Kamis, 22 Juli 2021

Doa yang baik yang menyelamatkan

Sumber  ilustrasi: grup  WA Snesti 

Tulisan ini mungkin menjadikan pembaca agak takut, tapi jangan khawatir,  sebenarnya saya hanya berbagi saja pada pembaca, atau jadi pengikat  ilmu bagi saya agar tidak lupa.

Akhir akhir  ini hampir  setiap hari mendengar  berita kematian,  ada orang yang dua  minggu yang lalu sehat wal afiat, ternyata  hari ini diberitakan  meninggal dunia.

Dua bulan yang lalu saya menghadiri  selamatan 7 harinya saudara  saya di desa sebelah. Saat itu hadir juga seorang tokoh. Saya tidak kenal secara pribadi, tapi saya tahu banyak tentang beliau. Karirnya  baik, hartanya  banyak,  keluarganya  sukses dan terpandang. Ternyata beberapa  hari yang lalu dinyatakan meninggal.  Innalillahi  wa  inna ilaihi  rojiun.  

Intinya  setiap  kita harus mempersiapkan  bekal di kampung akhirat,  salah satu bekal itu adalah doa. 

Ada doa yang membuat  setan sedih sehingga kalau doa ini dikabulkan oleh Allah maka usahanya selama ini sia-sia belaka. 

Doanya  seperti  ini, 

"Ya Allah matikanlah aku dalam Iman dan Islam, ya Allah matikanlah aku dalam husnul khotimah."  Ini disampaikan oleh Kyai Uzairon dalam pengajiannya. 

Selepas salat lima waktu, kita dapat memanjatkan doa ini agar diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah. Doanya adalah sebagai berikut.

اَللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ

Allahummakhtim lanaa bil Islaami wakhtim lanaa bil Iimaani wakhtim lanaa bi husnil Khootimati

Artinya: “Ya Allah, akhirilah hidup kami dengan Islam, akhirilah hidup kami dengan membawa iman dan akhirilah hidup kami dengan husnul khotimah.”

Jadi ingat anggota  TU saya  namanya  "Tim Slamet".  Saya berpikir  apa ya arti nama  Tim di depan  Slamet ini. Ternyata  artina "akhir."  Tim Slamet  berati  akhir  yang selamat.  Wah mulia juga ya. "Asma kinaryo japa", semoga mas Tim suatu  saat juga berakhir  dengan selamat,  baik di dunia maupun akhirat.  

Amalan lain yang bisa  kita lakukan agar meninggal dalam keadaan husnul khotimah adalah dengan rajin membaca sholawat dan membaca Al Quran. Kebiasaan baik yang kita lakukan selama hidup di dunia insya Allah akan membuat kita meninggal dunia dalam keadaan yang baik pula. Maka dari itu, jangan pernah melupakan ibadah wajib, ditambah dengan bersholawat dan membaca Al Quran.

Semoga Allah memberikan hidayah  kepada kita untuk  bisa mengamalkan  itu semua  sehingga  kita selamat dunia akhirat. 

Don’t forget to always follow the health protocol by wearing a mask, keeping your distance, and washing your hand wherever you are.

Sumber bacaan

https://www-popbela-com.cdn.ampproject.org;23 Juli 2021; 08.27








3 komentar: