  kemampuan membaca  Bangsa kita  yang masih saja rendah, lebih lebih kesadaran membeli  buku,  oleh karena itu  saya mengajak  kepada semua  orang tua untuk  mengajarkan kepada anaknya  untuk  memiliki  kesadaran membaca. 

Belikanlah  anak  anak kita buku  bacaan. Bacaan apa saja yang dia senangi, agar  dia menjadi anak yang memiliki  kompetensi  membaca,  agar  ilmunya  luas,  pandangànnya  jauh, mimpinya tinggi.

Dalam fenomena  sekarang ini  banyak diantara  orang tua yang  "eman" mengeluarkan  biaya  untuk  pendidikan  anaknya,  tapi  berharap  kalau  anaknya  sudah bekerja nanti  gajinya  banyak. Menurut  saya  tidak linier berfikir  seperti  ini. Sekali lagi  belikan  anak kita buku, karena buku  adalah jendela untuk  melihat  dunia. Agar anak kita tidak canggung  dalam pergaulan dunia.

Saya ingin menulis  100 judul buku,  agar  bisa  dibaca  orang  orang  setelah saya meninggal  dunia. Agar  dunia  penuh warna. Tidak  indah  rasanya  jika  dunia  itu hanya  satu  warna. 

Untuk  itu  jangan beranjak kemana-mana  hingga  terbit bukuku yang kelima,  Catatan harian seorang  Kepala Sekolah.

Mageatn,  30 Agustus  2020









8 komentar:

  1. Mantap Bapak. Insyaallah terwujud. Saya order nggih

    BalasHapus
  2. Hahahaha terimakasih Prof, Naim terinspirasi penjenengan

    BalasHapus
  3. Terus semangat ..utk menambah yang menjadi manfaat

    BalasHapus
  4. Aamiin...
    Semoga segera terwujud
    Tulisannya mantap pak...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, Saya juga baru mulai belajar menulis catatan harian pak. Mohon bimbingannya https://agusnurwantomuslim.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, setelah istiqomah rutin nulis tiap pagi di seminggu terakhir ini kegiatan harian jadi lebih positif

      Hapus