Jumat, 21 Agustus 2020

10 Muharram, hari yang dimulyakan

10 Muharram  disebut  juga Asyura, bulan  ini  termasuk  bulan  yang  dimulyakan oleh Allah.  Oleh umat  Islam Jawa,  Pada bulan ini  diadakan selamatan. Karena memperingati kejadian  kejadian besar  sepanjang sejarah  umat  manusia  di  10 Muharram ini. Antara lain adalah  sebagai  berikut:

1. Nabi Adam a.s bertaubat kepada Allah SWT atas pelanggarannya di dalam syurga yang mengakibatkannya diturunkan ke bumi.

2. Nabi Idris a.s diangkat oleh Allah SWT ke langit hingga  masuk  surga.

3. Nabi Nuh a.s diselamatkan Allah SWT dari banjir besar yang belangsung selama 6 bulan, hingga keluar dari perahunya dengan selamat. Dalam  surat  Hud  ayat  44, Allah berfirman 

وَقِيلَ يَٰٓأَرْضُ ٱبْلَعِى مَآءَكِ وَيَٰسَمَآءُ أَقْلِعِى وَغِيضَ ٱلْمَآءُ وَقُضِىَ ٱلْأَمْرُ وَٱسْتَوَتْ عَلَى ٱلْجُودِىِّ ۖ وَقِيلَ بُعْدًا لِّلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ 

 Terjemah Arti: Dan difirmankan "Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah," dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: "Binasalah orang-orang yang zalim".

           gambar ilustrasi: Kompas.com 

4. Nabi Ibrahim a.s diselamatkan Allah SWT dari Raja Namrud yang akan membakarnya, dengan mendinginkan api yang membakar nabi Ibrahim.

5. Nabi Musa a.s menerima kitab Taurat dari Allah SWT.

6. Nabi Musa a.s diselamatkan dari kejaran Firaun  dan tentaranya  dengan tongkatnya dipukulkan ke laut  merah,  akhirnya terbelah menjadi  2 yang bisa  digunakan sebagai  jalan untuk  menyelamatkan diri. 

               gambar ilustrasi: viva.co.id 

7. Nabi Ayub a.s. disembuhkan kembali oleh Allah SWT dari ujian penyakit kulit yang di deritanya.

8. Nabi Yunus diselamatkan Allah SWT keluar dari perut ikan Nun, setelah tinggal di dalamnya selama 40 hari 40 malam. Nabi Yunus  berdoa, la illa ha illa anta subhanaka inni kuntum minadholimin. 

9. Nabi Yusuf a.s dibebaskan Allah SWT dari penjara, yang sisebabkan fitnah seorang wanita

10. Penglihatan Nabi Ya’qub a.s yang kabur dipulihkan Allah SWT.

11. Nabi Sulaiman a.s dikaruniakan kerajaan yang besar oleh Allah SWT.

12. Nabi Isa a.s diangkat ke langit oleh Allah SWT.

13. Nabi  Muhammad  diselamatkan  dari  berbagai  ujian. 

14. Diturunkannya hujan pertama kali  di  muka bumi.

15. Dan lain lain.

Karena kejadian kejadian  besar itu maka SH Terate  juga mengesyahkan warganya  dibulan  Muharam  ini,  diawali  dengan malam 1 Syura dengan tirakatan semalam suntuk  tidak  tidur  dan melakukan perjalanan malam dengan "topo  mbisu", artinya  tidak  berbicara  dengan siapa  saja, kemudian  diakhiri  dengan mencuci  sabuk mori, sebagai  perlambang  "sesuci" dari  hati  yang  kotor,  dari  penyakit penyakit  hati  yang ada pada dirinya dan  dari "sakabehing sukerta"

Tidak  SH Terate  saja, ternyata  banyak  perguruan yang  "ngalap berkah kasekten jaya kawijayan"  juga di  bulan Syura ini.

Di Magetan  pada  Malam 1 Syura  atau  siang hari  banyak  orang  yang naik  ke  gunung  lawu, di atas sana  ada Guwa Lawa, Ada sumur  Jalatunda, ada sendang derajat,  ada Hargodumilah dan lain  yang  dikeramatkan. Naik  ke gunung Lawu  dengan ngalap  keberkahan  sesuai  dengan niatnya masing masing. Wallohu a'lam.

Santunan Anak Yatim 10 Muharram

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW sangat menyayangi anak-anak yatim dan beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram).

Di mana pada tanggal tersebut, Beliau menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga keluarganya.

Di SMP 1 Takeran, pada tanggal 10 Muharram  nanti direncanakan diadakan acara santunan anak yatim, dan anak-anak  yang tidak mampu,  lebih-lebih  pada anak-anak  yang orang tuanya terdampak  pandemi  virus corona- 19.

Acara  ini  merupakan  partisipasi  dari  Bapak Ibu Guru  dan karyawan,  semoga  beliau  semua  diberi panjang umur,  dijauhkan  dari segala macam musibah dan penyakit,  diberikan rejeki  yang halal, yang banyak yang berkah. Aamiin. 

Amalan  puasa di bulan Muharam 

Hadis 1

Diriwayatkan  dari Abu Hurairah r.a. Ia berkata: Rasulullah SAW pernah bersabda,"Puasa yang paling utama sesudah Ramadhan adalah puasa di bulan Muharam,  dan shalat yang paling utama setelah sholat  fardhu adalah  shalat  di malam hari. ( shahih  Muslim 610)

Hadis 2

Diriwayatkan  dari  Ibnu Abbas r.a , bahwasanya  Rosulullah  SAW datang ke Madinah  , lalu beliau  dapati orang-orang  Yahudi  berpuasa  pada hari Asyura  , kemudian Rasulullah Saw  bertanya kepada  mereka, Hari  apa yang kalian lakukan puasa  ini ? Mereka menjawab, "Ini hari yang agung. Pada hari ini Allah  menyelamatkan  Musa  dan kaumnya  , dan Allah  menenggelamkan Firaun  beserta kaumnya,  lalu Musa berpuasa  pada hari ini  ." Kemudian Rasulullah Saw  bersabda  "Kamilah yang lebih berhak dan lebih  utama daripada  kalian terhadap Musa, " Maka Rasulullah Saw   berpuasa  pada hari  itu  dan memerintahkan  orang-orang  agar  berpuasa  pula. (Shahih Muslim 613).

Orang yahudi juga berpuasa  pada hari itu,  agar  berbeda dengan mereka  maka Rosulullah  memerintahkan  umat Islam untuk  berpuasa  pada tanggal  9 dan 10 Muharram. 

Pada tahun 1442 H ini puasa 9 Muharam ( tasu'a ) jatuh pada hari Jumat  28 Agustus  2020 dan Asyura  jatuh  pada hari Sabtu,  tanggal  29 Agustus  2020.

Terkait ganjaran yang didapatkan jika mengerjakan puasa Asyura, Rasulullah saw. bersabda, "Puasa [pada] hari Asyura, saya berharap Allah mengampuni dosa setahun lampau" (H.R. Muslim).

Semoga  Allah memberikan  kemudahan kepada kita semua untuk bisa  berpuasa  di  dua  hari tersebut , seperti kejadian kejadian  tersebut  diatas  Allah  memberikan pertolongan  pada 10 Muharam ,  semoga  di 10 Muharam  1442 H ini,  Allah  memberikan  pertolongan  kepada  seluruh  umat manusia dengan  menyelesaikan  pandemi  covid-19  dan musibah  musibah  yang  lain,  sehingga  tahun  2021  bagi  yang  mendapatkan  giliran haji,  bisa  melaksanakan  dengan  nyaman.

Anak anak  bisa segera masuk sekolah, para santri  bisa  segera ke pondoknya,  aktivitas ekonomi  segera  bangkit  dan kemakmuran  segera  terwujud,  "ayem tentrem gemah  ripah lohjinawi tata tentrem kerta raharjo murah  sandang pangan baldatun  thoyibatun warobbun ghofur."

Magetan, 21 Agustus  2020.

*) Penulis Warga SH Terate  pengesahan  tahun 83

Sumber bacaan:

Portal Jember.pikiran rakyat.com; 21/8/2020; 17.20

Imam Al Mundziri, Ringkasan hadis shahih muslim, Pustaka amani, Jakarta.

Referensi: https://tafsirweb.com/3536-quran-surat-hud-ayat-44.html: 21/8/2020; 20.15


8 komentar:

  1. Menginspirasi pasokan ilmu gratis yang luar biasa. Dari banyak peristiwa yg luat biasa maka benar adanya jika di bulan Asyura dianjurkan Puasa sunah. Terimakasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali mas Pri yang baik hati sepanjang hari

      Hapus
  2. Semoga d dua hari tgl 9 dan 10 as syuro kt bs mlksanakan puasa sunah yg luar boasa manfaatnya.aamiin.

    BalasHapus
  3. Semoga d dua hari tgl 9 dan 10 as syuro kt bs mlksanakan puasa sunah yg luar boasa manfaatnya.aamiin.

    BalasHapus
  4. Sama sama bu Bunga Jenny Hendrianty

    BalasHapus