Senin, 17 Agustus 2020

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75

Pada hari ini,  Senin Kliwon tgl 17 Agustus 2020  kita  semua  memperingati  HUT  kemerdekaan RI ke 75.

Tanggal 17 dalam bahasa Jawa  "pitulas",  dari  paduan kata  "pitulungan lan welas", semoga Allah memberikan  pertolongan dan kasih  sayang (welas) "rahiim"Nya pada kita  semua  bangsa  Indonesia. 

Pada tahun lalu  saya mendapatkan  tugas  sebagai  pembaca  teks  Proklamasi,  pada Upacara  HUT RI ke 74, di Lapangan Kecamatan  Takeran. Sebuah  tugas  yang  membanggakan, karena bisa ikut  berpartisipasi  dalam  pelaksanaan  upacara bendera.  Alhamdulillah  tugas  itu  bisa  saya  laksanakan  dengan baik.

Pada  tahun ini  saya  sebagai  undangan. Pelaksanaan  Upacara tahun ini berbeda  dengan tahun lalu. Dilaksanakan  secara  sederhana  di halaman  Kecamatan Takeran.  Bertindak  sebagai  inspeksi Upacara  Bapak  Camat. Hadir  peserta  Upacara  sekitar  50 orang.

SMP 1 Takeran  berperan  sebagai  regu koor. Tampil  dengan mempesona,  dengan costum semuanya serba baru.  Biru  putih yang  dirancang apik mempesona  ditambah  muridnya  cantik cantik  membuat  serasinya penampilan  kami. 

Kegiatan  ini  dipersiapkan  guru guru kami   ada bu Endah,  bu Madu,  bu Endang, bu  Farida  Nunziah dan Pak Erik  Setiawan sebagai pengarah  musik. Dan Juga  bu  Retno  sebagai  perancang  busana.

Selesai  acara  itu  dilanjutkan mengikuti  upacara  virtual  mengikuti  upacara detik-detik proklamasi. Di Jakarta pun  upacara dilaksanakan  sederhana, Bapak  Presiden mengenakan pakaian adat  Timor Tengah Selatan , Propinsi Nusa Tenggara  Timur (NTT). Betul betul  meresapi  dan menghayati  kebinakaan di tanah  air tercinta  Nusantara. Bapak Presiden juga mengenakan ester ( ikat kepala) berbentuk dua tanduk  kecil,  memiliki  arti  Raja yang melindungi. 
gambar  ilustrasi: Kompas.com 

Bertindak sebagai komandan upacara  adalah Kolonel Infantri Muhammad  Imam Gogor,  AA. lulusan AKMIL  yang dengan gagah, tegap berwibawa  melaksanakan tugas. 

Semoga  seluruh  bangsa  Indonesia  semakin mengedepankan  nilai nilai  persatuan  dan kesatuan,  menjunjung tinggi  kebhinekaan,  guyub rukun  nyambut  gawe  gotong  royong  sak  kancane. 

Semoga  tujuan kita  bersama  segera  terwujud,  masyarakat  adil  makmur  berdasarkan Pancasila  dan UUD 45.  Adil dalam kemakmuran,  makmur  dalam keadilan. Hasil pembangunan semakin  merata  bisa dinikmati  seluruh  warga  negara Indonesia hinggo  pelosok  tanah air  tercinta.

Demikian,  sekali merdeka  tetap  merdeka,  selamanya.  MEREKA, MERDEKA,  MERDEKA. 

Takeran  17 Agustus  2020




20 komentar:

  1. Sedih sekaligus seru Pak Agustusan tahun ini tetapi semoga tidak melemahkan semangat kita

    BalasHapus
  2. Eemm lihat foto jd terharu biru, agudtusan thn ini sungguh berbeda,,
    Keren pa tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bu Titin, sederhana saja tulisan saya

      Hapus
  3. Eemm lihat foto jd terharu biru, agudtusan thn ini sungguh berbeda,,
    Keren pa tulisannya

    BalasHapus
  4. Meskipun pelaksanaan upacara bendera HUT kemerdekaan RI ke 75 kali ini dilaksanakan secara sederhana tetapi jiwa kami tetap semangat. Dirgahayu HUT RI ke 75

    BalasHapus
  5. Semoga pandemi segera berlalu dan kesejahteraan masyarakat dapat tercipta. Amin.

    BalasHapus
  6. Bersyukur bisa ikut upacara pak. Saya ikut dari tv. Tulisan bapak bagus..mengalir

    BalasHapus
  7. Upacara yang berbeda dari tahun2 sebelumnya semoga tidak mengurangi semangat untuk terus melanjutkan perjuangan demi indonesia merdeka seutuhnya. Merrdekaa✊✊

    BalasHapus
  8. situasi memabg berbeda semua sudah kehendakNya tapi semangat 45 tetap tak berubah untuk tetap Merdeka mempertahankan NKRI .MERDEKA

    BalasHapus