Selasa, 22 Juni 2021

1000 Bintang Kehidupan

Bintang itu  memang penghias langit terutama dikala  malam, sehingga  sesuatu  yang tidak indah  sering  kali digambarkan dengan .... bagakan malam  tak berbintang. 
Misalnya sepasang kekasih  yang tidak bersama bagaikan malam tak berbintang.  Seperti lagunya Yuni Shara ;

"Bagaikan malam tak berbintang
Tanpamu di sisi selalu
Bagaikan bunga tak tersiram
Ku 'kan layu lunglai tak berseri"

Hampir  setiap  hari perjalananku  ke masjid  selalu mendongak ke atas untuk  memandang bintang bintang.  

Jadi bintang  itu  sesuatu  yang penting  bagi hidup  saya. Dalam buku saya ini saya melukiskan  hikmah  hikmah  kehidupan, dengan bintang bintang.  

Saya tidak sekedar  menulis,  tapi saya ingin tulisan  saya ada hikmah  yang bisa diangkat  untuk  direnungkan  dan diptaktekkan  dalam kehidupan. Supaya  pembaca tidak rugi, supaya saya sendiri  tidak rugi. 

Jadi menurut  saya sesuatu  yang ditulis adalah,  sesuatu yang penting, sesuatu yang lain dari pada yang lain, sesuatu  yang bermanfaat,  sesuatu  yang memotivasi,  sesuatu  yang menginspirasi bagi pembaca.
Seperti  dalam menuliskan  sejarah , Peristiwa sejarah haruslah memiliki arti dan makna yang bermanfaat untuk dikenang. 
Jadi sekali lagi tulisan itu harua memiliki  arti dan makna. Tulisan  itu  harus bermanfaat  untuk  dikenang.

Istilahnya  tulisan yang baik itu "mentes." Artinya  ada isi yang bisa diambil,  ada hikmah  yang bisa  dipetik dan ada inspirasi  yang menggerakkan.

Dalam Alqur'an  kita disuruh  merenung,  tentang  penciptaan  Allah,  tentang  kehidupan, dan kemana  setelah  kehidupan  ini berakhir.  

Maka ujungnya adalah  hikmah  bijaksanana  yang membimbing  kepada keselamatan  dalam menapaki  kehidupan  dan setelah hidup  itu sendiri.  

Kita ini aslinya penduduk  langit  yang singgah  sebentar  di bumi  ini,  kita belajar,  kita bekerja  agar cukup  bekal  untuk  dibawa ke langit  saat Tuhan  memanggilnya.  

Magetan,  23 Juni 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar