Rabu, 14 Juli 2021

Cahaya Maha Cahaya

sumber ilustrasi; dokumen  pribadi

Pada hari selasa sambil memantau kegiatan MPLS saya duduk di ruang BK yang bersebelahan  dengan ruang Lab Komputer.  Di ruang Lab inilah kegiatan  zoom meeting  sebagai moda pembelajaran  dilaksanakan. 

Di setiap  ruang  ada rak buku  yang diberi  nama sudut  literasi. Ternyata diantara  buku di dekat  saya duduk ini ada buku tulisan EMHA Ainun  Najib  yang dikenal dengan Cak Nun ini. Judul bukunya Cahaya Maha Cahaya. 

Saya lihat tahun terbit pertamanya 1991,  sedang buku  ini terbitan  ke 5 tahun 1993. Tidak tahu  di tahun  2021 ini sudah cetakan yang keberapa. Sebuah hasil karya yang Luar  biasa. 

Cak Nun termasuk  tokoh idola saya diwaktu muda.  Saya mengikuti ceramahnya  yang pertama  kali  di Masjid  Al Falah Surabaya  tahun  1987. Di tahun  itu  Cak Nun sudah berkeliling   Indoneia  mengisi  ceramah  ceramah,  baik di bidang sastra maupun  Agama. 

Cak Nun adalah alumni  Gontor,  sehingga  penguasaan  agamanya luar  biasa. Termasuk  kumpulan  sajak Cahaya  Maha Cahaya ini juga di warnai  pesan pesan agama.

Saya kutip  salah satu sajak  yang ada di buku  ini;

Abadi Kerinduan 

Abadi  Kerinduan
Kepada yang selalu bukan
Nurani sendiri  tak berpegang 
Tuhan  ngumpet di kebisuan.

Badan akan habis 
Kucacah cacah sendiri 
Namun  suara itu  terus  nangis 
Sampai  lewat batas hari 

Sampai segala yang ada
Dikirim waktu  tanpa sisa 
Kekasih tak jua ketemu
Padahal jelas sudah  menyatu. 

Sajak  ini mengungkapkan  kerinduan seorang hamba pada Tuhannya , Dia terus  mencari dan mendekat  pada Tuhan,  tapi  tak ketemu,  setiap hari sholat  menyembah Tuhan,  tapi tak bisa khusuk  , begitu terus  sampai  umurnya  lebih dari 50 tahun  tapi tetap  saja tak bisa dekat  dengan Tuhan  , pada hal Tuhan  itu  dekat  bahkan menyatu  dengan dirinya.  

Di bagian lain ada sajak yang berjudul  "Kau Pandang Aku" 

Kau pandang aku batu 
Kau gempur dengan peluru 
Padahal aku angin 

Kau pandang aku badai 
kau tahankan baja dan mantra
Padahal aku aku gunung membisu 

Kau pandang aku raja
Kau tinggikan singgasana 
Padahal aku pemabuk 
....
Kau pandang aku boneka
Kau sandangkan sutera
Padahal aku jiwa 

Kau pandang aku ruh perutusan 
Kau ikut  masuk hutan 
Padahal  aku gila.  

Jadi seringkali  kita itu salah  menilai  orang  lain,  sehingga  salah juga dalam bersikap.  Bahkan kadang bisa tersesat sesesat- sesatnya  seperti  ditengah hutan belantara. Sehingga tidak tahu jalan pulang. 

Wallohu a'lam. 

Magetan,  15 Juli 2021


1 komentar: