Rabu, 23 Juni 2021

Dikenal bukan terkenal

Saya tadi jam 12 ke Kantor  Pos, mengirimkan  pesanan buku "Perjuangan  hidupku" yang dipesan bu Soleh  Setiyowati  dari Banyu  Mas. Akhir  akhir ini buku saya banyak yang membeli, ada daru Bekasi, dari NTT dan dari Pasuruan. 

Penulis itu senang rasanya apabila bukunya dibaca orang, lebih-lebih dibeli orang.  

Belum  selesai  di Kantor  Pos saya di bel Mbak Wiwik,  kakak kelasku ketika SMP1 Maospati  dulu,   yang sekarang  tinggal  di Ngawi. 

"Pak, saya  mbak Wiwik,  kakaknya mbak Rini,  tolong  bantu  carikan jeruk  ya." Suara mbak Wiwik di telepon. 

"Ya mbak, penjenengan  posisi  di mana?" Jawabku  sambil  menulis alamat  bu Soleh Setiyowati  di amplop  warna coklat  itu.  Sampai  saya salah menuliskan namanya.

"Saya di Sugihwaras  dekat  penjual bedug itu."  Jawab mbak Wiwik.
" Ya tunggu 15 menit saya ke situ. "

Selepas  saya selesai  urusan di kantor  Pos  saya  menemui  mbak Wiwik,  kemudian  saya tunjukkan  ke perkebunan jeruknya mas Pur langganan saya.  Ternyata  habis.  Kemudian saya ajak  ke rumah  Pak Edy, yang kebetulan  Ibunya  jualan jeruk,  berbagai  jenis pamelo. 

Ada Adas Nambangan,  ada Bali merah,  ada Sri Nyonya  dan ada Adas duku.  Saya sudah  hafal berbagai  karakter  dan rasa jeruk  itu.  Yang paling enak adalah Adas duku. 

Jeruknya memes,  airnya banyak,  rasanya perpaduan  antara manis  dan kecut.  Tapi kecutnya  hanya 5%. Jadi banyak  manisnya.

"Harganya  berapa  bu?"  Tanyaku  pada Ibunya Pak Edy.  
"14.000 pak. Itu aslinya malah 15.000, karena saya kenal dengan pak Parno ya 14.000 saja."

"Ini saya mengatarkan mbak Wiwik  dari Ngawi.  Ini adiknya pak Bupati  bu."

"Kalau  adiknya  pak Bupati  malah 15.000."
"Waduh kok bisa begitu ?"
"Kan Pak Bupati  uangnya  banyak "
Kami jadi ketawa. "Pinter eram bakule." Kata mbak Wiwik sambil  tertawa.

Taklama kemudian  kami didekati  MS ,  sambil  bernyanyi  entah lagu apa  yang dinyanyikan,  kayak nya lagu-lagu putus cinta.  MS adalah anak dengan gangguan  jiwa, tapi bahasanya jawanya   halus, bisa basa krama. Tak heran karena Bapaknya berpendidikan baik. 

Dia  bercerita  ketika  SD dulu juara  1 dan masuk SMP  vavorit kebanggaannya. Lulus SMP  masuklah SMA sampai kuliah,  tetapi tidak  lulus  entah karena  apa. 

Herannya  Ms ternyata  mengenaliku,  penjenengan niku Pak Parno  guru  to?
Saya setengah terkejut  karena  anak ini kok tahu namaku ternyata.

Saya bilang pada mbak Wiwik sambil bercanda , "Jangankan  orang  waras , ODGJ saja kenal dengan saya mbak." Mbak Wiwik  ketawa terbahak bahak. 

Proses  memilih jeruk  selesai, mbak Wiwik merogoh kocek membayari  jeruknya. Bakulnya senang,  mbak Wiwik  senang  dapat jeruk  super. Super  besarnya  dan super  rasanya. 

Di akhir  tulisan ini  saya berdoa semoga mas MS diberi kesembuhan. Sembuh selamanya karena Allah. 

Magetan,  24 Juni 2021





1 komentar: