Kamis, 17 Juni 2021

Asma kinarya japa

Gus Ron menyampaikan  "Allah merasa malu memasukkan  orang yang namanya  ada Muhammad  ke dalam neraka".

Nama  kecil saya Suparno,  ketika jadi manten  dulu ditambahi  "tetenger asma sepuh"  Muhammad.  Maka jadinya Suparno  Muhammad.  Saya mengucapkan terima kasih  kepada Pakde  Samingun,  yang menginisiasi  tambahan  itu. Semoga Pakde saya diampuni  dosanya,  diterima  amalnya  dan dimasukkan  ke surga-Nya.

"Jenengmu ditambahi Imam popiye  No," bisik pakde Samingun  ketika  saya sedang duduk  di pelaminan.
" Ditambahì Muhammad  mawon Pak Puh," jawab  saya singkat.

Kemudian Pakde  mendekati  MC untuk  mengumumkan  nama itu.

Tapi sampai  sekarang  hanya satu  orang  yang memanggil  dengan nama itu,  Mas Rahmad. Teman saya guru di SMP2  Kawedanan yang sudah  haji bersama istri tercintanya pada tahun 2019.

Para manten  milinial sekarang  ini sudah tidak ada yang menggunakan  nama tua atau "asma sepuh" ketika diwisuda menjadi "raja sedina  ratu sedalu". 

Bapak saya namanya  Samirun, ketika jadi manten ditambahi  Marto Samirun,  orang memanggilnya pak Marto, atau Pak To. 

Karena  saya sebagai  ASN, tidak boleh  ganti ganti nama,  maka orang  tetap memanggil  saya dengan nama kecil saya, Suparno.

Tapi karena saya gunakan  sebagai   nama akun FB  dan nama blog saya , maka banyak orang mengenal saya sebagai Suparno  Muhammad.

Saya senang memakai  nama itu  sebagai wujud  rasa cinta saya kepada  Nabi kita Muhammad  SAW sebagai  pemimpin  para ambiyak. Semoga  menjadi japa saya ( asma kinarya japa) sehingga  Allah  berbelas kasihan  kepada  saya sehingga  kelak  memasukkan  ke Surga-Nya.

Sebagai  wujud  rasa cinta itu  maka banyak  membaca sholawat  dan mengamalkan  tuntunannya atau sunahnya.

Rasulullah Saw bersabda, ''Banyak-banyaklah kalian bershalawat untukku pada hari Jumat dan malam harinya. Barangsiapa yang mengerjakan hal tersebut, aku akan menjadi saksi dan pemberi syafaat baginya di hari kiamat". (HR. Baihaqi)

Nabi Muhammad  diceritakan  sebagai  orang yang sangat  sempurna, postur  tubuhnya serasi,  ganteng,  berkulit putih,  bahkan  saking sempurnanya  permukaan kakinya tidak ada yang pecah-pecah. Kalau kaki kita  biasanya  pecah-pecah. 

Orang  itu  kadang  sudah tinggi  besar, kulitnya putih,  tapi hidungnya pesek. Jadi  tidak ada yang sempurna. Sedangkan  nabi  kita itu  sangat  sempurna. Oleh karena  itu  tidak salah  kalau kita semua  mencintai  beliau,  karena  siapa  yang mencintai  beliau  besuk  akan masuk  surga bersama beliau. 

Untuk  itu  mari  kita semua  mencintai  beliau  agar nanti  menjadi alasan  kita untuk  masuk surga.  Mencintai  dengan mengamalkan segala tuntunannya.


Magetan,  17 Juni 2021












 

5 komentar:

  1. Allohumma solli 'alaa Muhammad wa Alaa aalii muhammad

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, matur nuwun mbak Parti

    BalasHapus
  3. ```Betul sekali panutan kita Nabi Muhammad SAW,
    Semoga kita kelak di Akhirat mendptkan syafaatnya``` serta sering-2 lah kita membaca Sholawat.

    Thanks you sahabat tetap sehat semangat dan good luck.
    Salam utk kelg```

    BalasHapus
  4. Yen eling biyen wong tuwa iku gawe jeneng kanggo anak anake pancen ngemu Surasa sing apik.
    Pak cilikku,sing asmane pak Samirun,iku aku lagi ngerti tenan Malika aku wes sekolah lulus saka SMP.
    Malika iku wong wong Kiwa tengen menawa ngaturi jenenge pak Lik Samirun iku ya Pak To,mangkono.
    Nganti tumekane sepuh paklik Samirun,aku Yen ngaturi asmane ya Pak To.Wis kadhung kasebut jenenge Wiwit cilikanku,nganti aku ndungkap umurku wes tuwa,wes setengah abad luwih.
    Ora okeh ngendika e,mung Yansah sregep nyambut gawe,kanggo nyukupi kluarga anak anake bisa Urip Mulya.
    Mangkono pagaweane Pak To,nganti ing tutup yuswa.
    Muga Gusti Alloh Paring papan ing Suarga,Karana amal apike Malika ana alam Donya.

    Ngaten pak No,sethitik ngeling eling Malika kahanan jaman semana.

    BalasHapus