Sabtu, 08 Agustus 2020

Ramuan Jamu Jawa "Jaseku"

gambar  ilustrasi: dokumen  pribadi

Jamu Jawa dikenal sejak jaman  nenek moyang  kita, dengan  ramuan  tertentu  dipercaya  bisa  menyembuhkan penyakit.

Beberapa  bulan yang lalu dapat  kiriman video bahwa  Bapak  Presiden Joko  Wi, setiap  hari mengkonsumsi  Jamu  Jawa. Beliau tampak sehat  dan energik. 

Sebelum  ada  pandemi  virus  corona,  SMPN 1 Takeran  membuat produk  ikon adiwiyata  dengan  jamu  tradisional  ini, diberi  nama Jaseku, bahanya  jahe, sere, kunir  temu lawak dan gula. 

Saya  sudah  meneliti,  sampelnya  keluarga  saya  sendiri.  Kalau  akan  flu, minum  jaseku  ini  jadi  sembuh. 

Setelah  musim pandemi  corona,  minuman  jahe  kunir  dan temulawak  ini  dipercaya  bisa  menyembuhkan  corona,  akhirnya  harga  jahe  meningkat  drastis  menjadi  85.000 per  kilo gram.

Coba  kita  kaji  kandungan bahan Jaseku seperti berikut:
Jahe

Jahe sudah digunakan sebagai  bahan obat tradisional karena mengandung berbagai  manfaat. 

Riset membuktikan bahwa manfaat jahe merah untuk kesehatan adalah peluruh kentut (karminatif), antimuntah, pereda kejang, antipengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, antiperadangan, antimikroba dan parasit, antipiretik, antirematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung dan getah empedu. (1)

Kunir 

Kunir mengandung Antioksidan. Senyawa antioksidan mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, dan membantu produksi kolagen. Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, melindungi tubuh dan kulit.

Meningkatkan Kinerja Otak

Di dalam otak, terdapat banyak sekali saraf dengan fungsinya masing-masing. Untuk memaksimalkan fungsi saraf otak, tubuh butuh BDNF (Brain-derived Neurotrophic Factor), hormon yang tumbuh di otak.

Kunyit sangat baik untuk meningkatkan produksi hormon yang satu ini. Sehingga mampu meningkatkan kinerja otak dengan baik (2)

Temu lawak

Temu lawak  bentuknya seperti kunir  hanya saja  lebih besar,  daunya  lebih lebar dan lebih tinggi, buahnyapun juga berwarna kuning, kalau  tidak terlatih hampir kebanyakan orang tidak bisa membedakan . Apakah manfaat  temu lawak bagi kesehatan? 

Berdasarkan hasil penelitian B2P2TOOT Tawangmangu, Karanganyar, Jateng, temulawak tidak hanya hanya memiliki efek yang baik untuk meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh akan  tetapi juga mengandung unsur senyawa kimia  sebagai berikut:

  • Fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap
  • Minyak atsiri
  • Kamfer
  • Glikosida
  • Foluymetik karbinol
  • Kurkuminoid yang terdiri atas kurkumin dan desmetokskurkumin
  • Xanthorizol

Oleh karena kandungan kimia di atas, temulawak pun kemudian dianggap memiliki manfaat selain imunitas, yakni sebagai berikut:

  1. Menetralkan racun
  2. Menghilangkan nyeri
  3. Antibakteri
  4. Mencegah pelemakan dalam sel-sel hati
  5. Antioksidan
  6. Menurunkan kolestereol
  7. Menurunkan triglisedia atau lemak yang banyak ditemukan di dalam darah
  8. Meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui (3)
Sereh
Sereh bentuknya seperti alang  alang, memberikan  aroma cita rasa  yang wangi, selain itu, sereh juga dipercaya dapat mencegah keputihan, meredakan rasa sakit, bengkak, demam, batuk, sakit perut, dan sakit kepala. Meski demikian, manfaat sereh untuk kesehatan masih perlu untuk terus diteliti lebih lanjut. (4).

Madu
Sejak  jaman prasejarah  madu  dipercaya  menyembuhkan  berbagai macam penyakit.  Madu  merupakan  hasil  dari  lebah  yang  menurut  Islam  terjadi  dari  ulat/larva/ set  yang  menggerogoti  tubuh  nabi  Ayub, ketika  mendapat ujian  kesabaran  dari  Allah.  Dari  beribu ulat/ larva itu  akhirnya  tinggal  2 . Yang satu  jatuh  di air yang  suatu  saat jadi lintah yang  menghisap darah  sehingga orang yang digigit bisa kekurangan  darah.  Kemudian yang satu lagi jatuh  di  darat, yang kelak menjadi lebah yang  menghasilkan madu  yang mengandung obat bisa menyembuhkan berbagi macam penyakit.

Semua  bahan diatas (kecuali madu) direbus  dalam  panci  kecil  hingga  mendidih,  kemudian  disaring dituangkan  ke dalam  gelas.  Jangan lupa  kasih  gula  satu sendok. Kemudian  kasih  madu  satu  sendok , lantas  diseduh  dengan sendok.

Jamu  Jawa  siap  diminum sambil  membaca  buku  dipagi  hari. Rasanya  nikmat,  lebih  lezat  dari kopi,  lebih  menyehatkan  dari pada  teh. 

Semoga kita semua diberi sehat oleh  Allah,  seperti  doa Ibu saya, "Pinaringan  seger waras kuat  slamet ".
Selamat  mencoba....

Sukomoro,  9 Agustus  2020


Sumber bacaan :

Kompas.com , 9 Agustus  2020: 08.26

M.dream.co.id : 9 Agustus 2020.08.30

Healt.kompas.com : 9 Agustus  2020;08.40

Alodokter.com ; 9 Agustus 2020; 08.47

Helmdahl.blogspot.com; 9 Agustus  2020; 09.14.




4 komentar: