Rabu, 19 Agustus 2020

Langkah langkah menulis buku


Tulisan ini merupakan  resume mengikuti  kuliah online oleh penulis  buku  man jadda wajada,  dan Uktub (tulislah), Akbar Zainuddin, yang diselenggarakan oleh OmJay dan PGRI. 

Akbar  menyampaikan,  bahwa untuk  menulis  buku  itu  ada langkah langkah  sebagai  berikut  yang disingkat  TOJTRP

1. Tema
Setiap  buku  mengandung tema besar,  baik buku fiksi  maupun buku non fiksi. Buku fiksi adalah buku tentang novel, roman, cerita. Buku non fiksi  adalah buku tentang motivasi,  parenting,   dll
Tema adalah gambaran  yang akan kita tulis,  kalau bukunya  Akhmad Fuadi, misalnya temanya  adalah impian pendidikan  pesantren, kalau buku Laskar Pelangi,  temanya adalah pendidikan dikampung secara umum, kalau buku  Ayat ayat  cinta temanya tentang  romantisme religius. 
Tema akan menjadi  benang merah  keseluruhan  tulisan  kita. 

2. Outline 
Ini  yang  akan membuat  buku  kita selesai. Daftar isi yang akan membuat buku kita selesai. Daftar isi menjadi gambaran besar  tentang buku  kita. Daftar isi akan membuat tulisan kita  selalu berada pada rel yang kita  tentukan. 

3. Jadwal.
Inilah rahasianya  kenapa buku itu  selesai atau  tidak . Jadwal ini berisi perencanaan berapa lama buku  itu  ditulis.  Misalnya  buku anda ada 30 bab , setiap  bab  akan anda selesaikan  satu  minggu.  Berarti  buku  anda akan  selesai  dalam  30 minggu  atau  sekitar  6 bulan.

4. Tuliskan 
Ini  yang berlaku  adalah  disiplin.  Kita menepati  janji yang kita rencanakan atau  tidak. Disiplin kita  akan menentukan buku  kita selesai  atau  tidak . Agar buku  kita selesai,  semua  upayakan dengan penuh, kerja keras, dengan semangat,  turuti  jadwal  itu.

5. Revisi
Setidaknya  ada  4 hal  revisi  yang kita  lakukan;
a. Data dan Informasi 
b. Tata bahasa
c. Gaya tulisan,  antara judul  yang satu  dengan judul yang lainya harus diselaraskan.
d. Judul ;buatlah judul itu  menarik,  sederhana,  dan membuat  pembaca itu  ingin  tahu.

6. Penerbit 
Kalau buku  sudah selesai  serahkan pada penerbit.  Hubungi penerbit  lewat  wa, tanyakan  syarat syaratnya  apa untuk  bisa  diterbitkan. Untuk  itu  harus tahu nomor  telepon  atau  wa penerbit. 

Demikian, semoga  resume  ini bermanfaat  untuk  kita  semua,  jangan lupa tetap semangat dan selalu  berpikir positif, melakukan yang terbaik. Sebab itulah yang membuat kehidupan  anda  akan menjadi  lebih  baik  di masa  depan.

Magetan,  20 Agustus  2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar