Kamis, 06 Agustus 2020

Pengalaman Sebagai Moderator Webinar

Sekarang lagi  ngetren webinar dengan zoom cloud meeting,  ada yang berbayar,  ada yang gratis. Untuk  yang  berbayar  jelas  biaya  operasional  diambilkan  dari  registrasi peserta.

Untuk  yang  gratis  biayanya dari mana, ada yang  lewat  mensubscribe channel nara sumber, dengan diadakan  webiner  maka  like  dan subscribe  chanel  Narasumber sumber  bisa  naik dahsyat. Untuk yang  tidak  punya  chanel  youtube,  yaa  setidaknya  bertambah  terkenal,  dengan terkenal,  suatu saat  bisa  diundang  sebagai  nara sumber  tatap  muka, maka  dapat  Hr.

Kalau  terkenal  mungkin  bukunya  bisa  dibeli  orang,  sehingga  bisa  best  Seller. 
Kalau tidak  punya  buku  bagaimana? Yaa, dia  menjadi orang  yang  baik  hati,  banyak orang  yang mendoakan  sehingga  diberi  rizki langsung  dari Allah.

Tadi  siang  6 Agustus 2020 saya  didaulat,  tidak sebagai  Narasumber  tapi  sebagai moderator  dalam  acara  diklat  menulis  buku  yang  diadakan  Cabang Dinas Pendidikan  Kabupaten Nganjuk. 
Adapun  Narasumber  hari  ini  adalah  Bapak  Dr.Wahyu Nugroho,SH,MPd., Ibu  Beti dari Bogor,  Bapak  Liluk DM dari  Madiun  dan Ibu  Nurul Lindawati, MPd  dari SMKN3 Pacitan dan Bapak  Hersan  dari  telaga ilmu Jakarta. 

Tampil  sebagai  moderator  adalah  ibu  Didik  Muryati  dan  saya.
Webinar  kali  ini  gratis,  peserta  sejumlah 291 akan mendapatkan sertifikat gratis dari  panitia. 

Sebagai  moderator  saya  siapkan curiculum  vitae  dari  Narasumber,  saya  bacakan  sebelum  waktu  saya  persilahkan  pada  Narasumber. 

Jadi  ingat  pengalaman  saya  ketika  mahasiswa  dulu tahun 87,  walaupun  saya  hanya  program D3, saya pernah  ditunjuk  sebagai  moderator  dalam  acara  seminar yang  diadakan FIP IKIP SURABAYA,  Waktu itu  Narasumbernya  seorang doktor  juga dari fakultas yang berbeda. 

Nerves,  pasti,  tapi  jalani  saja  lama lama  emosi stabil  juga. Memang untuk  menjadi  orang  hebat  salah  satu  diantara  harus  belajar  agar  emosinya  stabil. Tahun 2018,di Magetan  MKKS  SMP mengundang  mendikbud  dalam  acara  peringatan  hardiknas,  kebetulan  sebagai  pembawa acara  adalah saya  dan bu  Sumini  kepala  TK unggulan  Magetan. 

Seru  juga,  peserta seminar  ada  sekitar 11 ribu  guru, mungkin  ini  seminar  terbesar  yang  ada  di Magetan  sepanjang  sejarah.  Sebenarnya  ide  ini  digagas  senior  saya  Pak  Edy  Siswanto,  seorang KS SMP1 Karangrejo, yang  saat  itu  menjadi ketua MKKS.

Kembali pada webinar,  jika anda  seorang  pecinta  ilmu  pengetahuan, dalam  masa  pandemi  seperti  ini, jadilah panitia webinar,  jika  tidak, jadilah Narasumber,  jika  tidak, jadilah moderator,  jika  tidak,  jadilah  peserta webinar,  jika tidak, jadilah orang yang  memberi kemudahan,  jika  tidak  jadilah  orang  yang  bermanfaat untuk orang lain. Karena  Nabi  Muhammad  berkata  khoirunnas  anfa uhum  linnas,  sebaik baik  manusia  adalah  yang  bermanfaat  bagi  orang lain.

Magetan,  6 Agustus  2020.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar